Kamis, Desember 03, 2009

Michael Jackson Geser Britney Spears

Kematian Michael Jackson malah mendorong penyanyi itu ke puncak pencarian yahoo.com Internet, sehingga mengakhiri empat tahun dominasi Britney Spears dan membantu menjatuhkan Presiden Barack Obama dari daftar 10 teratas.

Meskipun tahun ini didominasi oleh resesi, kebanyakan pengunjung masih tertuju kepada apa yang menarik peselancar jejaring. NASCAR, aktris Megan Fox, bintang realita Kim Kardashian, dan film Twilight menggantikan empat aktris yang tahun lalu menempati posisi atas.

Sampai Juni, ketika Jackson meninggal akibat kelebihan dosis obat, pelantikan Obama mengumpulkan sebagian besar peselancar jejaring, kata Vera Chan, pengulas kecenderungan jejaring di Yahoo Inc.

"Ketika berita mengenai kematian Michael Jackson muncul, lalu lintas luar biasa banyaknya, dan melampaui itu," katanya.

Kematian tersebut memiliki semua unsur intrik dan tragedi. kejadian itu mendadak, mengejutkan dan secara menakutkan akrab, kata Chan.

"Kemudian kasusnya diputuskan sebagai pembunuhan. Jadi itu adalah penyelidikan kejahatan yang sedang berlangsung. Kematiannya tak terselesaikan," tambahnya.

Berita hangat kian menarik pencarian tahun ini. Meskipun Obama merosot dari posisi ketiga pada 2008 jadi ke-44 pada 2009, pusat perhatian politik beralih dari kampanye pemilihan ke kebijakan khusus. Rencana pemberian perangsang berada pada posisi keempat dan pembaruan perawatan kesehatan di posisi keenam di antara pencarian yang berkaitan dengan Obama.

Di antara pencarian yang berkaitan dengan keuangan, kata-kata kupon dan pengangguran menempati posisi teratas yang meliputi Sistem Pemberian Tunjangan Mobil yang ditaja pemerintah, tunjangan pelajar, penyitaan, dan pekerjaan di pemerintah.

Ekonomi "tentu saja berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, berapa banyak orang memantau situasi ekonomi", kata Chan.

Secara keseluruhan daftar 10 peringkat teratas "seringkali hanya sekilas perhatian kita, kegembiraan kita dan berita hangat", katanya.

Britney, penyanyi yang kemerosotan pribadinya menjadi berita utama selama beberapa tahun belakangan, anjlok ke posisi kelima di dalam daftar tersebut, hanya satu jenjang setelah Megan Fox, lambang seks di dalam film Jennifer's Body, dan di atas kartun Jepang, Naruto.

"Britney menempati posisi No.1 selama empat tahun, dan semua tahun itu tak menyenangkan buat dia," kata Chan. "Buat kesejahteraannya, dan buat kesejahteraan kami, saya kira kami bahagia bahwa kami tak perlu memeriksa dia."

Twilight menempati posisi kedua di dalam daftar, diikut oleh WWE (World Wrestling Entertainment), Fox dan Britney. Naruto menempati posisi keenam.

Yahoo meraih 18 persen pencarian Internet di AS pada Oktober, sementara Google Inc mengantungi 65,4 persen, demikian pernyataan perusahan comScore. Data pencarian Yahoo hanya berasal dari laman dot-com perusahaan itu. (Warta-Kota)

1 komentar: