Jumat, Juli 31, 2009

Bank SWIFT Code

Bank name Bank Swift Code
ABN AMRO Bank ABNAIDJA
Bank Artha Graha ARTGIDJA
Bank Bumiputera Indonesia BUMIIDJA
Bank Buana Indonesia BBIJIDJA
Bank Danamon BDINIDJA
Bank Niaga BNIAIDJA
Bank Negara Indonesia (BNI) BNINIDJA
Bank Rakyat Indonesia (BRI) BRINIDJA
Bank Bukopin BBUKIDJA
Bank Central Asia (BCA) CENAIDJA
Hongkong and Shanghai Banking (HSBC): HSBCIDJA
Bank Internasional Indonesia (BII) IBBKIDJA
Bank Indonesia INDOIDJA
Lippobank LIPBIDJA
Bank Permata BBBAIDJA
Bank Commonwealth: BICNIDJA


Usually the swift code for the bank office in other branch or city is the same with the one used by the head office.

If you cant find your bank swift code above, then you can use this free online tools where you can use to search for the swift code of some financial institution. You can check it from here: Search for Swift code

Rabu, Juli 29, 2009

Nigerian Troops Battle Islamic Militants in North


29 July 2009


Police stand alongside bodies of dead Islamic militants, on street in front of police headquarters in Maidugiri, 29 Jul 2009
Police stand alongside bodies of dead Islamic militants, on street in front of police headquarters in Maiduguri, 29 Jul 2009
Reports from northern Nigeria say fighting is continuing in the region between government forces and a radical Islamic sect.

Police sources say the latest clashes Wednesday have been centered in the regional capital of Maiduguri.

On Tuesday, government forces in the city shelled the home of Mohammed Yusuf, the leader of the group thought to be behind a series of deadly attacks across the region that have killed at least 150 people.

The Boko Haram sect - the so-called "Nigerian Taliban" - is believed to be responsible for attacks on police and government officials across the region.

The continued fighting comes after Nigerian President Umaru Yar'Adua told reporters late Tuesday that the situation was under control.

The violence began Sunday when the group attacked a police station in Bauchi state following the arrest of some of their leaders.

The clashes spread across the states of Yobe, Kano and Borno, with the city of Maiduguri bearing the brunt of the fighting. Authorities say the militants also have burned several churches across the region.

The Boko Haram group opposes Western culture and wants to establish a strict Islamic state across all of Muslim-dominated northern Nigeria.

A dozen of Nigeria's 36 states have introduced strict Islamic Sharia law in the past decade. The country is roughly evenly divided between Christians and Muslims, with Islam predominant in the northern part of the country. Periodic clashes between the two populations have left thousands of people dead in recent years.

On Tuesday, United Nations Secretary-General Ban Ki-moon voiced alarm over the deadly clashes. A spokesperson for Mr. Ban said the U.N. chief condemned the "unnecessary loss of human life" and property destruction as a result of the militant attacks.

Jakarta Hotels Reopen After Suicide Attacks


29 July 2009

An Indonesian man walks past by the Ritz-Carlton hotel in Jakarta, Indonesia, 29 Jul 2009
An Indonesian man walks past by the Ritz-Carlton hotel in Jakarta, Indonesia, 29 Jul 2009
Two luxury hotels in the Indonesian capital of Jakarta reopened for guests Wednesday, nearly two weeks after they were targeted in a deadly suicide bombing attack.

Officials say more stringent security measures are in place at the hotels.

Nine people were killed and more than 50 injured when the bombs ripped through the J.W. Marriott Hotel and the nearby Ritz-Carlton Hotel within minutes of each other on July 17. Two suicide bombers were among the dead.

Authorities believe the blasts are the work of Malaysian extremist Noordin Top, suspected of masterminding several terrorist attacks as a member of the al-Qaida-linked Jemaah Islamiyah network.

Police have released sketches of the suicide bombers, and have arrested a man suspected of training to be a suicide bomber. It is not clear whether he is suspected of involvement in the Jakarta bombings.

Jemaah Islamiyah has been blamed for a series of deadly attacks in Indonesia over the last few years, including two bombings on the Indonesian resort island of Bali in 2002 and 2005.

Beredar - Surat Dari Pihak Pengebom Hotel Ritz Carlton dan JW Marriott

Hampir dua pekan setelah terjadikan ledakan bom di Hotel JW Marriot dan Ritz-Carlton di kawasan Mega Kuningan, Rabu (29/7) ini beredar pengakuan dari pihak yang mengaku sebagai pihak yang bertanggung jawab atas peledakan yang menewaskan sembilan orang tersebut.

Di akhir surat yang beredar di internet ini tertera nama "Amir Tandzim Al Qo'idah Indonesia Abu Muawwidz Nur Din bin Muhammad Top Hafidzohullah".

Inti surat ini adalah pihak ini menyatakan diri bertanggung jawab atas pengeboman Hotel JW Marriot dan Hotel Ritz-Carlton, Jumat (17/7), yang menewaskan sembilan orang dan menyebabkan puluhan orang terluka. Ini pernyataan lengkapnya:

------------------------------------------

KETERANGAN RESMI DARI TANDZIM AL QO'IDAH INDONESIA
ATAS AMALIYAT JIHADIYAH ISTISYHADIYAH
DI HOTEL RIZT CALRTON JAKARTA

Ini adalah keterangan resmi dari Tandzim Al Qo'idah Indonesia untuk ummat Islam dengan Amaliyat Jihadiyah Istisyhadiyah di Hotel Rizt Calrton Jakarta, pada hari Jum'at pagi, tanggal 17 juli 2009 M./24 Rojab 1430 H. yang dilakukan oleh salah satu ikhwah mujahidin terhadap antek-antek Amerika yang berkunjung di Hotel tersebut.

Sesungguhnya Allah menganugerahkan kepada kami jalan untuk menyerang Hotel termegah yang dimiliki oleh Amerika di Ibukota Indonesia di Jakarta, yaitu Rizt Calrton. Yang mana penjagaan dan pengamanan di sana sungguh sangatlah ketat untuk dapat melakukan serangan seperti yang kami lakukan pada kali ini.

"Mereka membuat Makar dan Allah pun membuat Makar. Dan Allah itu Maha Pembuat Makar". (QS. Ali Imron : 54).

Adapun sasaran yang kami inginkan dari amaliyat ini adalah :

1. Sebagai Qishoh (pembalasan yang setimpal) atas perbuatan yang dilakukan oleh Amerika dan antek-anteknya terhadap saudara kami kaum muslimin dan mujahidin di penjuru dunia

2. Menghancurkan kekuatan mereka di negeri ini, yang mana mereka adalan pencuri dan perampok barang-barang berharga kaum muslimin di negeri ini

3. Mengeluarkan mereka dari negeri-negeri kaum muslimin. Terutama dari negeri Indonesia

4. Menjadi pelajaran buat ummat Islam akan hakikat Wala' (Loyalitas) dan Baro' (Permusuhan), terkhusus menghadapi datangnya Klub Bola MANCHESTER UNITED (MU) ke Hotel tersebut. Para pemain itu terdiri dari para salibis. Maka tidak pantas ummat ini memberikan Wala'nya dan penghormatannya kepada musuh-musuh Allah ini

5. Amaliyat Istisyhadiyah ini sebagai penyejuk dan obat hati buat kaum muslimin yang terdholimi dan tersiksa di seluruh penjuru dunia

Yang terakhir...bahwasanya Amaliyat Jihadiyah ini akan menjadi pendorong semangat untuk ummat ini dan untuk menghidupkan kewajiban Jihad yang menjadi satu-satunya jalan untuk menegakkan Khilafah Rosyidah yang telah lalu, bi idznillah.

Dan kami beri nama Amaliyat Jihadiyah ini dengan : "SARIYAH JABIR"


Amir Tandzim Al Qo'idah Indonesia
Abu Mu'awwidz Nur Din bin Muhammad Top
Hafidzohullah

-------------------------------------------------

(Warta-Kota)

Ratusan Orang Tewas Akibat 2 Hari Kerusuhan Di Nigeria

















MAIDUGURI -
Pemerintah Nigeria memperketat pengamanan di wilayah utara menyusul dua hari kerusuhan yang menewaskan sedikitnya 100 orang.

Tentara telah mempersiapkan penghalang jalan dan memberlakukan jam malam di kawasan Yobe, Kano, Borno dan negara-negara bagian di dataran tinggi.

Kaum militan Islam tengah bersiap melakukan serangan di sejumlah kantor pemerintah dan pos-pos polisi. Dilaporkan sekelompok pemuda bersenjatakan parang dan senjata api secara acak membunuh para perwira polisi dan warga sipil.


Kepolisian dan militer Nigeria telah diperintahkan untuk menggunakan segala cara demi mencegah meluasnya aksi kekerasan seperti dilaporkan wartawan BBC di Lagos Caroline Duffield.
Para saksi mata mengatakan kepada BBC bahwa sejumlah kantor polisi telah diserang dan banyak warga sipil ditarik begitu saja dari mobil mereka kemudian dibunuh.

Kota Maiduguri Negara Bagian Borno menderita kerusakan paling parah akibat kerusuhan.
Di kota ini, jenazah warga dan kaum militan tergeletak begitu saja di luar kantor polisi dan di ruas-ruas jalan kota itu.

Laporan reporter BBC memperkirakan jumlah jenazah mencapai 100 orang. Sejumlah anggota kelompok militan diyakini adalah pendukung seorang ulama asal Maiduguri, Mohammad Yusuf yang mengatakan sistem pendidikan barat tidak sesuai dengan ajaran Islam.


Kepolisian Nigeria kini tengah mencari Mohammad Yusuf. Hingga tadi malam, tembak menembak dilaporkan masih terus terjadi di Maiduguri. Sebelumnya, sejumlah saksi mata mengatakan pada BBC sebuah pertempuran pecah selama beberapa jam di Potiskum, Negara Bagian Yobe.


Sejumlah bangunan dan sebuah kantor polisi dikabarkan mendapat serangan. Serangan terhadap kantor polisi juga terjadi di Wudil, sekitar 20 kilometer dari Kano, kota terbesar di Nigeria Utara. Kondisi keamanan juga dikabarkan memburuk di kawasan dataran tinggi di selatan Bauchi, di mana tahun lalu ratusan orang tewas akibat bentrokan antara warga Muslim dan Kristen.

Para pengikut Mohammad Yusuf dikenal dengan sebutan Boko Haram yang artinya "Pendidikan terlarang".
Para pemuda mulai menyerang kantor-kantor polisi pada hari Minggu setelah sejumlah pengikut Mohammad Yusuf ditahan. Laporan mengatakan Boko Haram menimbulkan kecurigaan dalam proses rekrutmen terhadap para pemuda. Selain itu, kepercayaan mereka bahwa pendidikan barat, budaya dan ilmu pengetahuan adalah sebuah dosa.

Kantor berita Reuters melaporkan salah satu pemimpin kelompok ini ditahan di Kano dan para pengikutnya melawan demi mempertahankan kepercayaan mereka. "Bahkan jika saya ditangkap, akan banyak lagi yang melanjutkan pekerjaan saya," kata Abdulmuni Ibrahim Mohammed sang pemimpin.


Syariah Islam diberlakukan di seluruh kawasan utara Nigeria, namun tak ada catatan aksi kekerasan yang terkait Al Qaeda terjadi di Nigeria. Dari 150 juta warga Nigeria jumlah pemeluk Islam dan Kristen hampir sama banyaknya. Kedua kelompok ini secara umum hidup damai berdampingan, meski di beberapa kawasan kerap muncul aksi kekerasan.
(Kompas)

LinkBucks - Pay Per Click Affiliate Program

Linkbucks is the first Internet advertising network to recognize that the interplay between websites and web users is the foundation of a successful viral campaign. Our network brings web users, websites, and marketers together in a way that is beneficial to everyone.

Just create a paying link, paste the code on your website, and watch the money add up as people click on your links.

LinkBucks allows you to make cash from the links your users post, from the links you place on your website, or from the posts you make in a forum. It is simple and easy to get started making money today.

  • Earnings: Unlimitted
  • Tiers: 3
  • Method of Payment: Paypal
  • Pay Date: Twice a month
  • Minimum Payout: 5$

Senin, Juli 27, 2009

Marshanda (Foto)



Belo - Memiliki 86 Istri dan 170 Anak

[Nigeria] - Coba Anda bayangkan bagaimana rasanya jika memiliki istri 86 orang dan punya 170 anak? Itulah yang dialami Mohammed Belo Abubakar yang menikahi 86 perempuan dan memiliki 170 anak. Kendati demikian, Belo menyarankan agar pria lain tidak mengikuti jejaknya.

"Hanya karena bantuan Tuhan saya bisa mengatasi persoalan keluarga," kata Belo.

Dia mengaku bahwa para perempuan itulah yang mendatangi dirinya dan minta dikawini. Menurut Belo, mereka minta dikawini lantaran kemampuan dirinya yang bisa menyembuhkan beragam penyakit. "Saya hanya berpikir bahwa Allah telah menakdirkan saya menjadi begini," ujar Belo, seperti dilansir Konseling.net.

Sebagian besar istri-istri Belo adalah seperempat usianya. Dan bahkan beberapa di antaranya lebih muda dari anaknya sendiri.

Surat kabar Nigeria ramai membicarakan Belo. Sementara Belo sendiri dikabarkan setuju untuk memulangkan 82 istrinya kepada keluarga mereka, karena dalam agama Islam, seorang pria bioleh menikahi empat perempuan asalkan dalam kondisi mendesak dan bisa berlaku adil.

Tetapi, berita tersebut justru dibantah oleh Mohammed Tahir, juru bicara Belo Abubakar. "Belo tidak akan menceraikan istri-istrinya, dan bahkan Belo akan menikah lagi," ujar Tahir.

Koran-koran Nigeria pun mewawancarai Belo Abubakar beberapa waktu lalu, saat dia menyatakan bahwa tidak ada ada ketentuan di dalam Al-Quran yang berisi larangan memiliki istri lebih dari empat orang. Dalam wawancara dengan BBC, Belo Abubakar mengemukakan bahwa Allah telah memberinya kekuasaan untuk mengontrol 86 istrinya.

Meski demikian, pihak otoritas Islam Nigeria, Dewan Agung Nigeria Urusan Islam (NSCIA), mengeluarkan kecaman kepada Belo yang dianggap melakukan perbuatan sirik karena menyatakan diri dapat berbicara dengan Allah.

"Sultan mendesak kaum Muslimin agar jangan menghiraukan kelakuan Bello Abubakar yang melanggar syariah Islam, yang hanya memperbolehkan seorang pria beristri empat saja," kata salah seorang anggota NSCIA.

Minggu, Juli 26, 2009

KTP Elektronik/Microchip Tahun 2011

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meluncurkan KTP elektronik tahun 2011. Penerbitan KTP elektronik bertujuan untuk mengurangi penyimpangan identitas seperti pemalsuan KTP atau KTP ganda.

"Ini juga sesuai dengan Perpres No 26/2009 tentang KTP Elektronik. Perpres itu bersifat mendesak sehingga pembuatan KTP elektronik dipercepat," ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta Franky Mangantas.

Nantinya, data penduduk dapat diakses secara online sehingga diharapkan dapat mengurangi pemalsuan. Pelanggaran dikenai sanksi sesuai UU No.23/2006 tentang Administrasi dan Kependudukan. Pasal 89 UU menyatakan warga yang tidak memiliki KTP dikenakan denda administratif senilai Rp1 juta bagi WNI dan Rp 2 juta bagi WNA. Memiliki KTP namun tidak membawa saat bepergian didenda Rp 50 ribu.

Pasal 93 menyatakan bahwa penduduk yang memalsukan surat dan atau dokumen kepada instansi pelaksana dalam melaporkan peristiwa kependudukan dan peristiwa penting dipidana paling lama enam tahun dan atau denda paling banyak Rp 50 juta.

Franky menyebut penerbitan KTP elektronik membutuhkan kerja sama dengan daerah lain dalam menyediakan data kependudukan. "Sesuai petunjuk kependudukan dari Mendagri, setiap daerah mempunyai nomor register. Dengan begitu akan diketahui KTP itu asli atau palsu salah satunya dengan mengetahui nomor register setiap daerah berbeda-beda," katanya.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengatakan bahwa DKI Jakarta siap menjadi pilot project penerbitan KTP elektronik. Oleh karenanya, gubernur mengimbau agar warga tidak menggunakan calo dalam pembuatan KTP apalagi memalsukan KTP.

"Saya tegaskan pembuatan KTP gratis. Tidak ada pungutan jika memang pemohon datang langsung ke kelurahan," katanya. (Warta Kota)

Sabtu, Juli 25, 2009

Hasil Resmi Pemilihan Presiden 2009 dari KPU

Hasil Pilpres 2009 dari KPU menyatakan:
  1. Megawati - Prabowo -> 26,79 %
  2. SBY - Budiono -------> 60,80 %
  3. JK - Wiranto -------- > 12,41 %

Pisang Turunkan Resiko Stroke

Pisang adalah buah yang banyak mengandung potasium yaitu mineral yang berfungsi menstabilkan detak jantung, otak, dan proses fisiologi penting lainnya. Cukup makan pisang bisa ikut menurunkan risiko terkena stroke. Peneliti dari Tulane University menemukan bahwa orang yang kurang mengkonsumsi potasium bisa meningkatkan risiko terkena stroke hingga 28 persen dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi potasium dengan cukup.

Seseorang dianjurkan untuk mengkonsumsi sekitar 2.300 mg potasium perhari. Sedangkan yang sering ditemukan, orang hanya mengkonsumsi kurang lebih 1.500 mg potasium per hari.

Pada pisang ditemukan kandungan potasium yang tinggi sebesar 400 mg yang setara dengan segelas orang juice atau kentang kukus.

"Meskipun belum dapat dipastikan dengan jelas bagaimana potasium bisa mencegah stroke, namun potasium berhubungan dengan tekanan darah yang menjadi kuncinya. Ini disebabkan potasium bisa membuat rileks pembuluh darah sehingga bisa mencegah tekanan darah tinggi dan juga membantu mengeluarkan sodium dari darah," ujar ahli stroke Dr. Mitchell Elkind yang dilansir Health24, Jumat (24/7/2009).

"Orang yang mengkonsumsi potasium bisa menggantikan sodium yang dapat menurunkan tekanan darah, yang memungkinkan tekanan darah turun sehingga risiko stroke akan berkurang," ujar Elkind, ahli saraf dari Columbia Presbyterian Medical Center.

"Karena faktor terkena risiko stroke bukan dari tekanan darah saja ada beberapa faktor lain yang juga berpengaruh. Jadi lebih baik konsumsi potasium dan menjalankan gaya hidup yang lebih sehat adalah faktor penting untuk mengurangi risiko stroke," tambahnya.

Penelitian ini melibatkan 9.800 masyarakat Amerika baik laki-laki maupun perempuan. Partisipan diamati total kalori yang masuk dan makanan apa saja yang dikonsumsi. Dengan menggunakan rekam medis dan surat kematian, peneliti mendapatkan informasi untuk stroke dan penyakit kardiovaskular yang dialami oleh partisipan.

Setelah diamati selama 19 tahun, didapat 927 partisipan menderita stroke sedangkan 1.847 diduga menderita penyakit jantung. Setelah dibandingkan didapati hubungan antara stroke dan konsumsi potasium.

"Partisipan yang mengkonsumsi sedikit potasium per hari (sekitar 1.500 mg) memiliki risiko terkena stroke dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi potasium yang cukup," ujar Lydia Bazzano, Ketua peneliti dan ahli epidemiologis.

Jadi, tidak ada salahnya untuk memasukkan pisang sebagai buah yang harus dikonsumsi secara teratur setelah makan besar. Selain bagus untuk tubuh kandungan potasiumnya juga bisa mengurangi risiko terkena stroke. (Detik)

Test Kesehatan Untuk Usia 30 Tahun Ke atas

Wanita dan pria usia 30 tahun ke atas biasanya mulai rentan dihinggapi berbagai penyakit yang menakutkan. Beberapa penyakit disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Ada baiknya orang di atas usia 30 tahun melakukan beberapa tes untuk mencegah atau mendeteksi penyakit secara dini.

Beberapa tes yang bisa dilakukan seperti dikutip dari Health, Jumat (24/7/2009) adalah:

Cek kesehatan jantung
Cek ini meliputi pemeriksaan tekanan darah dan tes darah. Tes darah untuk melihat kolesterol LDL (jahat) dan HDL (baik), trigliserida dan kadar kolesterol total. Jika memiliki riwayat penyakit jantung pada keluarganya, direkomendasikan untuk melakukan tes high-sensitivity CRP (hs-CRP) yang mengukur inflamasi sebagai indikator kesehatan jantung. Tes ini untuk mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Jika tekanan darah normal, lakukan pemeriksaan setiap dua tahun, untuk tes kolesterol dilakukan setiap lima tahun. Sedangkan untuk pemeriksaan hs-CRP konsultasikan dahulu dengan dokter. Untuk melakukan tes lipid sebaiknya puasa dahulu selama 9-12 jam.

Pemeriksaan mata
Pemeriksaan ini untuk mengetahui adakah gejala glaukoma, katarak serta komplikasi akibat diabetes dan tekanan darah tinggi. Sebaiknya pemeriksaan dilakukan setiap 3 tahun, kecuali jika mempunyai riwayat penyakit mata, diabetes, tekanan darah tinggi atau penggunaan lensa kontak maka pemeriksaannya lebih sering.

Cek diabetes
Pemeriksaan ini untuk mengetahui kadar gula darah apakah berisiko terkena diabetes atau tidak. Tes ini bisa dilakukan setiap tiga tahun. Tapi bisa dilakukan lebih cepat jika memiliki obesitas atau memiliki faktor risiko seperti kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi atau riwayat keluarga yang menderita diabetes. Sebaiknya tidak makan atau minum 8 jam sebelum pemeriksaan.

Cek vitamin D
Pemeriksaan ini untuk mengetahui kandungan vitamin D yang bisa melindungi tulang. Untuk mendapatkan vitamin D yang cukup bisa mengkonsumsi salmon, kuning telur, dan susu.

Cek colonoscopy
Pada pemeriksaan ini dokter akan memsukkan selang yang fleksibel dengan kamera kecil yang akan berakhir di usus besar untuk memeriksa adanya polip atau tidak (daging kecil yang tumbuh yang bisa menjadi kanker). Sebaiknya tes ini dilakukan setiap 5-10 tahun sekali, kecuali jika mempunyai riwayat keluarga. Jika takut untuk melakukannya dengarkanlah musik favorit, karena musik bisa membantu megurangi kecemasan dan ketakutan.

Cek Tyroid
Pemeriksaan ini untuk mengetahui kadar thyroid-stimulating hormone (TSH). Kadar TSH yang tinggi bisa menyebabkan kulit kering, kecemasan, kuku yang gampang rapuh, sedangkan jika kadarnya rendah bisa menimbulkan insomnia, kehilangan berat badan dan perubahan aktifitas. Sebaiknya periksakan setiap 5 tahun dan bisa dimulai di usia 35 tahun.

Sedangkan untuk wanita ada 2 tes lagi yang diperlukan yaitu:

Cek ginekologi lengkap
Cek ginekologi ini meliputi pemeriksaan tulang panggul untuk mengetahui ada atau tidaknya pertumbuhan yang tidak normal, pemeriksaan payudara untuk mengidentifikasi adanya gejala yang mencurigakan serta pemeriksaan puting susu dan tes Pap smear untuk mengidentifikasi kanker serviks (mulut rahim). Untuk mendapatkan hasil tes pap smear sebaiknya hindari melakukan hubungan seks dan penggunaan obat-obatan pada vagina satu atau dua hari sebelum pemeriksaan.

Cek mammogram Tes ini untuk menscreening kanker payudara dengan menggunakan X-ray. Tes ini menurut National ancer Institute memberikan hasil yang lebih baik pada usia muda dibandingkan dengan wanita usia 50 tahun keatas. Sebaiknya pemeriksaan ini dilakukan pada usia 40 tahun, namun jika ibu atau saudara perempuan menderita kanker payudara maka bisa dilakukan pemeriksaan ini 5-10 tahun lebih awal. Pada saat pemeriksaan sebaiknya menghindari penggunaan deodoran, parfum, atau bedak karena residunya bisa bertentangan dengan X-ray.

(Detik)

Penelitian Tentang Proses Kematian

Hasil penelitian tentang mengalami kematian yang dilakukan oleh para ilmuwan Barat semakin bisa diterima masyarakat luas. Kesimpulannya, kematian (bukan dalam kasus bunuh diri) tidak seburuk yang dibayangkan banyak orang, justru membuat mereka damai dan bahagia....

Penelitian terhadap pengalaman mendekati kematian berawal dari ahli geologi Swiss bernama Albert Heim (1849-1937) yang pernah mengalami mati suri. Pada akhir abad 19 awal abad 20, dari pengalaman dirinya yang satu kali mengalami, dia mulai meneliti pengalaman mendekati kematian. Albert Heim suka mendaki gunung, pada suatu ketika, saat dia sedang mendaki di pegunungan Alpen, angin ribut datang dan ia jatuh ke dalam jurang.

"Seakan-akan di sebuah pentas yang mempunyai suatu jarak dari saya, saya melihat berbagai macam bentuk yang muncul pada diriku dan seluruh masa lalu. Saya mendapati bahwa saya merupakan pemeran utama sandiwara ini. Setiap hal sepertinya telah diperindah oleh cahaya surgawi, tidak ada kesedihan dan kegelisahan, segalanya begitu indah. Kenangan pengalaman menyedihkan yang pernah kualami tampak begitu jelas, namun tidak mendatangkan rasa sedih. Tidak ada konflik dan kontradiksi, konflik telah berubah menjadi cinta kasih. Ideologi yang luhur dan harmonis telah mendominasi dan menyatukan kesan tersendiri. Suatu perasaan damai yang kudus bagaikan musik menakjubkan menyapu bersih sukmaku."

Albert Heim akhirnya selamat, namun pengalaman kali itu mendorong Albert Heim melakukan penelitian yang luas terhadap orang yang pernah mengalami hal seperti ini, termasuk prajurit yang terluka dalam perang, buruh bangunan yang terjatuh dari gedung, serta nelayan yang hampir mati tenggelam, dan sebagainya. Pada 1892, dalam makalah penelitiannya dikemukakan bahwa hasil penelitian dari 30 orang yang hidup kembali dari kematian, sebanyak 95% orang mengatakan merasa tenang dan gembira dalam proses mendekati kematian itu. Dia bahkan menemukan bahwa pengalaman yang mereka alami sangat mirip. Banyak aktivitas kesadaran yang berlalu dengan sangat cepat, kemampuan luar biasa mengetahui sebelumnya, menyadari waktu yang berpencar-pencar, dengan kecepatan penuh mengingat kembali selamanya, menyaksikan pemandangan indah yang supernatural, telinga menangkap kumandang nyanyian surga yang merdu. "Tidak ada sedikit pun kesedihan, juga tidak merasakan adanya bahaya kecil yang mungkin menimbulkan kengerian dahsyat...., tidak ada ketegangan, kecewa, dan derita; yang ada hanya kesungguhan, kepasrahan menerima: kesadaran yang jelas dan bergerak dengan kecepatan tinggi.

Penelitian Heim seakan-akan bagaikan katalisator yang kuat, membuat banyak peneliti maju ke depan mengikuti langkahnya. Pada 1903, pengarang Inggris F.W.H. Maels menyelesaikan dua jilid bukunya tentang "sifat manusia dan segala yang tersisa pada saat kematian"; selanjutnya tahun 1907, Toms H. Hanslob menerbitkan disertasinya di Amerika tentang "Halusinasi Orang yang Hampir Mati", yang berpengaruh sangat besar. Pada 1926, telah terbit "Halusinasi Menjelang Ajal" dari fisikawan terkenal Inggris. Pada saat itu, penelitian menjelang ajal memperoleh dukungan yang sangat luas.

Sejak 1959, lembaga peneliti spiritual Amerika Karlis Osis melalui ratusan analisa yang cermat berdasarkan catatan pengalamam proses kematian pasien, mulai melanjutkan penelitian Heim. Pada 1972, di bawah bantuan psikolog E. Haraldson dari Islandia, dia bahkan melampaui suku bangsa dan batas kebudayaan, memperluas penelitiannya hingga ke India. Mereka bekerja sama dan telah menerbitkan sebuah buku berjudul At the Hour of Death, 1972.

"Meskipun banyak sekali pasien dalam kondisi lupa dan tanpa sadar, namun tetap mempunyai daya pertahanan tingkat kesadaran paling akhir. Mereka mengatakan "sudah bertemu", dan datang ke dunia serta bisa memberitahu pengalaman mereka menjelang ajal. Mereka bertemu dengan roh sanak-saudara dan teman yang sudah meninggal, bertemu dengan tokoh agama dan tokoh-tokoh yang terdapat dalam legenda, melihat cahaya roh, warna-warna kontras yang indah dari lingkungan tak ternoda. Semua pengalaman ini mempunyai daya pengaruh kuat, memberikan mereka kedamaian, ketenangan, kenyamanan, dan perasaan kerohaniahan. Penderita secara unik telah mengalami kematian yang indah, ini bertolak belakang dengan pendapat umum bahwa kematian adalah kegelapan dan kepedihan.

Abad ke-20 pada tahun 70-an, profesor psikiatri Universitas Iowa Rushel Nois Jr. dan rekannya Loui Clark secara bersama-sama telah meneliti secara luas tentang gambaran yang diberikan oleh orang yang mendekati kematiannya, dan juga telah melakukan penelitian terhadap otobiografi yang dipaparkan masing-masing orang, di antaranya termasuk psikolog terkenal dari Swiss, ahli analisis jiwa Karl G. Jung. Pada tahun 1944, dikarenakan penyakit jantung, Karl merasakan hampir mati, karena itu dia mengubah pemahamannya terhadap kesadaran manusia, dia menulis bahwa hal yang terjadi setelah mati adalah luar biasa indah dan cemerlang, dan tak terlukiskan, perasaan dan daya imajinasi kita tak dapat melukiskan garis besarnya.

Antara tahun 1972-1974, Doktor Raymond Moody dari Universitas Nevada AS telah menghimpun 150 contoh nyata pengalaman mendekati kematian, dari contoh tersebut disimpulkan unsur pokok NDE yang paling umum: melayang meninggalkan tubuh; melewati terowongan gelap; naik ke atas dengan seberkas cahaya; berjumpa dengan teman dan sanak saudara; melihat kembali seluruh kehidupan yang telah dijalani; tidak rela kembali ke tubuh; ketajaman daya tinjau yang luar biasa terhadap lorong waktu; rasa kecewa setelah diselamatkan. Pada 1975, setelah karangannya yang berjudul Life after Life terbit, penelitian pengalaman mendekati ajal memasuki tahap baru.

Semua unsur pokok yang dikemukakan Moody dalam laporan pengalaman mendekati ajal, mempunyai gambaran yang serupa, dengan demikian telah membuktikan kebenaran penelitian Heim, Osis dan Loui Clark. Moody telah mengemukakan "teori ideal atau praktik sempurna" yang dilukiskan olehnya sebagai berikut: "Seorang yang sedang mengalami kematian, saat jasad mengalami penderitaan yang sangat, dia mendengar dokter menyatakan kematiannya. Dia mulai mendengar pancasuara, suara bel, atau suara wung...wung...., dan sekaligus merasakan dirinya dengan cepat melalui sebuah terowongan yang gelap. Kemudian, tiba-tiba dia mendapati bahwa dirinya telah meninggalkan jasad, namun tetap berada dalam lingkungan duniawi secara langsung. Dia melihat tubuhnya dari tempat jauh, bagaikan seorang penonton. Dia berada pada posisi yang tinggi melihat pergolakan emosi dan kehidupan kembali."

Tidak lama kemudian, dia menenangkan dirinya, perlahan-lahan terbiasa dengan kondisi yang aneh seperti itu. Dia memperhatikan bahwa dirinya masih memiliki sebuah "tubuh", namun sifatnya berlainan sama sekali. Dengan cepat terjadi lagi beberapa hal lain, dia bertemu dengan roh handai taulan dan kerabat yang telah meninggal, roh yang begitu hangat dan ramah yang belum pernah ditemui sebelumnya, suatu kehidupan dengan kilatan cahaya muncul di hadapannya. Jiwa kehidupan ini menggunakan cara yang bukan kata menanyakan satu pertanyaan kepadanya, agar dia menilai kehidupannya sendiri, sesaat memperlihatkan kepadanya peristiwa penting dalam hidupnya. Sekilas, dia menemukan dirinya sedang mendekati suatu rintangan atau batas dunia tertentu, ini jelas menyatakan batas pada kehidupan sekarang dan kehidupan yang akan datang. Kemudian dia menyadari bahwa dirinya harus kembali ke dunia manusia, sebab masa kematiannya belum tiba. Dikarenakan pada saat itu telah timbul rasa suka terhadap pengalaman setelah kematiannya, maka dia tidak ingin lagi kembali ke dunia fana. Namun apa pun perasaannya, akhirnya jiwanya bersatu lagi dengan tubuhnya dan hidup kembali.

Moody dengan hati-hati sekali menekankan bahwa setiap pengalaman proses mendekati ajal bukan sepenuhnya seperti yang digambarkan di atas, namun dia benar-benar tertarik oleh "kemiripan menakjubkan" yang dialami itu. Penelitian Moody telah memberikan inspirasi kepada peneliti generasi baru tentang pengalaman mendekati ajal itu, yang paling terkemuka di antaranya adalah profesor psikologi Kenneth Ring (Universitas Connecticut), Prof. Michael B. Sabom, Prof. Dr. Ian Stevenson (Universitas Virginia), Prof. Melvin Morse (Universitas Washington), serta dokter internis dari Universitas George Washington dan pemimpin eksekutif perusahaan Mandate Dr. Linz Audain dan Prof. Dr. Charles Tart dari Universitas California. Penelitian mereka yang utama memperoleh hasil seperti berikut ini:

  • Pengalaman mendekati ajal di dalam lingkup dunia sering kali terjadi, dan kenyataan ini tidak diragukan. Pengalaman mendekati ajal tidak hanya sebatas pada orang dewasa, namun juga terjadi pada anak-anak. Sekitar 35% orang yang sedang menjalani kematian pasti bisa mengalami mendekati kematiannya.
  • Kebanyakan orang yang mengalami pengalaman kematian mengatakan bahwa mereka merasakan kedamaian dan kebahagiaan, bukannya penderitaan maupun siksaan.
  • Beberapa pemandangan yang terlihat oleh orang yang mengalami hampir mati belum tentu serupa dengan apa yang diketahuinya. Misalnya fisikawan William Balled mencatat beberapa anak-anak yang merasa sangat kecewa bahwa malaikat yang dilihat pada pengalaman mendekati ajal ternyata tidak mempunyai sayap.
  • Pengalaman kematian berpengaruh sangat besar terhadap orang yang bersangkutan, terjadi perubahan besar dan positif pada kebanyakan orang, hati nurani semakin bertambah mantap. Beberapa ateis setelah mengalami pengalaman mendekati ajal, dengan sepenuhnya telah mengubah pandangan hidupnya sendiri, dan sejak itu kemudian menjadi orang yang mempunyai kepercayaan (agama) yang taat.

Yang membuat orang merenung adalah, bahwa tidak semua yang dilihat oleh orang yang mengalami pengalaman mendekati ajal pasti indah dan membuat orang merasa bahagia. Ada beberapa orang dalam pengalaman kematiannya juga telah melihat beberapa pemandangan yang menakutkan. Misalnya, dalam buku Kesan di Surga yang diceritakan secara lisan oleh 100 orang yang hidup kembali setelah mati, mencatat sebuah pengalaman kematian yang menakutkan dari seorang kepala polisi Jerman yang bernama Staind Haider. Kepala polisi Staind Haider dulu terlalu apatis dan kasar terhadap orang. Dalam sekali pengalaman kematiannya, dia melihat dirinya dikepung oleh banyak sekali roh bertampang jelek dan rakus, salah satu roh dengan mulutnya yang dipenuhi darah menyambar dan menggigitnya. Dan masih ada beberapa orang dalam pengalaman kematian melihat roh mendapatkan tempat kediaman yang tidak sama dengan semasa hidupnya. Semua kasus pengalaman kematian ini membuat orang mau tidak mau mengingat kembali petuah kuno China, bahwa "kebaikan dan kejahatan ada balasannya."

Fenomena "roh meninggalkan jasad" dalam pengalaman kematian tidak hanya sebatas pada orang yang mendekati kematiannya, ada sebagian kecil orang yang dalam kondisi sehat juga mempunyai pengalaman serupa. "Roh meninggalkan jasad" orang-orang ini semakin membuat penelitian terhadap gejala ini memungkinkan masuk dalam eksperimen pembuktian nyata. Misalnya Prof. Charles Tart dari Universitas California pernah dalam laboratoriumnya melakukan percobaan yang cermat terhadap seorang wanita yang mengaku selalu mengalami peristiwa "roh meninggalkan jasad". Dia menggunakan selembar kertas memo dengan tulisan 5 digit stochastic dan diletakkan di atas rak yang tingginya sekitar 6,5 kaki dari permukaan lantai, sehingga wanita yang berbaring di atas ranjang laboratorium tidak dapat melihat. Kemudian meminta orang yang dites ini berusaha mencoba mengambang ke tempat tinggi untuk melihat isi memo ini di saat "roh meninggalkan jasad". Hasil eksperimen membuktikan bahwa pada malam keempat setelah dia menyatakan "roh meninggalkan jasad", dapat mengatakan dengan benar kelima digit dalam memo tersebut. Dan kemungkinan menebak dengan benar sebuah angka dari kelima digit tersebut adalah 1/100.000, dan dari hasil eksperimen tersebut dengan kuat telah dibuktikan keberadaan yang objektif pengalaman mendekati kematian.

Dalam sejarah, orang yang mempunyai "pengalaman roh meninggalkan jasad" yang paling tersohor kemungkinan adalah ilmuwan, ahli filsafat, teologi bernama Emmanuel Swedenborg dari Swiss yang hidup di abad ke-18. Berdasarkan pengalaman rohnya yang meninggalkan jasad mengembara ke dunia roh melihat semua pemandangan, dan meninggalkan karya abadinya (menyingkap langit), dengan jelas melukiskan pemandangan yang dilihatnya di dunia roh dan menghubungkan semua kehidupan yang didapat yang berhubungan dengan pengetahuan dunia roh. Karyanya terhadap generasi selanjutnya menimbulkan pengaruh yang sangat penting, bahkan hingga kini masih tetap mempengaruhi banyak orang. Banyak sekali sarjana terkenal menaruh hormat terhadapnya, termasuk ahli analisis jiwa Tito Ronger, pengarang terkenal Amerika, Helen Keller, penyair terkenal Amerika Emelsond, politikus dan ilmuwan Amerika, Benyamin Franklin, penyair Inggris, Branning, penyair dan penulis drama terkenal dari Jerman, Kurt, ahli filsafat dan cendekiawan Dhyana Jepang dan sebagainya, mantan Presiden Amerika Serikat George Washington dan Franklin Roosevelt juga terpengaruh sekali olehnya.

Semakin banyak contoh nyata tentang pengalaman kematian, dan hasil penelitian yang semakin mendalam, membuat orang-orang yang berprasangka semakin sulit menghapus fakta pengalaman kematian. Pengungkapan penelitian tentang pengalaman kematian kepada kita tidak semestinya hanya bentuk luarnya saja, yang paling penting adalah cara berpikir dan daya upaya penelitian yang disajikan oleh gejala tersebut; yang dibuka untuk kita tidak hanya pintu dunia setelah kematian, namun yang semakin terbuka adalah kesadaran, kehidupan, dan pintu jiwa.

Dunia luar yang diselidiki dalam ilmu pengetahuan telah memperoleh kemajuan yang sangat besar, namun dalam menyelidiki dunia manusia itu sendiri, sebagaimana yang dikatakan oleh fisikawan besar Einstein: "Masih berada dalam tahap bayi", menyelidiki kegaiban manusia, semestinya juga akan menjadi tujuan ilmu pengetahuan di masa depan. Bagi orang yang mencari kebenaran, di lingkungan ilmu pengetahuan yang masih belum masuk ke dalam lingkungan kehidupannya ini, keyakinan dan keberanian jelas merupakan hal yang luar biasa pentingnya. Melepas pandang mengamati gejala pengalaman mendekati kematian dan orang yang mengalami hampir mati menjadi sadar terhadap kehidupan dari pengalaman yang dialaminya tersebut, gejala pengalaman mendekati kematian mungkin sedang memberi isyarat kepada kita bahwa roh kita tidak akan hilang seiring dengan kematian jasad kita. Kita seyogiyanya memperlakukan diri kita sendiri dengan baik dan juga kepada orang lain, bertanggung jawab selamanya terhadap kehidupan kita sendiri. Seperti perkataan seorang: "Mungkin dalam bumi terdapat suatu benda atau hal ihwal tertentu, seperti sesuatu yang mempunyai tujuan, harapan, dan kebaikan; pengalaman mendekati kematian mungkin adalah pemberitahuan atau petunjuk yang dianugerahkan Tuhan kepada manusia untuk menyelidiki kegaiban dalam diri kita sendiri." (Erabaru)

Sifilis - Penyakit Kelamin (Foto)












Penyakit Kelamin

Penyakit kelamin adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh kuman yang ditularkan melalui hubungan seks oral maupun melalui hubungan kelamin. Jenisnya bermacam-macam, dari gonorhea, sifilis, herpes, HIV/AIDS, dll.

Sebagian penyakit kelamin sudah dapat disembuhkan, namun untuk penyakit-penyakit tertentu seperti HIV/AIDS sampai kini belum ditemukan obatnya.

Penularan penyakit kelamin dapat dihindari dengan jalan menghindari hubungan kelamin secara sembarangan (seks bebas), dengan setia kepada satu orang pasangan saja, atau dengan menggunakan alat-alat pencegahan seperti kondom.

Penyakit kelamin tertentu dapat disembuhkan dengan pengobatan yang teratur, misalnya dengan antibiotika. Namun demikian, mutasi kuman dapat menghasilkan kuman-kuman yang kebal terhadap pengobatan yang diberikan, sehingga kemudian malah muncul varian yang lebih ganas seperti misalnya Vietnam rose yang muncul di masa Perang Vietnam.

HIV/AIDS dapat pula ditulari melalui penggunaan jarum suntik yang telah tercemar oleh kuman HIV/AIDS, misalnya seperti yang sering dilakukan oleh para pemakai obat bius. Sampai sekarang HIV/AIDS belum dapat disembuhkan. Obat-obatan yang diberikan kepada penderita HIV sampai sekarang baru mampu memperpanjang hidup si pasien. (Wikipedia)

Laba Microsoft Turun 29%

San Fransisco, 24 Juli 2009 09:18

Microsoft, Kamis (23/7) waktu setempat, melaporkan bahwa penerimaannya pada kuartal terakhir merosot 29% karena pendapatan tergeret turun oleh melemahnya pasar komputer dunia.

Microsoft mengatakan laba bersihnya untuk satu kuartal sampai 30 Juni mencapai 3,05 miliar dolar atau 34 sen per lembar saham, jumlah itu anjlok 29% dari periode yang sama tahun lalu. "Bisnis kami terus terkena dampak negatif oleh melemahnya pasar personal komputer dan server dunia," kata pimpinan keuangan perusahaan itu, Chris Liddell.

"Untuk memecahkan masalah di lingkungan itu, menjadi pencapaian yang memuaskan jika mampu menghasilkan 750 juta dolar lebih dari penghematan operasional untuk kuartal tahun sebelumnya," tambahnya.

Microsoft melaporkan, pendapatannya di satu kuartal yang baru berakhir anjlok 17% menjadi 13,3 miliar dolar dibandingkan tiga bulan yang sama tahun lalu.

Harga saham Microsoft enggan cepat tergelincir lebih dari 8% menjadi 23,47 dolar setelah jam perdagangan menyusul dikeluarkannya data penghasilan.

Kuartal yang menandai akhir dari tahun fiskal Microsoft dan raksasa perangkat lunak itu melaporkan bahwa laba tahunannya anjlok 18% dari tahun sebelumnya menjadi 14,57 miliar dolar atau 1,62 dolar per saham.

Pendapatan untuk setahun mencapai 58,44 miliar dolar, yang menurut Microsoft 3% lebih rendah dari tahun sebelumnya. "Saat kondisi ekonomi menghadapi tantangan tahun ini, kami fokus pada kepuasan konsumen dan menyediakan solusi untuk konsumen kami untuk menghemat uang," kata Pimpinan Operasi Microsoft, Kevin Turner.

"Saya sangat gembira oleh gelombang inovasi produk dan service yang dihasilkan pada tahun fiskal mendatang."

Pada Rabu (22/7), versi akhir dari sistem operasi Windows 7 generasi mendatang milik Microsoft sudah tersedia untuk pasar elektronik untuk dipasang pada komputer baru dan perangkat lunak "pintar" lainnya.

Windows 7 akan dipublikasikan pada 22 Oktober.

Microsoft juga mengeluarkan perangkat lunak Windows Server 2008 untuk produsen server.

(Gatra)

Tingkat Kematian Ibu Melahirkan Di Indonesia Masih Tertinggi Di ASEAN

Jakarta, 7 Juli 2009 06:20

Tingkat kematian ibu melahirkan di Indonesia merupakan yang tertinggi di Asia Tenggara (ASEAN) dengan perkiraan sekitar 19 ribu kematian setiap tahun atau empat ribu ibu meninggal dari setiap 100.000 persalinan.

"Status kesehatan di Indonesia masih termasuk yang terendah di wilayah Asia Pasifik. Indonesia hanya memiliki 13 dokter untuk setiap 100 ribu orang, sehingga Indonesia merupakan salah satu negara dengan rasio terendah di Asia," kata Direktur Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Rizal Sukma di Jakarta, Senin (6/7).

Menurut hasil penelitian CSIS, saat ini 70% dari penduduk pedesaan di Indonesia menghadapi keterbatasan akses untuk mendapatkan layanan kesehatan.

Sekitar 124 juta diantaranya tidak memiliki jaminan kesehatan dan lebih dari satu juta orang Indonesia memilih berobat ke luar negeri.

Selain itu, hanya 15% dari jumlah dokter di Indonesia yang memiliki spesialisasi atau hanya satu dokter spesialis ontologi untuk menangani 4,5 juta penduduk.

Rizal Sukma mengatakan, masalah pendidikan dan kesehatan di Indonesia sudah menjadi problematika sejak lama yang hingga kini belum bisa diselesaikan hingga tuntas.

Sehubungan dengan itu, CSIS bersama berbagai unsur pemangku kepentingan melakukan perumusan rencana lengkap yang secara teknis disebut roadmap komprehensif" di sektor kesehatan yang melibatkan sekita 20 pembuat kebijakan, analis, praktisi, ekonom, asuransi/ jaminan kesehatan, kalangan industris dan asosiasi.

Menurut Rizal, roadmap kesehatan sangat mendesak mengingat tantangan yang dihadapi sektor kesehatan sangat kompleks.

Rekan Rizal, Hadi Soesastro, mengatakan bahwa CSIS melakukan kerja sama dengan para aktivis, praktisi, dan pengguna jasa kesehatan, untuk merumuskan roadmap yang akan disampaikan kepada kabinet pemerintahan mendatang guna dilaksanakan .

Dalam proses perumusan roapmap kesehatan ini, CSIS menunjuk dua akademisi yakni Hasbullah Thabrany dari Universitas Indonesia dan Laksono Trisnantoro dari Universitas Gadjah Mada.

Kedua guru besar itu diminta menganalisis kebijakan sektor kesehatan nasional yang telah ada yaitu Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 1992 Tentang Sistem Kesehatan Nasional, UU Sistem Jaminan Sosial Nasional, dan lain-lain. (Gatra)

Jumat, Juli 24, 2009

Para Pelaku Bom Bunuh Diri Masih Belum Diketahui

Dua nama yang selama ini santer disebut-sebut sebagai pelaku Bom Bunuh Diri Kuningan II ternyata tidak terbukti. Pembantahan tersebut berdasar hasil tes DNA keluarga Ibrahim dan Nur Said.


Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Inspektur Jenderal Polisi, Nanan Sukarna mengatakan polisi belum bisa memastikan identitas dua pelaku. Setelah dibandingkan, ternyata hasil DNA keluarga Nur Said dan Ibrahim tidak cocok dengan DNA potongan kepala itu.

"Kita melakukan pemeriksaan secara seksama kepada keluarga-keluarga yang merasa kehilangan keluarganya dalam peristiwa ini, hingga saat ini tidak ada yang cocok. Kemarin datang, keluarga Nur Hasbi, tidak identifik DNA dengan kepala yang ditemukan,” ujar Nanan Sukarna di Jakarta Media Crisis Centre, Mega Kuningan Jakarta.

Sementara itu, hasil penyidikan sementara Ciri-ciri pelaku di Ritz Carlton yaitu Laki-laki, Umur kira-kira 40 tahun, Kulit sawo matang, Rambut lurus, pendek, dan hitam dan Tinggi 165 centimeter.

Sementara Ciri-ciri pelaku di JW Marriott yaitu, Laki-laki, Usia 16-17 tahun, -Kulit lebih putih, Rambut lurus hitam dan pendek, Tinggi badan 180 centimeter, Ukuran sepatu 42-43.

Dengan demikian maka kini pelaku bom bunuh diri malah jadi misterius.

(EraBaruNews)

Rabu, Juli 22, 2009

Pemakai Facebook Sudah Mencapai 250 Juta

San Fransisco, 16 Juli 2009 11:04

Facebook, yang sudah menjadi jaringan sosial terbesar di dunia, Rabu (15/7), mengumumkan bahwa jaringan tersebut kini memiliki 250 juta pengguna aktif, naik 50 juta dalam waktu sekitar tiga bulan.

"Sebanyak 250 juta dari anda berada pada Facebook hari ini adalah apa yang memberi Facebook kehidupan dan membuat laman ini berarti bagi setiap orang untuk menggunakannya," tulis Mark Zuckerberg, pendiri bersama dan kepala pejabat pelaksana Facebook.

Awal April, Zuckerberg mengatakan Facebook mencapai 200 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Jaringan itu hanya memiliki 150 juta pengguna pada Januari. "Langkah cepat pertumbuhan kami sederhana dan menggairahkan bagi kami, dan itu menegaskan bahwa orang di mana-mana menyadari kekuatan untuk tetap terhubung dengan apa saja yang mereka peduli di Facebook," kata Zuckerberg.

"Bagi kami, perkembangan jadi 250 juta pengguna bukan hanya jumlah yang mengesankan, itu adalah tanda mengenai berapa banyak hubungan pribadi yang dapat anda semua buat, dan seberapa jauh kami di Facebook harus pergi untuk memperluas kekuatan hubungan dengan miliaran orang di seluruh dunia," jelasnya.

Facebook, yang didirikan pada Februari 2004, kini menjadi perusahaan swasta dan bermarkas di Palo Alto, California.

Pertengahan Juli, tersiar laporan bahwa Digital Sky Technologies, perusahaan penanam modal Rusia, setuju membayar 14,77 dolar AS untuk satu saham bagi saham bersama Facebook, sehingga jaringan situs internet sosial tersebut bernilai sebesar 6,5 miliar dolar AS. (Gatra)

Nur Said Memang Santri Ngruki

Pondok Pesantren Al Mukmin, Ngruki, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, membenarkan ada alumnusnya bernama Nur Said, yang disebut-sebut sebagai pengebom di Hotel JW Marriott, Jakarta, Jumat (17/7).

"Berdasarkan data ponpes ini, terdapat alumnus yang bernama Nur Said, berasal dari (Kabupaten) Temanggung (Jawa Tengah)," kata Direktur Ponpes Al Mukmin, Wahyuddin di Sukoharjo, Selasa (21/7).

Menurutnya, Nur Said merupakan santri yang masuk pada 1988 dan lulus pada 1994. "Selain itu, dalam daftar tersebut tertulis orangtua Nur Said bernama Muhammad Nasir dan Tuminem," katanya.

Pada pemberitaan sebelumnya, pondok pesantren tersebut sempat membantah ada alumnus bernama Nur Hasbi alias Nur Said alias Nur Sahid.

Ia beralasan, pihaknya belum menemukan nama tersebut pada data ponpes ketika membantah tuduhan mengenai Nur Said merupakan alumnus ponpes ini.

"Meskipun kami akhirnya mengakui, saya berharap semua pihak jangan terlalu dini menyimpulkan bahwa Nur Said adalah pelaku peledakan tersebut sebelum hasil penyelidikan kepolisian diumumkan," katanya.

Jika dugaan mengenai pelaku peledakan itu benar, lanjutnya, hal tersebut sudah bukan tanggung jawab dari ponpes ini.

"Selain mata pelajaran seperti yang ada di sekolah-sekolah umum lainnya, hal khusus yang diajarkan di sekolah ini adalah mengenai Al Quran dan Al Hadis," katanya.

Dia mengatakan, tidak ada materi kekerasan ataupun jihad dalam arti sempit yang diajarkan di dalam ponpes ini.

"Saya mengecam keras tuduhan bahwa ponpes ini adalah sarang teroris," katanya.

Mengenai terdapat beberapa alumni ponpes ini yang menjadi pelaku peledakan, dia mengatakan, keputusan tersebut bukan berasal dari apa yang diajarkan oleh Ponpes Ngruki.

"Pengaruh dari luar, seperti yang berasal kelompok-kelompok tertentu yang berhaluan garis keras, sangat memungkinkan mengubah nilai-nilai Islam yang telah kami tanamkan pada santri-santri kami," katanya.

Dia mengatakan, pihaknya telah mengantisipasi hal tersebut kepada seluruh santri dengan memberikan materi pembelajaran yang berasal dari Al Quran mengenai Islam yang cinta damai.

"Kami sangat kecewa dan prihatin mengenai adanya kasus peledakan bom yang melibatkan alumni ponpes ini," katanya.

Akan tetapi, lanjut Wahyuddin, pihaknya tidak bisa berbuat banyak karena keterlibatan alumni mereka dalam bebrapa kasus peledakan sudah menjadi pilihan alumni-alumni tersebut.

(Gatra)

Pencekalan Ba'asyir Dikecam

Solo, 21 Juli 2009 14:16

Pondok Pesantren Al Mukmin, Ngruki, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, mengecam pencekalan mantan pemimpin Majelis Mujahidin Indonesia, Abu Bakar Ba`asyir di Kota Malang, Jawa Timur, Senin (20/7).

"Alasan pencekalan Abu Bakar Ba`asyir di Malang tersebut terlalu mengada-ada," kata Direktur Ponpes Al Mukmin, Wahyuddin di Sukoharjo, Selasa (21/7).

Abu Bakar Ba`asyir dilarang tampil dalam acara peringatan Isra Mi'raj di Kelurahan Bumiayu, Kota Malang.

Pencekalan tersebut beralasan, ceramah agama yang disampaikan Abu Bakar Ba`asyir cenderung provokatif dan dikhawatirkan memecah-belah umat Islam.

"Kami sangat kecewa terhadap adanya tindakan tersebut karena menurut kami hal tersebut tidak benar," katanya.

Menurutnya, apa yang disampaikan oleh Abu Bakar Ba`asyir adalah sesuatu yang merupakan kebenaran menurut Al Quran dan Al Hadis.

"Pencekalan yang dilakukan di Malang tersebut, menurut kami adalah tindakan yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak menyukai kebenaran yang diperjuangkan di dalam Islam," katanya.

Menurutnya, pencekalan tersebut merupakan salah satu konsekuensi yang memungkinkan terjadi pada upaya umat Islam dalam memperjuangkan kebenaran.

Selain kecaman ini, dia mengatakan, pihaknya tidak berupaya melakukan tindakan dalam menanggapi pencekalan tersebut.

(Gatra)

Manohara Dituntut Rp. 297.6 Milyar

Sepertinya, Manohara Odelia Pinot belum bisa leluasa menjalankan karir keartisannya di Indonesia. Pasal-nya, ia harus menghadapi tuntutan sang suami, Muhammad Tengku Fakhry atas kasus pencemaran nama baik.


Tak tanggung-tanggung, Manohara dituntut secara pedata senilai 105 juta ringgit kalau dirupiahkan mencapai angka Rp 297,6.

Melalui kuasa hukum-nya, Mohd Haaziq, Fakhry menuntut Manohara dan ibunya, Daisy Fajarina karena telah mencemarkan nama baiknya.

Fakhry resmi mengajukan tuntutan di Pengadilan Kuala Lumpur, Senin (20/7/2009) pagi.

Seperti dilansir banyak media di Malaysia, Fakhry benar-benar serius memperkarakan sang istri. Sebab, Fakhry juga sudah resmi mengirim laporan lewat Kedutaan Besar Indonesia di Kuala Lumpur, dan Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta.

Langkah ini, ditempuh Fakhry karena Manohara dan Daisy berada di Indonesia, sementara Fakhry di Malaysia.

Sementara di tanah air, seperti diketahui Manohara juga sudah melaporkan Tengku Fakhry ke Mabes Polri. Lalu, seperti kelanjutan kasus ini? Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya.

(Krosceknews.com)

Israel Faces International Pressure Over Settlements

Israel is facing international pressure over its settlement activity, with both the European Union and Russia saying such activity threatens the chance for Mideast peace.

The EU issued a statement Tuesday calling on Israel to stop what it called provocative actions in East Jerusalem, including home demolition and evictions. The EU said such actions are illegal under international law.

Israeli authorities are planning to build some 20 new apartments in East Jerusalem's Sheikh Jarrah neighborhood.

Russia also weighed in on the issue, with a foreign ministry spokesman calling for an end to settlement construction in line with the roadmap for peace.

Israeli Deputy Foreign Minister Danny Ayalon responded to the criticism Tuesday, saying Israel has the right to build anywhere in Jerusalem.

Israel has rejected repeated U.S. calls for a total halt to all settlement activity.

Tuesday, Israeli Deputy Prime Minister Dan Meridor said such calls contradict past "oral understandings" between the two nations that permitted Israel to build within the construction lines of existing settlements.

Meridor also urged Palestinians to return to negotiations, despite their demand that talks not resume until settlement activity is stopped.

Meanwhile, Israeli officials say Jewish settlers cut down trees belonging to Palestinian farmers in the West Bank village of Burin Tuesday. Extremist settlers have vandalized Palestinian property in the past to protest Israel's removal of unauthorized outposts in the West Bank.

Also Tuesday, Israeli Foreign Minister Avigdor Lieberman arrived in Brazil at the start of a 10-day Latin America tour that Israel says is aimed at countering Iran's growing influence in the region.

There was no immediate reaction from Israeli officials to a report in Israel's Haaretz newspaper which quoted Valter Pomar, a leading member of the country's ruling Workers party as calling Lieberman a "fascist" and a "racist."

(Voa News)

Senin, Juli 20, 2009

Pohon Terbesar Di Dunia - The World's Biggest Tree




























Pohon Baobab yang terdapat di Afrika adalah salah satu pohon terbesar di dunia. (Gilee tuh orang kok jadi kecil ya..hehe)


Minggu, Juli 19, 2009

Fugitive Linked To Jakarta Blasts

Indonesian officials say there are "strong indications" a key wanted fugitive was behind Friday's deadly attacks on two hotels in Jakarta.

Noordin Mohamed Top is wanted for plotting the Bali bombings of 2002 and 2005 and other Indonesian attacks.

Nine people, including two suicide bombers, died in the attacks on the Ritz-Carlton and JW Marriott.

At least four of Friday's victims are said to be foreigners but have not all been formally identified.

Police in the Indonesian capital are studying DNA and other evidence to try to identify those behind the attacks.

The anti-terror chief, Ansyaad Mbai, has told the BBC he believes there are strong indications that Noordin was the mastermind behind the blasts.

Noordin was said to be a key financier for the Jemaah Islamiah militant group but is now thought to have set up his own splinter group.

Jemaah Islamiah has links to al-Qaeda and has a long track record of bomb attacks in Indonesia including the 2002 Bali bombings, which killed more than 200 people.

Friday's bombs contained nails, ball bearings and bolts, identical to ones used by Jemaah Islamiah, police said.

Mr Mbai said he believed the aim of the attacks was to embarrass Indonesia's government at a time when the country was enjoying a greater degree of stability than it had in the past.

The BBC's Karishma Vaswani in Jakarta says the Indonesian people have been truly shocked by these attacks as they thought they had put events like this behind them.

Investigators on Friday recovered an unexploded bomb and other explosives material from what they said was the "control centre" for the attacks - room 1808 in the Marriott.

The attackers paid to stay at the hotel and smuggled in the explosives before detonating them in two restaurants on Friday.

CCTV footage showed one attacker wearing a cap pulling a bag on wheels into the Marriott restaurant, followed by a flash and smoke.

Security has been tightened across Indonesia in the wake of the attacks, with 500 troops put on standby to support police in the capital.

'Shoulder to shoulder'

A New Zealander, businessman Tim Mackay, has been confirmed killed.

Indonesian police say Australians Nathan Verity and Garth McEvoy also died.

Their countryman, diplomat Craig Senger, was at the same breakfast meeting. He is missing and feared dead.

A health ministry report said a Singaporean and an Indonesian were also confirmed dead.

At least 17 foreigners were among the wounded, including eight Americans.

Other foreign nationals wounded included visitors from Australia, Canada, Hong Kong, India, Italy, the Netherlands, Norway, South Korea and the UK.

President Susilo Bambang Yudhoyono condemned the attacks as "cruel and inhuman".

US President Barack Obama said: "I strongly condemn the attacks that occurred... in Jakarta and extend my deepest condolences to all of the victims and their loved ones."

Australian Foreign Minister Stephen Smith is due to arrive in Jakarta on Saturday.

He said he wanted to stand "shoulder to shoulder with Indonesia at this terrible time".

The Manchester United football team had been booked to stay in the Ritz-Carlton next week ahead of a game in Jakarta.

The team has cancelled the Indonesian leg of their tour.

The attacks come just weeks after the peaceful presidential elections.

The country of 240 million people has been praised in recent years for maintaining a pluralist democracy while finding and punishing radical Islamists responsible for the series of bombings more than five years ago.

-----------------------------------------------------

NOORDIN MOHAMED TOP
Noordin Top (archive image)
  • Born in Malaysia, fled to Indonesia after 9/11
  • Wanted for planning bombings on Bali in 2002 and 2005 and other attacks
  • Said to have split from Jemaah Islamiah over strategy disagreements and set up new group
  • Main accomplice Azahari Husin killed by police in 2005
  • Escaped police raid in 2006 and continues to evade capture

Sabtu, Juli 18, 2009

Bom Lagi..Bom Lagi

17 Juli 2009 - Bom lagi..bom lagi..pasti yang terjadi sesudahnya adalah penjagaan di berbagai tempat diperketat kembali, bagusnya sih pengamanan tetap ketat walaupun sudah lama tidak ada bom. Tapi memang sifat manusia itu suka mengendur..akhirnya kejadian lagi deh.

Tetapi yang paling bersalah tentunya adalah si pengebom itu sendiri (terutama yang menyuruhnya) entah dengan tujuan apapun ini tidak bisa dibenarkan, karena ledakan ini sudah membunuh kembali beberapa warga negara Indonesia sendiri, dan merusak citra baik keamanan Indonesia di luar negeri.

Si pelaku di hotel JW Marriott terlihat melalui CCTV tampak sedang memakai ransel hitam di depan dadanya sambil menyeret tas hitam yang beroda melewati lobby hotel lalu masuk ke sebuah gang lagi menuju restoran, lalu terjadilah ledakan itu. Si pelaku melakukan aksi bom bunuh diri.

Jumat, Juli 17, 2009

KPK Terima Ancaman Bom

Komisi Pemberantasan Korupsi mendapat ancaman bom pada tanggal 16 Juli 2009. Ancaman melalui telepon diterima resepsionis sekitar pukul 11.30. Tapi, setelah dilakukan penyisiran selama setengah jam oleh tim Gegana dari Kepolisian Daerah Metro Jaya, tidak ditemukan bom di gedung yang terletak di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, itu.


"Nihil, tidak ada bom, ancaman tersebut tidak terbukti sama sekali," kata juru bicara KPK, Johan Budi. Sebelumnya, seseorang bersuara laki-laki melalui telepon mengatakan telah meletakkan bom di lahan parkir gedung KPK.

Tim Gegana yang datang kemudian memeriksa sejumlah ruangan, antara lain ruang pengaduan masyarakat, ruang humas, ruang laporan harta kekayaan pejabat negara, ruang wartawan, sayap kanan dan kiri gedung termasuk selokan, pot tanaman, sampai tong sampah.

Selesai menyisir ruangan di dalam gedung, tim Gegana melanjutkan pemeriksaan ke lapangan parkir sebelah timur dan di bawah tanah. Setelah penyisiran, sepuluh anggota Gegana langsung meninggalkan gedung KPK.

Wakil Ketua KPK Bidang Penindakan Chandra M. Hamzah, saat dihubungi wartawan, menyatakan tidak terjadi apa-apa. "Tenang, tidak ada apa-apa, kok," ujar Chandra, yang saat dihubungi sedang mengikuti rapat pimpinan KPK.

Ini bukan pertama kalinya KPK mendapat ancaman bom. Sebelumnya, mereka menerima teror ketika tengah berlangsung pemeriksaan terhadap Deputi Gubernur Bank Indonesia Aulia Pohan dalam kasus dugaan korupsi uang yayasan milik bank sentral itu pada 6 Februari 2008.

Ketika itu ancaman disampaikan melalui faksimile ke markas Polda Metro Jaya. Setelah diperiksa, ternyata hanya ancaman kosong. Menurut Johan Budi, KPK juga pernah mendapat teror dalam bentuk bungkusan yang ditaruh di lobi gedung pada tahun lalu. Tapi, setelah diteliti, bungkusan itu tidak berisi peledak.

Menurut Johan, KPK akan melakukan latihan rutin evakuasi bom bagi karyawannya. Ancaman bom ini menarik perhatian, menyusul munculnya kabar adanya rivalitas antara KPK dan penegak hukum lain akhir-akhir ini.

(Koran Tempo)