Selasa, Agustus 04, 2009

Biji Anggur Cegah Stroke

Biji anggur ternyata baik untuk mencegah stroke karena mengandung endungeoned pycnogenol yaitu zat penguat kolagen untuk kelenturan pembuluh darah (anti-aging), kata ahli kesehatan gizi masyarakat Institut Pertanian Bogor, Ali Khomsan, di Jakarta, Rabu (1/7/2009).

Menurut Ali, bertambah tua usia manusia, pembuluh darahnya akan semakin rapuh dan rentan terjadi penyumbatan, yang bisa mengakibatkan penyakit stroke maupun jantung koroner.

Pycnogenol berfungsi untuk melenturkan pembuluh darah yang juga rentan terjadi pembekuan.

Hasil penelitian Ali, zat pycnogenol tersebut banyak terdapat pada biji anggur, baik anggur lokal maupun impor dari beberapa negara lain.

"Yang terjadi selama ini, masyarakat kalau makan buah anggur justru dibuang bijinya, padahal manfaatnya luar biasa bagi kesehatan," kata dia.

Biji anggur juga bersifat lebih lunak dibanding biji lombok, sehingga tidak akan membahayakan kesehatan usus seperti usus buntu dan lainnya.

"Satu-satunya biji yang bisa membuat usus buntu hanyalah biji lombok, karena sifatnya keras dan tidak bisa dicerna oleh tubuh," kata dia.

Sementara itu, kulit anggur juga sangat kaya akan flavonoid yaitu zat yang mampu menghalau radikal bebas, karena kulit anggur mengandung zat oksidan lebih tinggi dibanding dengan vitamin C.

Dengan demikian kulit anggur sangat bagus untuk mencegah proses penuaan pada kulit, sehingga orang yang sering mengonsumsi buah anggur bersama kulitnya, akan tampak lebih segar.

Tingginya kandungan oksidan pada kulit anggur ini, kata Ali, membuat buah anggur juga sangat baik dikonsumi oleh perokok maupun orang yang tinggal di daerah dengan tingkat polusi udara cukup tinggi, seperti di Jakarta.

Sedangkan buahnya kaya akan kalium yang berfungsi untuk mengontrol tekanan darah. "Buah anggur itu seperti halnya buah kelapa, seluruh bagiannya memiliki manfaat bagi manusia," kata dia.

Buah anggur, kata dia, bagus dikonsumsi setiap hari dua porsi, satu porsi antara 6-8 biji. Namun demikian, tidak masalah bila harus diselingi dengan berbagai macam buah lainnya.

"Indonesia sangat kaya dengan buah-buahan, sehingga mengonsumsi berbagai jenis buah secara bergantian juga cukup bagus bagi kesehatan," kata dia.

Menghindari masih adanya zat kimia yang melekat dalam buah anggur, kata dia, sebaiknya sebelum dimakan buah tersebut dicuci secara bersih terlebih dulu.

"Tidak jarang orang mengonsumsi anggur dikupas kulitnya dan dibuang bijinya. Sebaiknya seluruh bagian buah yang harganya cukup mahal tersebut dimakan," kata dia. (Warta-Kota)

2 komentar: