Jumat, Oktober 09, 2009

Biografi Dave Weckl (Musisi Besar)

Selama lebih dari 20 tahun, Dave Weckl telah berhasil membangun dan mempertahankan reputasi yang baik dari fans, sesama drummer dan juga pengakuan sebagai salah satu drummer terbaik yang pernah ada dari masyarakat musik internasional. Untuk hal ini, dia berhasil meraih sejumlah penghargaan dan pengakuan; Dave Weckl bahkan telah dilantik untuk masuk dalam Hall of fame versi “Modern Drummer” dan menggelari dia sebagai salah satu dari 25 drummer terbaik sepanjang masa.

Penghargaan dan pengakuan tersebut menjadi pelengkap dari penganugerahan masyarakat musik selama ini atas komitmen Dave untuk terus berkarya membuat komposisi yang luar biasa. Permainan drum Weckl yang dynamik dan beragam membuat banyaknya musisi dunia yang terinspirasi karenanya. Hal ini didasarkan dari fondasi pengetahuan yang kuat yang mengakibatkan musisi-musisi tersebut respek akan karya-karyanya.

Lahir di St. Louis Missouri, 8 January 1960, dari seorang ibu yang sangat mencintai musik dan ayah yang hobi bermain piano, Weckl mulai bermain drum di usia 8.

Selama masa SMAnya, Weckl menerima banyak penghargaan dari NAJE (National Association od Jazz Educators) untuk performanya yang memukau dalam perlombaan band yang dimenangi oleh bandnya. Dalam usia mudanya, Weckl kecil sudah bergabung dengan banyak band lokal sembari belajar di daerah St Louis bersama gurunya Bob Matheny dan Joe Buerger.

Di usia ke 16, Weckl memulai karir profesionalnya dengan beragam band lokal yang beraliran pop maupun jazz. Di tahun 1979, Weckl pindah ke daerah Pantai Timur untuk belajar musik di University of Bridgeport, Connecticut. Dalam usianya yang ke 19, Weckl mulai mendapat pengakuan akan permainannya.

Pujian pun mulai berdatangan. Beberapa musisi studio seperti Steve Kahn, Michael Brecker, dan yang terutama seorang drummer hebat Peter Erskine memuji permainannya. Mereka melihat permainan Weckl ketika ia bermain di Club di Kota New York bersama bandnya yang bernama Nite Sprite. Peter Erskinelah yang kemudian merekomendasikan Weckl untuk gig besarnya yang pertama bersama French Toast, yang mempelopori Michael Camilo Band yang sudah cukup rutin rekaman dalam beberapa tahun.

Dari grup ini, Anthony Jackson (seorang Bassist legendaries) merekomendasikan Weckl untuk bermain dalam event yang bergengsi yaitu Tour reuni Simon and Garfunkel pada tahun 1983. Tidak lama berselang, Weckl menerima panggilan untuk bermain secara reguler mengisi di radio, jingle televisi, sesi sound track, dan rekaman dengan artis terkemuka semisal George Benson, Peabo Bryson, Diana Ross, dan Robert Plant, dll.

Di tahun 1985, Brecker merekomendasikan Weckl kepada Chick Corea yang pada saat itu sedang mencari drummer untuk band barunya, Elektric Band. Ini merupakan awal dari hubungan selama 7 tahun yang terjalin dengan band akustik dan elektrik Chick Corea, selama waktu tersebut telah diproduksi 9 rekaman dan 3 video, termasuk diantaranya penghargaan Grammy untuk album pertama Akustik Band bersama Chick Corea.

Permainan Weckl di Chick Corea Elektric Band yang inovatif dan mengundang decak kagum dalam penggunaan drum elektronik, maupun akustik membawanya kepada pengakuan dunia. Walaupun band ini sempat vakum di awal tahun 90an tetapi band ini kemudian melakukan tour kembali dari waktu ke waktu. Band ini juga mengeluarkan album konseptual yang berjudul “To The Stars” di pertengahan tahun 2004.

Sebagai Artis Solois, Weckl sudah merekam dan memproduseri sembilan album, termasuk di antaranya Masterplan, Heads Up, dan Hardwired. Di tahun 1998, Weckl menyadari sasarannya adalah untuk membentuk sebuah band yang akan berkeliling dunia, maka terbentuklah Dave Weckl Band. Sejauh ini sudah 5 album rekaman berhasil ditelurkan, diantaranya: Rhythm of The Soul, Synergy, Transition, Perpetual Motion, and Multiplicity. Band ini juga merilis album live, dan kompilasi dari Dave Weckl Band, dan juga sebuah video instruksional yang berjudul The Zone.

Walaupun sibuk dengan Dave Weckl Band, tetapi Weckl masih menyempatkan diri untuk menikmati pekerjaannya sebagai session drummer. Weckl bermain secara reguler bersama gitaris (Mike Stern), dan juga yang lainnya. Ketika sedang tidak menjalani tour, Weckl disibukkan sebagai seorang session player dan memproduksi karya musik di studio rumahnya di Los Angeles. Weckl juga menerima murid dalam jumlah terbatas, selain aktif mengeluarkan banyak video dan DVD instruksional.

Weckl mengatakan:
“Merupakan tujuan saya untuk menginspirasi sebanyak mungkin orang yang ingin bermain musik, baik itu bermain drum maupun instrumen lainnya. Terlepas dari segala hal negatif di dunia ini, saya rasa inilah kontribusi saya untuk memperoleh kebahagiaan spiritual.(Yang dapat kita peroleh dari musik). Pesan saya bagi orang tua, jika anak anda mempunyai talenta di bidang musik, berilah mereka kesempatan untuk mengembangkan bakat tersebut!”

1 komentar:

  1. khasiat dan manfaat jinten hitam (habbatussauda) memang sudah terbukti nyata.
    untuk pemesanan biji jintan hitam 100% asli murni tanpa campuran apapun silahkan hubungi saya.
    selain itu juga menjual crystal x, gluta drink dan gluco x informasi tentang
    crystal x asli
    harga crystal x
    manfaat crystal x
    susu gluta drink
    gluta
    manfaat gluta drink
    harga gluta drink
    harga gluco x
    manfaat gluco x
    gluco x asli ada disini, info lengkap silahkan klik link diatas

    BalasHapus