Jumat, Februari 27, 2009

Ikan Aneh dari Ambon




Umumnya ikan memiliki mata di kedua sisi kepalanya. Namun, spesies baru dari perairan Ambon ini memiliki mata yang menghadap ke depan, sama seperti manusia. Ikan katak karnivora yang unik ini juga memiliki dagu dan pipi sehingga membuat rupanya bertambah aneh.


Penampilannya begitu aneh, tak salah bila dia diberi nama Histiophryne psychedelica. Kata psychedelic ini diambil dari pola dan warna tubuhnya yang cokelat kekuningan dengan garis-garis putih mirip zebra yang aneh.

Ikan ini menarik perhatian dunia ilmu pengetahuan setahun yang lalu. Pada saat itu, seorang penyelam berhasil mengambil foto ikan itu ketika menyelam pada kedalaman sembilan meter di perairan Pulau Ambon. Foto itu amat menghebohkan karena ikan perairan dangkal tersebut tak pernah menampakkan diri dalam 20 tahun.

Berdasarkan foto itu, Ted Pietsch, pakar ikan dari Burke Museum of Natural History and Culture di University of Washington, Amerika, menebak ikan tersebut berasal dari genus Histiophryne karena matanya yang menghadap ke depan dan kemungkinan memiliki penglihatan binokuler seperti primata. Pietsch juga menduga satwa itu masuk kelompok anglerfish, ikan yang memancing mangsanya dengan struktur unik yang menjulur di dahinya.

Tebakan itu ternyata terbukti kebenarannya. Kini dia telah mengkonfirmasi dan mendeskripsikan bahwa ikan aneh itu adalah spesies baru berdasarkan data morfologi dan genetika spesimen ikan yang diambil oleh mahasiswanya, Rachel Arnold. "Ini adalah contoh fantastis tentang apa yang dapat dihasilkan oleh seleksi alam," kata Pietsch. "Ikan ini sendiri merupakan organisme fantastis dan itu sudah cukup untuk membuatnya penting."

Deskripsi ikan tersebut dipublikasikan secara detail dalam jurnal Copeia terbaru. Tak cuma memiliki mata dan wajah yang aneh, ikan itu juga memiliki sederet keunikan lainnya. Kulitnya yang amat kenyal seperti agar-agar memiliki daging yang tebal dan lunak.

Seluruh permukaan tubuhnya juga ditutupi setrip putih yang menyebar dari matanya sampai ke badannya. Pigmentasi ini membantu ikan tersebut membaur di antara koral beracun yang beraneka warna di dasar laut Maluku.

"Ikan katak psychedelic ini kemungkinan bergabung ke dalam deretan panjang satwa palsu dan tak berbahaya yang mengubah bentuk tubuhnya menyerupai keindahan binatang beracun," kata Leo Smith, asisten kurator ikan di Field Museum di Chicago. "Pietsch dan koleganya menemukannya ketika mereka menduga binatang itu mirip dengan koral beracun yang ada di lingkungan tempat tinggal ikan itu."

Rachel Arnold, mahasiswa ilmu perikanan dan akuatik di University of Washington yang melakukan tes DNA terhadap ikan itu mengatakan setiap ikan memiliki setrip yang berlainan. "Garis-garis itu seperti sidik jari pola tubuhnya sehingga dari sudut mana pun Anda melihatnya, Anda bisa membedakan setiap individu," ujar Arnold yang menyelam di Pelabuhan Ambon tahun lalu.

Selain keahliannya menyaru, ikan ini juga mempunyai kemampuan seperti tokoh komik superhero Plastic Man. "Binatang ini kelihatannya memiliki kemampuan untuk melebarkan wajahnya dan menariknya kembali sehingga ketika dia hendak memasuki sebuah celah sempit, matanya akan menyamping, setelah itu dia melebarkan kembali matanya," kata Pietsch.

Pietsch mengatakan, ada kemungkinan ikan itu memanfaatkan kemampuan melebarkan dan mengempiskan mukanya untuk memperlihatkan ancaman. "Ketika dia memperlihatkan wajah ovalnya dengan setrip psychedelic, Anda pasti berpikir tampangnya akan membuat binatang lain takut."

Ikan perairan Ambon ini mungkin mempunyai struktur sensorik di sepanjang bagian tepi wajahnya. Sensor ini punya fungsi pelindung seperti kumis kucing yang memungkinkannya mendeteksi dinding bagian dalam gua kecil atau ruang sempit di antara koral.

Meski memiliki sirip lengkap seperti ikan lainnya, si pemalu ini lebih banyak melompat ketimbang berenang. Setiap kali menyentuh lantai laut, mereka menggunakan siripnya untuk mendorong ke bawah dan mereka menyemburkan air dari insang kecil di kedua sisi tubuhnya untuk mendorong mereka maju. Ekor yang melengkung ke salah satu sisi membatasi kemampuan mereka mengatur gerakan sehingga mereka terlihat mirip bola karet yang memantul ke sana-kemari.

Ikan ini cenderung hidup berpasangan. Mereka juga jago bersembunyi sehingga mereka hanya dapat ditemukan ketika para penyelam mencari dengan cermat di antara puing terumbu karang di lantai laut.

Begitu persembunyiannya terungkap, ikan pemalu ini segera menggeliat untuk kabur dari penglihatan dan memasuki celah atau lubang dengan meliuk dan membalikkan tubuhnya. Dalam upayanya melarikan diri, ikan itu juga memanfaatkan sirip pelvisnya untuk memanipulasi posisi tubuhnya, seperti cara manusia menggunakan tangan.

Senin, Februari 23, 2009

Kangguru Emas Mantel Pohon (Spesies Baru dari Papua)


Hewan ini adalah Kangguru Dendrolagus pulcherrimus, Kangguru Emas Mantel Pohon yang merupakan spesies baru yang ditemukan tahun 2005 di Pegunungan Foja, Mamberamo, Papua.

Minggu, Februari 22, 2009

Manfaat MADU dan Bubuk Kayu Manis untuk Kesehatan.

1. Kerontokan rambut

Orang yang mengalami kerontokan rambut atau kebotakan dapat memakai campuran minyak zaitun panas, 1 sendok makan madu dan 1 sendok teh bubuk kayu manis sebelum mandi. Oleskan di kepala dan diamkan selama kira-kira 15 menit setelah itu baru dibasuh. Penelitian itu juga membuktikan ramuan yang didiamkan dikepala selama 5 menit pun tetap efektif.

2. Infeksi kandung kemih

Campurkan 2 sendok makan bubuk kayumanis dan 1 sendok teh madu ke dalam segelas air suam-suam kuku. Setelah itu diminum. Ramuan ini membunuh kuman-kuman dalam kandung kemih.

3. Sakit gigi

Buat campuran 1 sendok teh bubuk kayu manis dan 5 sendok teh madu.

4. Kolesterol

Kadar kolesterol darah dapat diturunkan dengan 2 sendok makan madu dan 3 sendok teh bubuk kayu manis yang dicampur dalam 16 ounce (16 kali 28 gram kira kira 1 pon = 454 gram) air teh. Ramuan ini dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah sampai 10 persen dalam 2 jam. Madu murni yang diminum sehari-hari meringankan gangguan kolesterol.

5. Pilek

Pilek ringan dan berat dapat disembuhkan dengan 1 sendok makan madu suam-suam kuku dan ¼ sendok teh bubuk kayu manis setiap hari selama 3 hari. Ramuan ini dapat menyembuhkan hampir semua batuk dan pilek kronis serta membersihkan sinus.

6. Mandul

Pengobatan Yunani dan Ayurveda telah menggunakan madu selama bertahun-tahun untuk memperkuat semen (air mani = sperma) para pria. Dua sendok makan madu yang diminum secara teratur sebelum tidur akan berefek menyuburkan. Wanita Jepang, Cina dan Asia Timur yang sulit hamil dan ingin memperkuat rahim, lazim mengkonsumsi bubuk kayu manis sejak berabad-abad lalu.

Wanita yang sulit hamil sebaiknya sesering mungkin mengoleskan madu dan sesendok teh bubuk kayu manis pada gusinya. Kayu manis akan bercampur dengan air ludah dan memasuki tubuh. Ada pasangan suami istri dari Maryland tidak memiliki keturunan selama 14 tahun dan nyaris putus asa. Ketika mengetahui khasiat kayu manis dan madu, mereka mengkonsumsi ramuan tersebut. Sang istri mulai mengandung dan melahirkan bayi kembar.

7. Sakit perut

Madu yang dicampur bubuk kayu manis dapat mengobati sakit perut. Juga dapat membersihkan perut, serta menyembuhkan bisul sampai ke akar-akarnya.

8. Kembung

Penelitian yang dilakukan di India dan Jepang menyatakan bahwa madu yang diminum bersama kayu manis dapat mengurangi gas dalam perut.

9. Bau napas

Satu sendok teh madu dan bubuk kayu manis yang dicampur dalam air panas dapat membuat nafas tetap segar sehari penuh. Orang Amerika Selatan biasa meminum ramuan tersebut di pagi hari.

10. Sakit kepala sinus

Minum campuran madu dan juice jeruk dapat menyembuhkan sakit kepala karena sinus.

11. Kelelahan

Studi terakhir menunjukkan bahwa kandungan gula dalam madu lebih bermanfaat daripada merugi-kan bagi tubuh. Warga usia lanjut yang mengkonsumsi madu dan bubuk kayu manis dengan ukur-an sama, terbukti lebih bugar dan fleksibel. Penelitian Dr. Milton membuktikan ½ sendok makan madu yang diminum bersama segelas air dan ditaburi bubuk kayu manis dapat meningkatkan vitali-tas tubuh dalam seminggu. Ramuan tersebut diminum setiap hari setelah menggosok gigi dan jam 3 sore pada saat vitalitas tubuh menurun.

12. Kanker

Riset terakhir di Jepang dan Australia menunjukan bahwa kanker perut dan tulang stadium lanjut dapat disembuhkan dengan madu dan kayu manis. Pasien cukup minum 1 sendok makan madu dengan 1 sendok teh bubuk kayu manis selama sebulan 3 kali sehari.

13. Kelebihan berat badan

Minum segelas air yang direbus bersama madu dan bubuk kayu manis setiap pagi ½ jam sebelum sarapan atau saat perut masih kosong. Bila dilakukan secara teratur dapat mengurangi berat badan, bahkan bagi orang yang sangat gemuk, minum ramuan ini secara teratur akan mencegah lemak terakumulasi dalam tubuh, meski tetap makan makanan kalori tinggi.

14. Influenza

Ilmuwan Spanyol telah membuktikan bahwa madu berisi kandungan alami yang membunuh kuman influenza dan menyembuhkan pasien dari flu. Maka minumlah madu ketika akan flu.

15. Jerawat

Oleskan 3 sendok makan madu dan 1 sendok teh bubuk kayu manis pada wajah sebelum tidur. Basuh keesokan harinya dengan air hangat. Bila dilakukan rutin setiap hari selama 2 minggu, akan menyembuhkan jerawat sampai ke akar-akarnya.

16. Infeksi kulit

Ambil 1 bagian madu dan 1 bagian bubuk kayu manis, oleskan pada bagian kulit yang sakit.

17. Mencegah penuaan

Teh yang dicampur madu dan bubuk kayu manis dan diminum tiap hari dapat mencegah penuaan. Ambil 4 sendok madu, 1 sendok bubuk kayu manis dan 3 cangkir air kemudian rebus seperti mem-buat teh. Minumlah sebanyak 4 kali sehari. Ramuan ini membuat kulit segar dan halus serta men-cegah penuaan. Harapan hidup juga bertambah

18. Arthritis (radang sendi / Encok)

Ambil 1 bagian madu dan 2 bagian air suam-suam kuku. Tambahkan 1 sendok teh kecil bubuk kayu manis. Campur madu, air suam-suam kuku dan bubuk kayu manis. Pijat ke bagian yang sakit secara perlahan. Rasa sakit akan berkurang dalam waktu 1-2 menit. Atau penderita arthritis dapat minum 1 cangkir air panas dengan 2 sendok madu dan 1 sendok teh kecil bubuk kayu manis setiap hari, pagi dan malam.

Bila diminum teratur, ramuan ini dapat mengobati penyakit arthritis kronis. Penelitian terakhir Copenhagen University menggunakan campuran 1 sendok makan madu dan ½ sendok teh bubuk kayu manis yang diberikan kepada pasien sebelum sarapan. Hasilnya dalam seminggu 73 dari 200 pasien yang diobati sembuh total. Kebanyakan pasien yang tidak dapat berjalan atau bergerak karena arthritis dapat berjalan tanpa rasa sakit.

19. Penyakit jantung

Oleskan madu dan bubuk kayu manis pada roti pada waktu sarapan setiap harinya. Madu dan kayu manis mengurangi kolesterol dalam pembuluh arteri, dan mengurangi resiko serangan jantung. Orang yang sudah terkena serangan jantung bila mengkonsumsi madu dan kayu manis setiap hari dapat terhindar dari serangan jantung kedua.

Konsumsi madu dan kayu manis secara teratur dapat memperlancar pernapasan dan memperkuat detak jantung. Panti Wredha (jompo) di Amerika dan Kanada, berhasil mengobati penghuninya yang memiliki gangguan pembuluh darah karena tersumbat, dan berkurang fleksibilitasnya karena usia, dengan ramuan tersebut.

Susu - Mengurangi Resiko terkena Kanker Usus.

Perbanyaklah minum susu. Karena selain menyehatkan susu juga mampu mengurangi resiko terkena kanker usus. Demikian disampaikan oleh Dr Eunyoung Cho yang meneliti keuntungan mengkonsumsi susu. Analisa dari 10 studi menunjukkan 16 ons susu sehari bisa mengurangi ancaman kanker usus sampai 12%.

Para peneliti dari `Brigham and Women's Hospital` menemukan bahwa 16 ons susu sehari mampu mengurangi resiko terkena kanker usus sampai 12%. Hasil itu merupakan analisa dari 10 studi sebelumnya yang terdiri dari 500.000 orang dimana sekitar 5.000 diantaranya kemudian positif mengidap kanker usus. Hasil penelitian Dr Eunyong Cho dipublikasikan oleh The Journal of the National Cancer Institute.

Kanker usus merupakan penyakit ketiga yang menjadi penyebab kematian di seluruh dunia. Penelitian sebelumnya dengan menggunakan binatang sebagai percobaan, kandungan kalsium yang banyak terdapat pada susu mampu melindungi usus dari serangan kanker. Studi pada manusia juga menunjukan keseluruhan jumlah kalsium yang dikonsumsi sangat positif dalam mengurangi tingkat dari resiko kanker susu ini.

Setiap kenaikan 1.000 miligram kalsium sehari atau lebih akan mempu mengurangi 15% resiko dari kanker usus pada wanita dan 10% pada pria. Dalam publikasinya, Dr Eunyoung Cho mengatatakan melalui data yang didapatnya konsumsi susu dan kalsium bisa mengurangi resiko dari terkena kanker usus. Dr Cho tidak menemukan pengurangan resiko terkena kanker dengan mengkonsumsi keju dan yoghurt yang sebenarnya juga merupakan hasil olahan dari susu.

Sementara di studi lain memberikan indikasi bahwa produk-produk olahan dari susu bisa meningkatkan resiko terkena kanker lain seperti payudara dan prostate. Dr Richard Sullivan dari Cancer Research Inggris menyambut baik hasil studi dari Dr Cho ini dengan menyatakan sebagai sesuatu yang sangat menarik.

Meski demikian, Dr Sullivan menyatakan cara terbaik untuk mengurangi resiko kanker usus ini adalah dengan mengkonsumsi makanan yang seimbang antara buah, sayuran dan kalori untuk mengurai proses penimbuhan lemak.

Air Liur - Penangkal Alami terhadap Virus atau Bakteri Jahat.

BERBAGAI jenis pengobatan berkembang untuk mengatasi penyakit.Tak hanya itu, upaya pencegahan pun semakin banyak dilakoni. Tanpa banyak yang menyadari, setiap orang mempunyai kekuatan mengatasi segala penyakit.

Suatu penelitian mengungkapkan bahwa di dalam mulut tidak ada bakteri jahat. Hal itu disebabkan oleh kekuatan dari air ludah. ”Suatu kekuatan sebagai daya tangkal.Artinya, sebelum virus atau bakteri masuk ke tubuh manusia, sudah ditangkal. Kalau kita kalah, maka menyebabkan jatuh sakit,” kata Presiden Direktur PT Enzym Bioteknologi Alexander Agung MBA. Menurut Alex,daya tangkal pertama adalah air mata. Seandainya virus dan bakteri masuk, lalu hanya dengan berkedip, maka bakteri atau virus akan hilang. Selain itu, cairan di vagina juga berfungsi sebagai daya tangkal.

Tujuannya sama, yakni agar bakteri dan virus tidak bisa masuk ke dalam organ wanita tersebut. Tidak hanya sampai di situ, daya tangkal terbesar justru berasal dari air liur manusia. Mengapa demikian? Karena penyakit manusia 90% terjadi melalui mulut.Hanya 1%–2% masuk melalui bagian tubuh yang lain. Bagaimana bila manusia tidak punya ludah? ”Hanya dalam 2 minggu sampai 1 bulan tanpa adanya air liur, akan membuat manusia meninggal,” imbuh Alex. Saat baru dilahirkan, bayi belum mengeluarkan air liur hingga berusia 1 bulan. Selanjutnya setelah satu bulan, bayi akan mengeluarkan air liur. Ada bayi yang dapat mengendalikan air liur, tapi sebagian lain tidak bisa sehingga menjadi seperi ileran. Dia mengatakan, bayi yang suka ileran umumnya punya daya tahan tubuh lebih kuat. Sebagai contoh,bayi sering kali mengambil benda yang kotor dari tanah lalu dimasukkan ke mulutnya.Herannya bayi tidak sakit. Hal ini dikarenakan dia punya pelindung alamiah dari air liur yang sudah keluar.

”Contoh lain yang mungkin sudah menjadi kebiasaan sejak zaman dahulu,yaitu ketika ada bagian jari-jari kita yang terluka potong, maka secara naluriah akan mengisap luka tadi ke mulut,” paparnya sambil melanjutkan, itu bukan monopoli manusia saja. Begitu pula dengan hewan, seperti kucing, monyet, dan anjing juga membasuh luka dengan air liur. Di sinilah air ludah bekerja. Air ludah sebagai pelindung alamiah mempunyai dua fungsi. Pertama, berfungsi melindungi seluruh penyakit gigi dan mulut. Kedua, yang juga merupakan fungsi terbesar adalah melindungi seluruh tubuh manusia dari penyakit. Bayi memperoleh sistem anti bakteri secara otomatis ketika berusia 1 bulan dari air liurnya.

Berdasarkan sebuah penelitian yang pernah dilakukan di Jepang pada 2001, 40 sampai 50 protein telah terdeteksi terdapat pada air ludah.Tiap protein punya fungsi yang berbeda beda. Satu protein untuk menangkal debu, untuk sinar, dan untuk menangkal bahan kimia. Selanjutnya, dari 50 protein ini di dalamnya ada 3 protein yang khusus untuk mikroorganisme. Pertama bernama laktoperoksidase. Dia mempunyai kemampuan untuk membunuh atau mencegah pertumbuhan bakteri. Kemudian yang kedua adalah lisosin. Berasal dari kata lis yang berarti ‘melumerkan’.Dia selalu menyerang bakteri dinding selnya.Jadi kalau ada bakteri yang ketemu dengan lisosin, maka dinding sel bakteri akan melumer.

Kalau bakteri dan jamu ingin bertumbuh, maka memerlukan besi. Adapun kandungan laktoferin yang berasal dari kata fero yang berarti ‘besi’. Unsur ini dapat mengikat besi tadi dan mencegah bakteri patogen mendapatkan cukup air untuk bertumbuh. ”Itulah kunci daya tangkal manusia. Adanya di air mata, air liur, dan juga cairan di vagina,” imbuh pria yang kerap diundang sebagai pembicara di berbagai seminar tentang mulut di dalam dan luar negeri.

Anak Kembar (Foto Pribadi)

Arti Sebuah Persahabatan dan Kepolosan (Foto Pribadi)

Anggur Merah Memperpanjang Umur.

Sebuah campuran yang terdiri dari bahan minuman anggur merah ternyata mampu menjadi sebuah minuman yang menyehatkan dan disebut mampu sebagai sebuah penguak tabir panjang usianya seseorang. Demikian kesimpulan hasil penelitian yang dilakukan oleh David Sinclair dari Harvard Medical School (Boston).

Para peneliti menemukan kenyataan bahwa aksi `resveratrol` pada buah dan sutra sama dengan aksi yang dikenal sebagai metode untuk memperpanjang hidup para binatang termasuk monyet. Hasil penemuan inilah yang membuka kemungkinan orang biasa mendapatkan sebuah pil yang bisa menguntungkan bagi diet dan memperpanjang usia.

"Kami menemukan bahwa senyawa kimia yang bisa memperpanjang harapan hidup di setiap organisme," ujar David Sinclair, pimpinan penelitian. "Besar harapan kami untuk segera melihat sebuah molekul yang bisa mengatasi ancaman penyakit lanjut usia seperti diabetes."

Sinclair dan rekannya dari Universitas Connecticut dan Universitas Brown Rhode Island mengatakan mereka kini sedang mencari kombinasi campuran yang bisa berdampak pada pembatasan kalori pada tubuh. Para ilmuwan kini memofuskan perhartian pada molekul yang disebut dengan `Sir2` yang didapat dari protein atau sirtuins.

Molekul ini banyak ditemukan di bakteri dan bisa digunakan untuk melawan dampak penuaan. "Kami tengah mencari molekul yang mampu aktif seperti pada sirtuin protein," jelas Sinclair. Tahun silam ia melaporkan bahwa senyawa kimia resveratrol mampu memperpanjang usia. Kini Sinclair melakukan percobaa pada buah yang bisa berbagi pada proses biologis pada manusia.

"Jika kami berikan campuran ini kepada binatang maka mereka akan bertambah panjang usianya dan lebih sehat," ujarnya. Sejauh ini Sinclair sedang mengembangkan `Sirtris` dalam bentuk pil yang disebut dengan `Longevinex`. Ia telah melakukan pengetesan campuran ini pada tikus yang disebut-sebut sangat dekat hubunganya dengan manusia.

"Jika bekerja dengan baik di tikus maka saya sangat percaya bisa bekerja pada manusia," tekadnya. Ia menolak anggapan bahwa ia ingin memasarkan formula itu dalam bentuk pil. Ia mengatakan apa yang ia lakukan hanyalah berupaya menemukan molekul yang bisa memperpanjang kesehatan manusia dan tidak hanya sekedar lebih lama hidupnya.

Dampak Negatif dari Merokok.

Berdasarkan data tahun 2004, Indonesia merupakan negara ke-6 penghasil tembakau dunia setelah China, Brazil, India, USA dan Turkey. Tembakau yang dihasilkan sebesar 160.000 metrik ton dengan luas lahan lebih dari 145.000 hektar dengan pekerja yang tercatat 2.539.000 orang.

Dari angka fantastis tersebut, berbagai isu positif sering dikaitkan dengan penyerapan tenaga kerja, pemanfaatan lahan kritis, pemberdayaan petani dan devisa negara. Namun hal itu tidak berimbang dengan dampak negatif yang ditimbulkan penggunaan rokok. Penggunaan tembakau di Indonesia menyebabkan 70% kematian karena penyakit paru kronik dan emfisema. Data Susenas 2001 memperkirakan penggunaan tembakau menyebabkan lebih dari 5 juta kasus kesakitan dan 400.000 kematian.


Mau Beli Mobil Terbang?




Inilah solusi mujarab untuk mengusir kemacetan di kota-kota besar, seperti Jakarta atau Surabaya. Sebuah perusahaan teknologi di Woburn, Massachusetts, Amerika Serikat, tahun ini bakal memproduksi mobil terbang secara massal.

Mobil terbang itu dinamai Transition. Di Amerika, barang seharga Rp 1,7 miliar itu sudah ludes dipesan meski produknya belum jadi. Harga itu tentu saja tak terlalu mahal buat segelintir orang kaya di Indonesia, mengingat banyaknya mobil mewah berseliweran di Jakarta. Transition sanggup membawa dua orang. Kecepatannya sekitar 185 km per jam saat di udara.

Untuk tinggal landas, Transition membutuhkan jarak ancang-ancang sekitar 520 meter, tetapi hanya perlu beberapa ratus meter untuk mendarat. Perubahan dari mode darat ke mode terbang pun bisa dilakukan cukup dengan menekan satu tombol di kabin.

Baling-baling yang digunakan saat mode terbang akan tersimpan dan terkunci aman ketika sedang menggunakan mode darat. Untuk menyimpannya, tidak butuh ruang sebesar hanggar. Transition dapat disimpan di garasi rumah karena sayapnya dapat dilipat.

Dengan dimensi tinggi 2,1 meter, lebar 2 meter, dan panjang 5,7 meter setelah dilipat, Transition jadi lebih kecil dibandingkan SUV ukuran besar, seperti Cadillac Escalade atau Lincoln Navigator. Namun, tidak sembarang orang bisa memesan kendaraan ini. Syaratnya, harus punya lisensi pilot. Mau test drive? Silakan lihat dulu situs pabriknya atau lihat videonya di YouTube.


Penyebab Utama Kerusakan Hati.


1. Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang adalah penyebab paling utama.
2. Tidak buang air di pagi hari.
3. Pola makan yang terlalu berlebihan.
4. Tidak makan pagi.
5. Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan.
6. Terlalu banyak mengkonsumsi bahan pengawet, zat tambahan, zat pewarna,
pemanis buatan.
7. Minyak goreng yang tidak sehat. Sedapat mungkin kurangi penggunaan
minyak goreng saat menggoreng makanan, hal ini juga berlaku meski
menggunakan minyak goreng terbaik sekalipun seperti olive oil. Jangan
mengkonsumsi makanan yang digoreng bila kita dalam kondisi penat, kecuali
dalam kondisi tubuh yang fit.
8. Mengkonsumsi masakan mentah (sangat matang) juga menambah beban
hati.Sayur mayur dimakan mentah atau dimasak matang 3/ 5 bagian. Sayur
yang digoreng harus dimakan habis saat itu juga, jangan disimpan. Kita harus
melakukan pencegahan dengan tanpa mengeluarkan biaya tambahan.Cukup
atur gaya hidup dan pola makanan sehari-hari.
Perawatan dari pola makan dan kondisi waktu sangat diperlukan agar tubuh kita
dapat melakukan penyerapan dan pembuangan zat-zat yang tidak berguna
sesuai dengan jadwalnya. Sebab:

*. Malam hari pk 9 - 11 : adalah pembuangan zat-zat tidak berguna/ beracun (detoxin)
di bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Selama durasi waktu ini
seharusnya dilalui dengan suasana tenang atau mendengarkan musik. Bila saat
itu seorang ibu rumah tangga masih dalam kondisi yang tidak santai seperti
misalnya mencuci piring atau mengawasi anak belajar, hal ini dapat berdampak
negatif bagi kesehatan.

*. Malam hari pk 11 - dini hari pk 1 : saat proses de-toxin di bagian hati, harus
berlangsung dalam kondisi tidur pulas.

*. Dini hari pk 1 - 3 : proses de-toxin di bagian empedu, juga berlangsung dalam
kondisi tidur.

*. Dini hari pk 3 - 5 : de-toxin di bagian paru-paru. Sebab itu akan terjadi batuk
yang hebat bagi penderita batuk selama durasi waktu ini. Karena proses
pembersihan (de-toxin) telah mencapai saluran pernafasan, maka tak Perlu
minum obat batuk agar supaya tidak merintangi proses pembuangan kotoran.

Info Kesehatan 28 Maret 2007


*. Pagi pk 5 - 7 : de-toxin di bagian usus besar, harus buang air di kamar kecil.

*. Pagi pk 7 - 9 : waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, harus makan
pagi. Bagi orang yang sakit sebaiknya makan lebih pagi yaitu sebelum pk 6:30.
Makan pagi sebelum pk 7:30 sangat baik bagi mereka yang ingin menjaga
kesehatannya. Bagi mereka yang tidak makan pagi harap merubah
kebiasaannya ini, bahkan masih lebih baik terlambat makan pagi hingga pk 9-10
daripada tidak makan sama sekali. Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang
akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat tidak berguna. Selain itu, dari
tengah malam hingga pukul 4 dini hari adalah waktu bagi sumsum tulang
belakang untuk memproduksi darah. Sebab itulah, tidurlah yang nyenyak dan
jangan begadang.

Penghancuran Sel Kanker Dengan Menggunakan Protein.

Para ilmuwan Singapura telah menemukan cara baru yang mengubah sifat sel kanker dengan menggunakan protein sehingga sel kanker tersebut menghancurkan diri sendiri.

Hasil penelitian tersebut masih merupakan hal yang dini namun kelompok ilmuwan di Lembaga Biologi molekular dan sel (IMCB), yang melakukan penelitian tersebut mengatakan merasa optimis temuan tersebut mempunyai harapan dapat menemukan cara pengobatan penyakit kanker di suatu hari mendatang.

Dr. Dimitry Bulavin mengatakan kepada harian The Strait Times, kelompoknya menitikkan perhatian kepada protein yang disebut Wipi yang ditemukan di dalam sel batang dimana berbagai jenis penyakit kanker mulai berawal.

Sel batang itu secara umum dapat berkembang menjadi berbagai bentuk sel di dalam tubuh.

“Sel-sel dapat berubah bentuk dan memperbanyak diri membentuk anak-anak sel," kata Bulavin, namun mengatakan kegiatan memperbanyak diri itu haruslah dikendalikan.

Wipi adalah merupakan bagian dari proses penyeimbangan dan pengendalian dari proses memperbanyak diri sel," katanya.

Apabila terdapat Wipi yang terlalu banyak atau kegiatan memperbanyak diri yang melebihi dari yang seharusnya maka kondisi itu disebut kanker," katanya.

"Semakin banyak Wipi maka semakin banyak sel kanker," kata Bulavin yang merupakan ketua tim penelitian IMCB, seperti yang dikutip the Strait Times. "Dengan mengurangi jumlah Wipi maka kami dapat mengobati penyakit kanker."

Hewan tikus yang digunakan dalam penelitian setelah memperoleh protein ditemukan mempunyai ketahanan menangkis penyakit kanker.

Bulavin mempunyai perencanaan untuk memasuki tahap pertama uji coba klinis dalam waktu dua tahun.

"Kami sangat bersemangat untuk melakukan itu," katanya seperti dikutip Strait Times.

Plak Gigi ternyata bisa berbahaya

Dr Ali El-Solh dari University of Buffalo New York (AS) mengingatkan agar semua orang bisa menjaga kesehatan gigi. Menurut penelitian kecil yang dilakukan Dr Ali menunjukkan bahwa gigi yang kotor atau bahkan sampai terjadinya `plag` akan membuat sang pemilik gigi bisa mengalami penyakit paru-paru dan pneumonia.

Dr Ali melakukan investigasi atas 8 pasien disebuah rumah sakit yang mengalami penyakit pneumonia. Dari pengamatan ini Dr Ali dengan jelas melihat bahwa penyakit pneumonia yang diderita oleh 8 pasien itu akibat plag pada gigi mereka sendiri.

Dr Ali juga mengatakan studi yang dilakukanya untuk melihat hubungan antara kesehatan gigi dengan penyakit yang berhubungan dengan pernafasan merupakan yang pertama. "Ini merupakan studi kali pertama yang melihat hubungan antara kesehatan gigi dengan infeksi pada saluran pernafasan."

Demikian jelas Dr. Ali El-Solh yang menjadi kepala tim peneliti. Hasil penelitian Dr Ali El-Solh ini dipublikasikan oleh the journal Chest. Selain melakukan penelitian atas para pasien penyakit pernafasan, Dr Ali El-Solh dan tekan juga melakukan pengujian atas 49 perawat rumah sakit tersebut.

Dimana semua perawat diketahui memiliki resiko yang besar terkena pneumonia. Karena molekul bakteri pneumonia melekat pada jari sang perawat. "Penelitian ini mengindikasikan bahwa plag pada gigi bisa menjadi tempat bagi pathogen yang bisa menyebabkan pneumonia."

Sehingga Dr Ali El-Solh menyarankan agar para perawat yang membantu pasien agar selalu memelihara gigi mereka.

Sabtu, Februari 21, 2009

SPIRULINA

Spirulina adalah biomassa Spirulina platensis yang banyak mengandung bahan aktif penting bagi dunia kesehatan dan farmasi. Ganggang hijau biru Spirulina platensis dijuluki sebagai wonderful food, karena mengandung protein sangat tinggi, sekitar 60-70% dari bobot kering biomassanya, berbagai vitamin (81, B2, B3, 812, niasin, C, E, dan provitamin A), karotenoida lainnya, pigmen, serta lipid (sekitar 8%). Lipid mengandung asam palmitat, palmitoleat, stearat, oleat, linoleat dan gamma linolenic acid/GLA. Pengobatan penyakit kanker (cancer) dimana-mana menemui kendala yang sama. Kegagalan proses penyembuhannya banyak disebabkan oleh faktor daya tahan tubuh yang lemah dari si penderita. Namun kini, riset mendalam tentang kandungan Spirulina mengungkapkan bahwa salah satu jenis ganggang ini bisa menjadi stimulant penyembuhan kanker lewat kemampuannya meningkatkan daya tahan tubuh.


Spirulina memang memiliki kandungan yang sangat lengkap, dan baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi manusia. Bayangkan, spirulina ternyata memiliki kandungan zat besi 58 kali lebih banyak dari sayur bayam, dan 18 kali lebih tinggi dari daging. Jenis ganggang yang satu ini juga mengandung beta carotene 25 kali lebih banyak dari wortel, dan 100 kali lebih banyak dari pepaya, di samping kandungan lain seperti vitamin, protein, mineral, lemak dan karbohidrat. Oleh karena itu, Dr. Toni Sutomo, MPh menyimpulkan bahwa berkat segala kandungan tersebut, spirulina berguna untuk meningkatkan immunity system tubuh, menunjang fungsi cardiovascular dan keseimbangan cholesterol. Ia juga baik untuk memperbaiki fungsi pencernaan, meningkatkan fungsi detox serta mengurangi cancer risk dengan melindungi tubuh dari toxin. Memang, melalui penelitian lebih dari 40 tahun yang dilakukan lebih dari 4000-an peneliti terkemuka di seluruh dunia, berhasil menyimpulkan manfaat spirulina dalam memperbaiki dan mempertahankan kesehatan.

Orang-orang di zaman modern sering mengalami penyakit yang berhubungan dengan pola makan yang tidak sesuai. Orang-orang modern yang lebih mementingkan pada kehidupan materi lebih cenderung untuk makan daging. Telah diketahui secara umum, bahwa vitamin dan mineral sangat diperlukan untuk mencerna daging. Namun, karena makanan yang telah diproses tidak mengandung vitamin yang mencukupi, ditambah lagi sebagian besar orang tidak suka makan sayuran dan buah-buahan ataupun pengambilannya tidak mencukupi, maka Elemen Berbasa dalam tubuh juga kurang. Oleh karena itu timbullah berbagai penyakit, terlebih lagi penyakit kronis seperti darah tinggi, kencing manis bahkan penyakit kanker. Sedangkan penyakit-penyakit tersebut belum bisa diobati secara keseluruhan dengan pengobatan pada zaman ini, karena unsur makanan bergizi telah diabaikan. Seandainya makanan bergizi dipandang sama pentingnya dengan pengobatan, maka banyak penyakit kanker akan dapat diobati. Dalam hal ini, Spirulina merupakan makanan yang dapat memberikan zat-zat yang dapat memulihkan kesehatan tubuh.

Berikut ini dijelaskan beberapa faktor tentang penyebab penyakit dan cara terapi dengan konsumsi yang bermanfaat : Berdasarkan cara pengobatan sekarang, bahwa dari 90% penyakit hypertension merupakan darah tinggi pokok. Hal ini terjadi karena ginjal (kidney) tidak dapat menjaga cairan tubuh. Maka, selain perawatan biasa, obat diuretic sering kali digunakan. Cara demikian dapat mengeluarkan air yang berlebihan di dalam darah, supaya peredaran darah dari jantung dapat dikurangi sehingga tekanan darah juga diturunkan.

Bagaimanapun juga, penggunaan obat diuretic dapat menyebabkan efek samping. Cara lain termasuk penggunaan obat yang dapat mengendurkan pembuluh darah peripheral, agar pembuluh sekelilingnya dapat berkembang sehingga tekanan darah dapat diturunkan. Akan tetapi, cara tersebut perlu dilakukan penderita sepanjang hidupnya.

Apa hubungannya makanan bergizi dengan darah tinggi? Dr. Adelle Davis, seorang pakar dari Amerika Serikat telah melakukan suatu penelitian yang sangat bernilai, ” Penelitian yang dilakukan pada binatang menunjukkan bahwa apabila gizi dalam makanan kurang, maka ginjal mudah terganggu dan mengakibatkan hypertension. Dari 158 orang pasien yang mengidap hypertension: 133 orang diantaranya mengidap darah tinggi pokok yang tidak diketahui penyebabnya, 20 diantaranya berdarah di otak dan mata, 3 menderita kencing manis (diabetes), 3 sakit jantung dan 19 bermasalah dengan ginjal. Semua penderita tersebut telah diobati dengan jangka waktu lama tetapi penyakit tersebut tidak pemah pulih.

Ketika penelitian tersebut dilakukan, mereka telah menghentikan penggunaan obat, dan hanya diberi kolin setiap hari. Kemudian gejala hypertension seperti sakit kepala, pusing, tinnitus, palpilae dan sembelit telah sembuh setelah penggunaan kolin (sejenis Vitamin B) antara 5 hingga 10 hari. Dan dalam waktu tiga minggu berturut-turut, tekanan darah semakin turun. Tekanan sistolik setiap penderita tekanannya telah dikurangi 31 mm juga tekanan diastolik dikurangi 20 mm. sepertiga dari penderita tersebut tekanannya sudah diturunkan ke kondisi normal. Terlebih lagi tidak satupun penderita yang tekanan darahnya diturunkan lebih rendah dari tekanan normal. gejala-gejala seperti insomnia, tremor, edema, penglihatan kabur dan sebagainya menjadi semakin pulih. Penderita yangg sering gugup dan berjalan pincang juga bertambah baik.”

Penelitian ini telah membuktikan bahwa darah tinggi berhubungan erat dengan kolin. Jadi, makanan apa yang mengandung kolin? Hati, telur dan otak mempunyai kadar yang tinggi. Spirulina sangat bermanfaat untuk darah tinggi. . Apakah Spirulina kaya akan kolin? Jawabannya “TIDAK”. Jadi, bagaimana dapat bermanfaat untuk darah tinggi? Berdasarkan penjelasan teori bio-kimia, bahwa kolin dihasilkan oleh tubuh. Bagaimana cara pembentukannya? Serin (sejenis asam amino / amino-acid) akan menghasilkan amino-acid dengan adanya vitamin B6; sedangkan metionin juga dapat menghasilkan kolin dalam tubuh. Spirulina mengandung 3,23% serin dan 1,95% metionin menjadikan jumlahnya 5,18%. Suatu angka yang cukup tinggi. Maka, seandainya vitamin B6 dalam tubuh mencukupi, makin banyak kolin yang dihasilkan , sehingga membantu dalam menurunkan tekanan darah; juga gejala darah tinggi lainnya akan pulih. Tetapi vitamin B6, saja tidak cukup, perlu juga magnesium untuk membantu mengubah vitamin B6 menjadi B6P04 yang aktif. Dalam hal ini Spirulina mempunyai klorofil yang tinggi (1,33% dari klorofil adalah magnesium), karena itu dapat memenuhi kekurangan tersebut.

Sebagian penderita hypertension kekurangan calium sedangkan garamnya berlebihan. Kondisi demikian dapat memperburuk penyakit darah tinggi. Kekurangan kalium dapat merusak glomerolus (penyaring darah), air dan bahan buangan yang kemudian akan masuk ke dalam kandung kemih melalui ureter. Apabila glomerolus dirusak, darah akan mengalir lebih deras untuk menjalankan fungsi penyaringan sehingga tekanan darah meningkat. Selain itu kebiasaan penderita darah tinggi yang tidak gemar makan sayuran menyebabkan tubuhnya tidak mendapat kalium yang mencukupi. Karena Spirulina mengandung kalium 1,79%, 10 kali lebih banyak dibanding dalam sayuran, karena itu sangat bermanfaat untuk penderita.

Penggunaannya biasanya dua minggu berturut-turut, tekanan darah akan turun sebanyak 20-30 mm. Hasilnya sangat memuaskan jika digunakan terus menerus.
penderita darah tinggi harus mementingkan makanan yang kaya dengan vitamin dan mineral yang bermanfaat dalam pemulihan penyakit darah tinggi, seperti :

  1. Hindari protein dari hewan, kopi, arak, garam dan makanan pedas
  2. Makanan lain yang bermanfaat termasuk lobak, bayam, seledri, bawang, jerok, anggur
  3. Vitamin dan mineral: Rutin, kolin, kalium, magnesium, dan vitamin C. Sebagian penyakit darah tinggi disebabkan oleh emosi, misalnya kebingungan, ketakutan dan
  4. Stress. Karena itu penderita harus diredakan emosinya sebelum terapi diet dilakukan.

Spirulina kaya dengan Chlorophyll (klorofil) yang sangat bermanfaat untuk radang organ-organ pencernaan selain juga untuk pencegahan.

Dalam lingkungan industri, karena ketegangan jiwa, seseorang mudah mengidap penyakit lambung (stomache) atau radang usus halus (small intestine). Bagaimanapun cara perawatannya, penyakit tersebut tidak akan pulih. Penyakit radang umumnya berawal dari stress. Apa itu stress?

Stress terjadi jika kerja berlebihan, ketegangan, emosi yang tidak stabil, kurang tidur, kuman atau virus dan faktor lain. Apabila jiwa kita tertekan, maka akan banyak bahan nutrisi digunakan, terutama protein

Padahal banyak protein yang tersimpan dalam organ tubuh kita, seperti hati, limpa dan timus. Apabila tekanan terlalu tinggi, tidak hanya simpanan protein yang digunakan, juga protein yang berada pada dinding perut dan usus sehingga kelenjar mukus di dinding perut mengecil dan rusak. Apabila pengeluaran kelenjar mukus tidak mencukupi, maka dinding usus tidak dapat dipertahankan. Apabila makanan yang dimakan melalui esofagus, pepsin perut mulai dikeluarkan. Karena pepsin perut mengandung HCl, maka akan secara langsung mengikis dinding perut sehingga lambungnya terasa sakit.

Sebagian orang menganggap sakit lambung disebabkan oleh asam lambung. Sehingga cara perawatannya hanya dipermukaan saja. Kebanyakan obat sakit lambung mempunyai antasida untuk menetralkan asam lambung. Apabila asam lambung berkurang, maka rasa sakit juga berkurang. Tetapi penyakit tersebut tidak sembuh, melainkan hanya rasa sakit yang berkurang untuk sementara waktu. Asam lambung mrupakan zat yang sangat bernilai karena dapat menguraikan protein makanan menjadi asam amino agar dapat diserap usus. Begitu juga mineral harus dilarutkan oleh asam lambung agar lebih mudah diserap. Penggunaan obat lambung menyebabkan protein dan mineral tidak dapat diserap secara normal. Apabila kekurangan protein ini tidak dapat dipenuhi, maka radang sukar diobati dan tekanan jiwa bertambah, pada akhirnya penderita terpaksa menjalani pembedahan.

Menurut penelitian ilmuwan dari Amerika Serikat, penyebab utama terjadinya radang usus halus disebabkan oleh meradangnya kelenjar empedu. Walaupun masalah radang usus halus tidak banyak, tetapi pada umumnya berawal dari meradangnya kelenjar empedu. Kelenjar empedu biasanya berwarna kuning dan bersifat alkali. Apabila elemen beralkali dalam hati tidak dikembalikan lagi setelah digunakan, maka kelenjar empedu menjadi asam sehingga empedu menjadi meradang. Spirulina kaya dengan elemen beralkali, maka dapat dijadikan sebagai diet yang paling mujarab.

Jelas bahwa cara radikal untuk merawat radang lambung dan usus adalah menambah konsumsi protein dan makanan yang kaya dengan protein. Vitamin B kompleks berfungsi untuk mengatur asam lambung.
Misalnya, perut buncit karena kekurangan asam lambung, vitamin B I dapat menambahkan asam lambung; apabila asam lambung berlebihan, penggunaan asam pantotenat (sejenis vitamin B) dapat mengurangi asam lambung. Mineral juga dapat membantu memulihkan fungsi penyerapan hati dan lambung ke kondisi normal. Vitamin B6 dapat membantu mengubah serin dan metionin menjadi kolin agar kelenjar empedu menjadi normal.

Spirulina sangat bermanfaat untuk radang karena kaya dengan protein, terutama sistein (sejenis amino-acid). Spirulina juga kaya dengan chlorophyll, yang sangat bermanfaat untuk radang organ-organ pencernaan (digestion organ) selain juga untuk pencegahannya. Pada umumnya, setelah penggunaan selama 2 minggu, rasa sakit akan hilang . dan kira-kira 2-3 bulan penyakit tersebut akan pulih.

Para penderita tersebut harus mementingkan makanan kaya vitamin dan mineral yang bermanfaat dalam pemulihan lambung dan usus :

  1. Memperbanyak makan. Kunyah berkali-kali sebelum ditelan secara perlahan-Iahan. Hindari merokok, minuman keras, kopi, teh, garam dan makanan pedas. Buah-buahan asam seperti jeruk, lemon juga harus dihindari.
  2. Makanan lain yang bermanfaat: jus kentang, susu kambing mentah, minuman lactobacillus, dan ragi arak.

Flavonol - Mencegah Kanker Pankreas

Penelitian mengenai pola makan 183.518 warga California dan Hawaii telah memperlihatkan bukti bahwa makanan yang mengandung banyak flavonol mungkin membantu mencegah kanker pankreas.

Flavonol bisa ditemukan di dalam makanan nabati. Bawang, apel, buah berry, sayur hijau, dan broccoli memiliki kandungan flavonol paling tinggi.

Dari peneltian di sana selama rata-rata 8 tahun 529 orang terserang kanker pankreas. Orang yang makan makanan dengan kandungan flavonol terbanyak dalam makanan mereka, yang diukur dengan "daftar pertanyaan apa yang sering mereka makan", memiliki resiko 23% lebih rendah terserang kanker pankreas dibandingkan dengan orang dengan tingkat flavonol paling rendah, kata Dr. Ute Nthlings dari German Institute of Human Nutrition Postdam-Rehbruecke pada pertemuan tahunan American Association for Cancer Research di Los Angeles.

Dalam hal ini perokok meraih manfaat terbanyak. Kondisi tersebut diduga karena mereka sudah menghadapi resiko tinggi untuk terserang kanker pankreas. Perokok yang mengkonsumsi paling banyak flavonol menghadapi resiko yang berkurang untuk terserang kanker kelenjar pankreas sampai 59%, dibandingkan dengan perokok yang mengkonsumsi paling sedikit flavonol.

Merokok saat ini merupakan satu-satunya faktor resiko bagi penyakit ini. "Berhenti merokok jangka-pendek dan terus-menerus memperlihatkan faktor gaya hidup, mungkin membantu melindungi orang dari kanker mematikan ini", kata Nthlings dalam suatu pernyataan.

Di antara ketiga flavonol individu yang dikaji (kaempferol, quercetin dan myricetin). Kaempferol, yang berlimpah di dalam bayam dan sebagian kubis, berkaitan dengan pengurangan resiko terbesar (22%) di antara semua subjek yang diteliti.

Pada semua tingkat konsumsi, total konsumsi flavonol seperti quercetin yang paling banyak terdapat pada bawang dan myricetin yang terdapat dalam buah berry, berhubungan dengan kecenderungan yang secara statistik penting ke arah berkurangnya resiko kanker pankreas di kalangan perokok saat ini, tapi tidak di kalangan mantan perokok atau mereka yang tak pernah merokok.

Studi itu tidak menyelidiki mekanisme biologi bagaimana flavonol mungkin melindungi manusia dari kanker kelenjar pankreas. Namun, dampak anti-kanker dari bahan tersebut, pada umumnya, telah berpangkal dari kemampuannya untuk menghalangi pertumbuhan sel dan oxidative stress, dan memasukkan enzim detoxifikasi serta kematian sel yang terprogram.

Dalam kesimpulannya, Nthlings mengatakan, "Temuan penting tersebut ialah mengkonsumsi banyak flavonol mungkin membantu mengurangi resiko kanker pankreas, terutama di kalangan perokok. Oleh karena itu, studi ini menggaris-bawahi rekomendasi saat ini mengenai konsumsi makanan yang berdasarkan nabati, kendati temuan tersebut masih harus dikonfirmasi dalam studi lain untuk menghasilkan kesimpulan yang tegas."


Obat Baru yang efektif bagi penderita Pengeroposan Tulang atau Osteoporosis.

Para ilmuwan telah berhasil menemukan obat baru untuk Osteoporosis, pengobatan yang dilakukan satu kali dalam setahun itu, menurut hasil penelitian, secara signifikan bisa mengurangi resiko kerapuhan tulang akibat osteoporosis pada wanita pasca menopause.

Dibandingkan dengan pill tanpa isi, yang digunakan sebagai pembanding dalam studi ini, obat Aclasta mengurangi resiko patah pada tulang pinggul sebesar 41% dan patah pada tulang belakang sebesar 70%.

Di Inggris, osteoporosis setiap tahunnya menyebabkan 60.000 kasus patah tulang pinggul dan 120.000 kasus patah tulang punggung, yang kebanyakan diderita oleh wanita yang sudah menopause. Dan jumlah ini terus meningkat.

Studi ini diterbitkan di Jurnal Kedokteran New England.

Para peneliti mengatakan Aclasta, yang secara teknis dikenal dengan nama asam zoledronic, bisa menjadi alternatif dari obat-obatan bisphosphonate, yang biasanya dalam bentuk pill yang harus diminum setiap hari.

Keponakan Saya (My Nephew) - Rafael Mariano Tupan (Ape)


Anjing Saya (Goldi) lagi boker.

Anda ingin menyumbangkan uang anda kepada mereka yang sakit dan tidak mampu?

Bagi Anda yang ingin berbagi kasih turut membantu meringankan beban saudara-saudara kita, Jalinan Kasih RCTI dapat menjadi jembatan yang tepat untuk menghubungkan Anda dengan mereka. Salurkan bantuan Anda melalui rekening Jalinan kasih - Bank BCA Cabang Pasar Minggu no rek: 128-308-8000 a.n Jalinan Kasih – RCTI.

Masyarakat tidak mampu yang telah dibantu oleh program Jalinan Kasih RCTI dalam membiayai pengobatan keluarganya berasal dari berbagai kota, antara lain Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Palembang dan Nusa Tenggara Barat, dengan jenis penyakit yang beragam, seperti Atresia Ani (tidak memiliki saluran pembuangan), Hydrocephalus, TBC Tulang, Hirschprung (penyempitan saluran pembuangan), kelainan jantung, kista Ovarium, hernia, hemangioma (tumor pembuluh darah), katarak congenital, meningocele (tumor selaput otak yang menonjol keluar) , bibir sumbing, dan lain-lain, serta pengadaan alat bantu dengar, kaki palsu, kursi roda, protesa mata (mata palsu), dan lainnya.

Dalam melaksanakan bantuan pengobatan tersebut Jalinan Kasih bekerjasama dengan beberapa rumah sakit di Jakarta, Bogor, Tangerang, Serang, Bandung, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Surabaya dan Palembang.

Selain bantuan yang diberikan secara rutin setiap bulan kepada yang memerlukan, Jalinan Kasih RCTI bekerjasama dengan beberapa rumah sakit juga membuat program bakti sosial operasi gratis bibir sumbing & hernia, antara lain di kota Jakarta, Yogyakarta, Surabaya dan Semarang, masing-masing 100 orang sekaligus untuk setiap kota.


Penyakit LUPUS

Lupus merupakan penyakit otoimun yang telah tersebar luas dan dapat menyebabkan sistem imunitas tubuh berbalik menyerang jaringan dan organ tubuh kita sendiri.

”Beberapa organ tubuh yang bisa terkena adalah ginjal, jantung, paru-paru, otak, darah, atau kulit,” kata Prof Zubairi Djoerban dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Umum Pusat Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Sistem imunitas tubuh biasanya melindungi tubuh kita dari virus, bakteri, dan jaringan dari luar lainnya. Dalam kondisi otoimun seperti lupus, sistem imunitas tubuh ini kehilangan kemampuan membedakan mana substansi dari luar dan yang merupakan jaringan dan sel itu sendiri. ”Akibatnya, sistem imunitas ini malah membuat antibodi yang menyerang sel sehat dalam tubuh,” ujarnya.

Secara global, diperkirakan terdapat 5 juta orang dengan lupus. Di Amerika Serikat, terdapat 1,2 juta orang yang terkena lupus. Adapun di Indonesia, jumlah kasus lupus yang tercatat mencapai 8.693 orang hidup dengan lupus (odapus) atau meningkat dua kali dibandingkan dengan tahun 2004. Jumlah ini diyakini adalah puncak gunung es karena banyak odapus tidak terdiagnosis.

Menurut suatu survei, 9 dari 10 odapus adalah perempuan. Lupus terdapat dalam dua sampai tiga kasus lebih banyak pada ras Afrika, Asia, Hispanik, dan Amerika asli. Lupus terdeteksi lebih banyak pada masa produktif yaitu usia 15-44 tahun.

Sejauh ini, hanya 10 persen dari odapus yang memiliki saudara dekat (orangtua atau saudara) yang juga terkena atau mungkin terserang lupus. Hanya sekitar 5 persen dari bayi yang dilahirkan oleh odapus kemungkinan akan terkena penyakit ini.

Lupus tak menular, langka, bersifat seperti kanker. Belum diketahui secara pasti penyebab lupus. Namun, para peneliti meyakini faktor genetik meningkatkan risiko terkena lupus. Faktor lingkungan juga bisa memicu lupus di antaranya infeksi, obat-obatan, sinar ultraviolet, bahan kimia, stres, dan hormon.

Sejauh ini ada beberapa tipe lupus. Meski tampak serupa, tiap tipe lupus punya perbedaan gejala dan pengobatan. Menurut situs Mayoclinic, systemic lupus erythematosus dapat menyerang beberapa bagian tubuh termasuk kulit, paru-paru, ginjal, dan darah. Adapun discoid lupus erythematosus hanya menyerang kulit.

Tipe lain adalah drug induced lupus erythematosus yang terjadi setelah penderita mengonsumsi obat. Gejala lupus hilang begitu penderita berhenti memakai obat penyebab lupus. Sementara itu, neonatal lupus menyerang bayi baru lahir.

Berbeda

Lupus dikenal sebagai penyakit dengan seribu wajah sehingga menyulitkan proses diagnosis. Tidak ada dua kasus lupus yang serupa. Hal tersebut disebabkan organ tubuh yang diserang antibodi dalam tubuh bisa beragam dan itu juga menimbulkan manifestasi klinis berbeda.

Sinyal dan gejala berkembang perlahan atau kadang akut, bisa sementara atau permanen, tergantung dari organ tubuh mana terserang. Gejalanya dapat tersamar, bahkan bisa masuk masa remisi hingga mencapai beberapa tahun sebelum terdiagnosis.

Beberapa gejala yang dijumpai adalah sakit pada sendi, demam, sendi bengkak, lelah berkepanjangan, ruam pada kulit, anemia, dan gangguan ginjal. Sejumlah gejala lain adalah sakit di dada saat tarik napas dalam, ruam bentuk kupu-kupu melintang pada pipi dan hidung, sensitif pada matahari atau sinar, rambut rontok, jari jadi putih atau biru saat dingin, stroke, dan sariawan.

Lupus bisa menyebabkan trombosit jadi rendah, sakit kepala, stroke, dan keguguran. Penyakit otoimun ini juga bisa menyebabkan gangguan pembuluh darah kecil. ”Lupus mengganggu mekanisme pembekuan darah, darah mudah membeku yang menyebabkan stroke,” ujarnya.

”Lupus sulit didiagnosis. Bila perempuan muda sakit dan tak juga sembuh meski bolak-balik berobat ke dokter, ia patut diduga kena lupus,” kata Zubairi. Sebagai contoh, penderita didiagnosis demam berdarah karena trombositnya rendah dan ada bercak merah, tetapi tak juga pulih.

Pengobatan

Pada mayoritas odapus, pengobatan yang efektif dapat meminimalkan gejala, mengurangi inflamasi, serta menjaga fungsi tubuh secara normal. Pendekatan pengobatan berdasar pada kebutuhan spesifik serta gejala pada tiap orang karena gejala dan karakteristik lupus sangat beragam pada tiap individu.

Oleh karena itu, evaluasi dan kontrol medis menyeluruh dan berkelanjutan penting untuk memastikan ketepatan diagnosis dan pengobatan. ”Terapi yang diberikan tergantung dari organ mana yang terkena dan tingkat keparahannya,” kata Zubairi.

Pada umumnya, obat yang diberikan termasuk obat nonsteroidal antiinflammatory, kortikosteroid, acetaminophen, antimalaria dan immunomodulating. ”Pada era 1980-an, tingkat kematian penderita lupus tinggi. Kini angka kematiannya di bawah 10 persen total kasus,” ujarnya.

--------------------------------------------------

Obat / Suplemen alami untuk menyembuhkan penyakit Lupus adalah Jelly Gamat (dosis 2 sendok makan x 3 sehari), bisa ditambah dengan Spirulina.

Kebahagiaan Sejati

Kebahagiaan sejati adalah sebuah kepuasan yang timbul di dalam hati jika kita bisa mengasihi Allah dan mengasihi sesama manusia.