Selasa, Agustus 04, 2009

3 Kegiatan Asyik Untuk Otak Kita

1. Olahraga

Mulai lah berolah raga kembali karena olah raga dapat menekan kadar gula darah. Menurut penelitian Columbia University Medical Center, tinginya kadar gula darah berkaitan dengan berkurangnya kemampuan otak saat usia bertambah. Padahal semakin bertambah usia manusia, semakin tingi juga kadar gula darahnya.

Selain melakukan olah raga yang sudah rutin dilakukan, coba lah mempelajari olah raga baru. Misalnya bermain futsal atau voli pantai untuk olah raga permainan, atau mengikuti kelas step aerobic dan latin dance. Mempelajari sesuatu yang baru juga melatih otak untuk terus bekerja.

2. Membaca buku
Jangan pernah berpikir buku itu untuk anak-anak dan orang muda saja. Buku itu untuk semua umur. Karena itu, meski pun usia dan kesibukan bertambah, sempatkan membaca buku. Tak usah buku dengan topik yang berat dan rumit, membaca novel dan komik juga latihan untuk otak juga kok.

3. Minum kopi
Menurut peneltian yang dilansir Journal of Alzheimer’s Disease, kopi itu memperlambat kepikunan. Jadi, nikmatilah kopi, entah kopi tubruk panas, iced coffee latte, atau cappucinno.

Namun juga harus diingat, jangan kebanyakan. Maksimal tiga gelas kopi sehari akan membawa manfaat. Hal lain yang harus diingat, minuman seperti frappucino dan minuma kopi fusion lainnya mengandung banyak gula, jadi jangan dikonsumsi setiap hari.

(Warta-Kota)

1 komentar: