Jumat, Agustus 28, 2009

Tanaman Pemakan Tikus dan Kodok




























Di puncak tertinggi Gunung Victoria di Pulau Palawan yang terpencil di Filipina, hidup sejenis tanaman karnivora raksasa. Sementara kantong semar kebanyakan sebatas merengkuh dan menyantap serangga, jenis kantong semar yang satu ini bisa menelan hewan sebesar tikus.

Kantong semar Nepenthes attenboroughii ini ditemukan sekelompok misionaris di saat mereka berjalan kaki.
Mereka terkejut, bertanya-tanya, dan melaporkannya kepada media setempat. Kantong semar itu lalu muncul dalam Botanical Journal of the Linnean Society setelah dilaporkan Stewart McPherson, ahli botani dari Red Fern Natural History Productions, yang menelitinya sejak 2000.

Nepenthes attenboroughii, yang bisa tumbuh setinggi lebih dari 1 meter dengan struktur kantongnya yang berisi cairan, adalah tanaman karnivora kedua terbesar di dunia. Tanaman itu mensekresikan nektar di sekitar mulut kantong sebagai umpan untuk menarik perhatian tikus, serangga, dan mangsa lainnya.
Begitu ada "daging" yang masuk perangkap, enzim-enzim dan asam-asam dalam cairan akan berperan menghancurkan jasad korbannya yang mati tenggelam itu.

McPherson mengatakan bahwa semua tanaman karnivora sebenarnya telah berevolusi dengan hanya menyantap serangga, tapi jenis yang besar seperti ini bisa memangsa tikus, kadal, dan kodok. Sungguh luar biasa bahwa selama ini hidup satu jenis tanaman sebesar ini dan tidak ada yang mengetahuinya.


Kantong semar terbesar di dunia, Nepenthes rajah, ditemukan naturalis Inggris, Hugh Low, di Borneo pada 1858. Perilakunya yang bisa menelan seekor tikus terungkap empat tahun setelah penemuannya ketika kolega Low, Spenser St. John, menemukan bangkai tikus di dalam satu spesimennya. McPherson tidak yakin jenis-jenis tanaman kantong semar raksasa itu bisa dimanfaatkan sebagai alat perangkap tikus seperti ada yang pernah bertanya kepadanya.


Tikus dan celurut memang mudah datang ke manis nektar yang dihasilkannya, tapi tanaman itu hanya menjebaknya di saat tertentu. Memanfaatkannya sebagai alat perangkap menjadi tidak praktis. Lagi pula akan ada terlalu banyak tikus yang harus ditangkap tanaman itu. (KoranTempo)

Minggu, Agustus 23, 2009

Apa Obat Diare (Mencret) Paling Mudah dicari dan dibeli? (versi gue)

Mungkin banyak orang yang kebingungan saat mereka atau anak mereka menderita diare terus-menerus, namun tidak perlu terlalu panik atau salah tingkah atau bingung dan sebagainya ... hehe..

Menurut saya, pengobatan diare/mencret paling mudah adalah ..

---> Minum saja larutan elektrolit yang banyak dijual di toko 'Indomaret' atau 'Alfamart' seperti minuman 'Pocari Sweat' atau 'Myzone',..dosis sekitar 2-3 x sehari,... bila perlu ditambah buah pisang.

Mudah kan...hemat 'biaya dokter'.

Sabtu, Agustus 22, 2009

Ahmad Dhani nikahi Janda atau Istri Orang?


Pengakuan Ahmad Dhani bahwa dia telah memiliki istri baru bukan sekadar bualan. Sebuah tabloid hiburan memajang foto seorang wanita yang disebut-sebut sebagai istri siri bos Dewa 19 ini.

Wanita itu diketahui bernama Yuni, mantan istri wartawan sebuah mingguan olahraga. Sigit Nugroho, mantan suami Yuni, seperti dikutip Bintang Grup mengatakan, Yuni sebenarnya wanita biasa yang hidup sangat sederhana selama menjadi istrinya.

”Dia mulai berubah sejak berpisah dengan saya,” ujar Sigit. Dia menambahkan, proses cerainya belum selesai karena masih menunggu putusan kasasi dari Mahkamah Agung.

Sementara itu, kerabat Yuni mengatakan bahwa Dhani-Yuni sudah menikah siri pada akhir 2008. ”Pilihan Dhani jatuh pada janda yang seksi. Kecantikannya sangat alamiah. Yuni sudah bercerai dari suaminya dan katanya ingin membina rumah tangga dengan Dhani yang dianggap cukup bertanggung jawab dan bisa menjadi imam,” kata sumber itu seperti dilansir laman tabloidnova.com.

Sikap dan tanggung jawab Dhani, kata Yuni, tak hanya terlihat dari bagaimana Dhani memperlakukan dia, tapi juga perhatiannya kepada dua anak dia dari perkawinannya terdahulu. Kedua anak itu adalah Ola (5) dan Ole (7).

”Memang anak-anak itu diasuh oleh ayahnya. Tapi jika kangen, Yuni boleh bertemu mereka,” kata kerabat Yuni tersebut.

Bentuk perhatian lain, Dhani telah memberi Yuni rumah di sebuah kompleks perumahan di Kampungmelayu, Jakarta Timur. Juga sebuah mobil Honda Jazz.

Sumber yang lain mengatakan, Yuni tidak tinggal di rumah Dhani di Pinangmas, Pondokindah, Jakarta Selatan. ”Tapi dia sering bolak-balik mengunjungi Dhani. Yuni juga sudah akrab dengan Al, El, dan Dul. Mereka biasa menyapa Yuni dengan panggilan Bunda. Yuni hanya sesekali menginap dan kadang diajak serta Dhani pergi konser ke luar kota,” ujarnya.

Samsul Huda, pengacara sekaligus manajer Dhani, membantah kabar bahwa bos Dewa ini telah menikahi janda dua anak bernama Yuni. Menurut dia, nama Yuni tidak dikenal oleh Ahmad Dhani. Jadi, jangankan bertemu apalagi merajut asmara di rumah Dhani, di kawasan Pinangmas.

”Tadi pagi saya sudah telepon Dhani, yang saat ini sedang di Medan untuk urusan pekerjaan, yaitu iklan minuman ringan. Saya tanya kenapa ada nama Yuni dan Dhani dibawa-bawa sampai ke kabar menikahi perempuan itu. Dan, Dhani hanya menjawab bahwa dia tidak pernah mengenal wanita bernama Yuni,” kata Samsul Huda, saat ditelepon, Rabu (19/8).

Menurut Samsul, Yuni memiliki hubungan dengan Memet, karyawan Republik Cinta. Adik perempuan Yuni merupakan pacar Memet. Jadi, bisa ditarik kemungkinan nama Yuni itu diketahui karena adanya cerita dari pihak lain. Sebab Memet sering mengajak pacarnya ke kantor Republik Cinta, di dekat rumah Dhani.

Kabar pernikahan Dhani dan Yuni itu terus merebak. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa Dhani membelikan Yuni sebuah rumah di Jalan Pedati I, Kampungmelayu, Jakarta Timur.

Padahal, Yuni masih dalam proses cerai dengan suaminya, meski keduanya sudah pisah rumah selama beberapa bulan.

”Nah kabarnya kok malah makin menjadi-jadi sampai ke membelikan rumah segala. Kenal saja nggak, ketemu belum pernah, dan nggak punya hubungan apa-apa, kok malah jadi bisa belikan rumah segala. Itu juga nggak benar. Itu semua cuma rangkaian cerita yang saya yakin dari guyonan yang pernah dilontarkan Dhani di depan wartawan,” kata Samsul.

Dia menambahkan, ”Akhirnya, mungkin dijadikan guyonan lantaran wartawan itu senengnya nanya yang nggak jelas. Terus habis itu coba dihubung-hubungkan.”

”Pokoknya, sampai saat ini Dhani tidak pernah mengenal atau sampai bertemu dengan wanita bernama Yuni itu. Apalagi sampai ada kabar sudah dinikahi segala. Ini hanya kabar yang dirangkai-rangkai saja, karena dalam posisi yang kebetulan saja,” kata Samsul lagi.

Yuni sendiri belum bisa dihubungi. Ketika disambangi ke rumahnya, menurut pembantunya Yuni sedang tidak ada di rumah.

Jauh sebelum muncul nama Yuni, Dhani diisukan telah menikah dengan Mulan Jameela. Isu itu dikait-kaitkan dengan seringnya Dhani kepergok jalan bareng Mulan. (WartaKota)

Akhirnya pusat layanan BlackBerry diresmikan di Indonesia

Produsen BlackBerry, Research In Motion (RIM), akhirnya secara resmi mengumumkan beroperasinya pusat layanan produknya di Indonesia.

"RIM mengonfirmasikan bahwa BlackBerry Authorized Repair Center yang didirikan di Jakarta mulai beroperasi hari ini," demikian pengumuman yang disampaikan RIM melalui surat elektronik yang diterima KONTAN, Jumat (21/8).

Namun, pengoperasian fasilitas reparasi RIM tersebut mendahulukan kebijakan pemerintah negeri ini. Sebab, kabarnya Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) belum mengeluarkan keputusan terkait penilaian terhadap pusat layanan yang dibangun RIM di Indonesia.

Fasilitas reparasi RIM buah dari hasil kerja sama dengan Teleplan yang konon berada di Sunter, Jakarta Utara, itu akan melayani perbaikan untuk semua jenis smartphone BlackBerry yang bergaransi dan dijual melalui jalur-jalur resmi RIM di Indonesia.

Selain itu, RIM juga telah menunjuk beberapa BlackBerry Authorized Customer Care Centers di Indonesia yang akan berhubungan langsung dengan para pelanggan dan akan menambah beberapa pusat layanan pelanggan dalam waktu dekat.

Kabar tersebut dibenarkan oleh Kepala Pusat Informasi dan Humas Depkominfo Gatot S Dewa Broto. Menurut Gatot, akan ada 10 gerai pusat layanan yang akan dibuka RIM dengan sejumlah operator. "Tujuh di antaranya berada di Jakarta, 2 di Surabaya, dan 1 di Bandung," beber Gatot.

Sepuluh gerai tersebut merupakan hasil kerja sama RIM dengan Telkomsel (2 gerai di Jakarta), XL (3 gerai di Jakarta dan 1 Surabaya), Axis (2 gerai di Jakarta, 1 di Surabaya, dan 1 di Bandung)

Sayangnya, Gatot enggan menjelaskan soal penilaian pusat layanan RIM tersebut. "Kami akan lakukan sidang pleno bersama anggota Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia pekan depan untuk mengevaluasi fasilitas itu," ujar Gatot.

Gatot menyatakan, tim Depkominfo akan melakukan evaluasi terhadap kemampuan memberikan layanan total solution. "Semua perbaikan harus bisa dilakukan di tempat tersebut, demikian pula soal pengadaan spare part, juga harus bisa dipenuhi di dalam negeri," ujar Gatot. (WartaKota)

Jumat, Agustus 21, 2009

Indonesia faces a Wave of Refugees from Afghanistan

In the past 18 months, hundreds of asylum seekers from Afghanistan have flocked to Indonesia, in the hope of reaching neighboring Australia. But for many, the journey stops in Indonesia, which has not signed the international convention on refugees and does not grant them asylum. Those people are trapped, waiting for another country to accept them.


Refugees detained

Illegal migrants from Afghanistan who want to go to Australia sit on the floor as they wait for questioning at the immigration office in Cilegon, Indonesia (File)
Illegal migrants from Afghanistan who want to go to Australia sit on the floor as they wait for questioning at the immigration office in Cilegon, Indonesia
Ali made the long and dangerous journey from Afghanistan to Indonesia alone. At age 16, he has few hopes for a bright future.

"I have lost my whole family. It only remains me," he said. "I don't feel secure because my enemies are always telling me 'I will kill you'. I don't feel secure myself. 'Til now."

Life for Afghan refugees in Indonesia is tough. They are considered illegal immigrants and put in detention centers upon arrival.

Ali Ahadi says he has spent months in the Kalideres center in Jakarta, where living conditions are grim. Few visitors are allowed at the center, so over the telephone he describes an unsafe, dirty, overcrowded facility, with inadequate food.

"That's the type of place for people who are transporting opium. Put them there. But you should not put the refugees inside a jail," he said.

About 1,300 Afghan refugees are detained throughout Indonesia, in facilities that are designed to house less than 400 people. The refugees are held until they complete the lengthy process to be recognized as asylum seekers, and then are placed under the care of the United Nations.


A life away from family

Maroloan Barinbing, the spokesman for the Indonesian immigration office, acknowledges that local authorities are overwhelmed by the recent inflow of refugees. But he says the international community should deal with this problem, because the refugees only planned to transit through Indonesia on their way to another country.

Most of the asylum seekers from Afghanistan arrived less than 18 months ago. Most say they left their country because they had no choice: it was either exile or risk being killed by one side or another in the country's war.

In one of the hostels that houses refugees, three men are busy baking a thin, round bread from Afghanistan.

Abdul Hakem, a Shia Muslim, and comes from the Azara ethnic minority, says a year and a half ago, he managed to escape from a Taliban prison, and fled Afghanistan. It was the last time he had any news from his wife and their four children. He says the situation for people like him in Afghanistan is getting worse. "I think about my family every day", he says. "It drives me crazy".

Afghan displaced woman holds her child as at a camp in Kabul (File)
Afghan displaced woman holds her child as at a camp in Kabul
Abdul is not likely to see his family again for some time. His travels are not over: since Indonesia does not grant asylum, he is waiting for a third country to take him in. That could take years.

Ali Reza Noori arrived in Indonesia in 2001. For the past seven years he has had no income except for aid from U.N. agencies. He can not work and has limited freedom of movement. He can only wait. But now he does not regret the making the journey.

"I feel safe here. When I was in Afghanistan, I was always thinking 'What will happen to me?', you know? Actually, I've been very disappointed and also hopeless during these seven years. But I've just been accepted as a refugee, three or four months ago," he said. "And that's a hope for me to get to Australia someday, to continue my real life in there."

Ali says he does not want to imagine what his life will be like once he reaches Australia. He could not bear being disappointed again. It might still be months before he boards a plane, settles somewhere, gets a job, makes plans for the future. He is 25, and his adult life has yet to begin.


(Voa-news#20 August 2009)

Kamis, Agustus 20, 2009

Baghdad Blasts Kill 95

Fire fighters respond as smoke billows over Iraqi Foreign Ministry, after massive bomb attack in Baghdad, 19 Aug 2009
Fire fighters respond as smoke
billows over Iraqi Foreign Ministry, after massive bomb attack
in Baghdad, 19 Aug 2009
Multiple explosions in the Iraqi capital have killed 95
people and wounded at least 310 others, in the worst day of violence in Baghdad since U.S. forces left urban areas in June.

One of the biggest bombs went off outside Iraq's Foreign Ministry, causing casualties both inside and outside the heavily fortified building.

The blast shattered windows in the nearby parliament building, where lawmakers were in session.

Another truck bomb exploded outside the Finance Ministry, while police say mortar or rocket attacks struck other government buildings in the capital.

Baghdad's hospitals were overwhelmed by the number of injured, with reports that some victims were turned away for lack of space to treat them.

The explosions came within minutes of each other, suggesting tight coordination, while the ability of two trucks laden with explosives to pass through various checkpoints to reach the center of Baghdad marked a major security breach.

The attacks are the deadliest in Baghdad since the June 30 withdrawal of U.S. forces from Iraqi cities. They are also the latest in a spate of explosions, after a period of relative calm, as the nation prepares for elections early next year.

Professor Abdallah Al-Ashaal of the American University in Cairo says the situation poses a dilemma for both the Iraqis and the United States.

"The United States wants to get out from Iraq as soon as possible, according to their schedule, and they want to leave Iraq secure at the same time," he said.

For Iraq, the violence further casts doubt on whether the government will be able to provide security for its citizens, or even provide enough stability to carry out the elections.


- 19 August 2009

(Voa-news)


Rabu, Agustus 19, 2009

Obat Flu Paling Mujarab (versi gue)

---> Minum Teh Manis Hangat/Panas + Satu tablet Biogesic 500 mg (bila perlu ditambah buah pisang dan madu)

Dosis: Minum sehari 2x.

Mengapa tak memakai obat pengencer dahak? karena kelemahan dari obat pengencer dahak adalah membuat pasien batuk terus-menerus sehingga dapat membuat rasa ngilu/linu yang berkepanjangan pada otot leher dan bahu si pasien walaupun sudah dipijat berkali-kali.

Selasa, Agustus 18, 2009

AVG Dengan Bahasa Indonesia

Kalangan ahli anti-virus meyakini bahwa nilai kerugian akibat serangan virus komputer selalu meningkat dari tahun ke tahun, sama sebangun dengan meningkatnya beredarnya virus yang berlipat ganda yang selang tahun 2008-2009 saja setidaknya telah bermunculan sekitar sejuta virus baru. Kerugian produktivitas aktivitas kerja perkantoran dan bisnis global akibat serangan virus komputer untuk tahun 2008/2009 ditaksir bernilai hingga bermilyar dollar AS.


Pasaran piranti lunak anti-virus di Indonesia dianggap prospektif untuk kemudian disikapi dengan jitu oleh perusahaan AVG Technologies dengan secara khusus yang menyajikan anti virus dalam Bahasa Indonesia. Indonesia semakin dipandang sebagai pasar bisnis yang terus tumbuh subur dan menjanjikan. Memang sesungguhnya beberapa perusahaan teknologi global pun semakin banyak menyajikan isi bermuatan lokal atau Bahasa Indonesia dalam sajian layanan yang disajikan, contohnya tampilan situs bahasa Indonesia dengan fasilitas terjemahan on-line dari Google, situs jejaring sosial populer Facebok serta Friendster versi Bahasa Indonesia, dan yang terkini yakni browser OperaMini versi Bahasa Indonesia yang menyebar luas seiring dengan booming on-line melalui perangkat hp yang dapat mengakses Facebook.

“Dalam lingkungan online yang kompleks saat ini, kami percaya bahwa semua pengguna komputer mempunyai hak untuk memiliki pengalaman komputasi yang aman dan bebas-virus,” kata Karel Obluk, CTO of AVG Technologies. “Dengan perkenalan produk bahasa lokal, kami menawarkan proteksi lengkap melawan ancaman web yang telah disesuaikan dengan pengguna di Indonesia.”

Hingga kini apikasi anti-virus AVG diklaim digunakan oleh 80 juta pengguna di seluruh dunia. Selain dapat mendownload anti-virus AVG, pengguna juga dapat berdiskusi dalam forum yang disediakan.

Aplikasi anti-virus terkini AVG Internet Security 8.5 versi bahasa Indonesia dapat diunduh dari situs: http://www.avgid.com/id.lite-homepage

Mengapa Bomber Disebut 'Pengantin' ?

Jakarta - Selain Noordin M Top, gembong teroris yang paling dicari oleh aparat kepolisian adalah Saefudin Jaelani. Pedagang obat-obat herbal dan ahli pengobatan bekam ini ternyata orang yang bertugas merekrut calon pelaku bom bunuh diri.


Danni Dwi Permana, 18 tahun, bomber Hotel JW Marriott, adalah hasil rekrutan Jaelani. Polisi menduga keras ustaz asal Cirebon, Jawa Barat, itu juga merekrut 14 pemuda lain untuk dijadikan "pengantin". Pengantin adalah istilah yang digunakan oleh kelompok teroris bagi calon pengebom bunuh diri.

Mengapa pengebom bunuh diri disebut pengantin?

David Brooks menulis mengenai "The Culture of Martyrdom" (Majalah Atlantic edisi Juni 2002) dan mencoba mengkaitkan dengan sejarah pengebom bunuh diri di kalangan pejuang Palestina yang menentang pendudukan Israel.

Brooks mengutip laporan wartawan Pakistan Nasra Hassan yang mewawancarai 250 orang yang merekrut dan melatih para calon pelaku bom bunuh diri di Palestina selama kurun waktu dari tahun 1996 sampai 1999.

Kesimpulannya, pengebom bunuh diri umumnya sangat loyal kepada kelompoknya. Mereka melalui proses indoktrinasi dan cuci otak persis seperti yang dilakukan oleh Jim Jones pemimpin Sekte Matahari kepada para jemaahnya menjelang bunuh diri masal tahun 1977.

Calon pengebom dikelompokkan ke dalam sel-sel kecil dan diberikan ceramah agama serta melakukan ritual ibadah yang intensif. Mereka diajak untuk melakukan jihad (meski pemahaman akan jihadnya menyesatkan), dibakar kebenciannya terhadap musuh (biasanya simbol-simbol Barat dan pendukung Israel) dan diyakinkan akan masuk surga sebagai balasan tindakannya.

"Pengebom bunuh diri dicekoki bahwa surga terbentang dibalik detonator pemantik bom dan ajal kematian akan dirasakan tidak lebih dari sekedar cubitan (yang sama sekali tidak menyakitkan)," tulis Brooks.

Bahkan perekrut kadang meminta calon pengebom bunuh diri untuk terlentang di lubang kubur kosong, sehingga mereka bisa merasakan bagaimana tentramnya kematian yang akan tiba. Sebaliknya kepada mereka diingatkan secara terus menerus bahwa hidup di dunia itu fana, sementara, banyak penderitaan, cobaan dan penghianatan.

Yang abadi adalah di surga dimana ada 72 bidadari yang menunggu dengan penuh cinta.

Mungkin karena akan bertemu dan menikah dengan bidadari di surga itu, maka si calon pengebom bunuh diri disebut sebagai pengantin. Lalu saat bom meledak dan nyawa si pelaku melayang disebut sebagai "perkawinan", yakni pertemuan antara jiwa si pelaku dengan sang bidadari.

Tulis surat wasiat,

Jika calon pengebom bunuh diri itu telah tamat dicuci otaknya dan siap menjalankan misinya, mereka diminta menulis surat wasiat dan menyampaikan pesan-pesan terakhirnya dalam rekaman video.

Salah satu pesan dari seorang pelaku bom bunuh diri yang dikutip dari laporan Nasra Hassan adalah "Aku akan membalas dendam atas anak-anak monyet dan babi, yaitu orang kafir, Yahudi, dan musuh-musuh manusia. Aku akan segera bertemu dengan saudaraku para syuhada yang lebih dulu masuk surga".

Ketika calon pengebom bunuh diri sudah membuat wasiat dan merekam pesan terakhirnya di rekaman video, maka tidak ada kata untuk mundur lagi. Membatalkan misi bunuh diri sangat memalukan. Ia tinggal mensucikan diri, berdoa dan membawa bom untuk diledakkan di tempat yang diperintahkan kepadanya: bisa di pasar, diskotik, bus, atau markas tentara.

Achyar Hanif, seorang ustadz dan alumnus dari New York University, Amerika Serikat, yang mengamati perilaku pengebom bunuh diri menyatakan anak-anak muda yang direkrut menjadi pengantin umumnya tidak tahu apa-apa. Anak-anak remaja itu dicekoki, diindoktrinasi, diprovokasi untuk membenci dengan dalih-dalih agama yang sesungguhnya menyesatkan.

Sebab, katanya, dalam ajaran Islam, bunuh diri itu dilarang, apalagi membunuh orang lain.

Bahkan pada saat dalam keadaan perang pun, menyakiti orang-orang tak berdosa dilarang oleh nabi Muhammad . Masuk dalam kategori "noncombatant", ini adalah wanita, anak-anak, dan orang-orang uzur dan tua. Selain itu, dalam perang sekalipun tidak diperbolehkan untuk menghancurkan tanaman dan bahan pangan.

"Hal itu karena Tuhan itu maha pengasih dan maha penyayang. Islam adalah perdamaian," kata Achyar Hanif.

Orang tanpa harapan

Mengenai semakin banyaknya anak-anak muda yang menjadi pelaku bom bunuh diri di Indonesia, Achyar menekankan pentingnya semua pihak mengatasi persoalan kemiskinan, pengangguran, dan persoalan sosial

"Para teroris mengincar remaja yang putus sekolah, pemuda yang tidak punya pekerjaan, orang-orang yang punya pendapatan tapi sangat rendah. Orang-orang tanpa harapan inilah yang direkrut, dibina, dicuci otaknya untuk menjadi teroris," tegasnya.

Hasil penelitian Dr. Yusef Yadgari menyebutkan bahwa sebagian pengebom bunuh diri dilandasi oleh keputusasaan dan mereka umumnya datang dari kelompok masyarakat yang miskin dan marjinal.

Di Afghanistan, menurut Yadgari, statistik menyebutkan bahwa 80 persen pelaku serangan bunuh diri memiliki cacat fisik dan persoalan mental.

Sebanyak 110 kasus serangan bunuh diri di Afghanistan pada tahun 2007 dilakukan oleh pelaku yang memiliki masalah kesehatan seperti kanker, lepra, atau penyakit akut lainnya.

Sebagian lagi tercatat memiliki persoalan kejiwaan seperti anti-sosial, trauma, penyimpangan perilaku, paranoid, kebencian yang berlebihan, kemarahan yang tak terkendali dan narsistis.

Profil penyerang bunuh diri di Timur Tengah menurut studi terakhir adalah 83 persen belum menikah, 64 persen berusia antara 18-23, dan 29 persen setidaknya lulus SMA.

Jika dilihat siapa yang melakukan pengeboman bunuh diri di Indonesia, angka statistik di Timur Tengah tersebut tidaklah jauh berbeda. Danni Dwi Permana, pelaku bom bunuh diri di hotel JW Marriott berumur 18 tahun. Ia baru saja lulus SMA Yadika 7 Bogor. Pekerjaannya adalah marbot atau penjaga masjid. Sementara Zulkifli Aroni, ayah Danni, sedang menjalankan pidananya di penjara. Tini Larantika, ibunya, bekerja di Kalimantan sehingga Danni harus hidup dan menghidupinya sendirian.

Sebagaimana pengakuan Tini, puteranya itu telah menjadi korban teroris yang merekrutnya dengan penerapan konsep jihad yang salah. Memang kepada Tini, Danni pernah mengatakan ingin berjihad. Namun, jihad yang ia katakan adalah berdakwah dari mesjid ke mesjid. Tini sangat terpukul jihad anaknya itu berubah menjadi jihad yang menyakiti orang.

Tini tetap yakin bahwa Danni itu bukan teroris, melainkan hanya korban. Berjihad itu, katanya, bukan dengan menjadi teroris. Tapi apa lacur, kelompok teroris telah merekrutnya dan telah mencuci otaknya. Dengan kenaifannya, Danni pun bersedia menjadi pengantin. Oh, Danni yang malang.

(
Akhmad Kusaeni/Antara)

Mubarak: Peace Agreement Required Before Israeli Recognition

Egyptian President Hosni Mubarak, who is in the United States for talks, says Arab nations would recognize Israel only after a just and comprehensive Mideast peace deal is reached.

Mr. Mubarak told Egypt's state-run newspaper al-Ahram that Israel must halt settlement construction and resume peace negotiations with Palestinians, before Arab countries can normalize ties with the Jewish state.

President Mubarak is scheduled to meet with Secretary of State Hillary Clinton in Washington Monday, and to hold talks with President Obama Tuesday.

The Egyptian leader told the newspaper some Arab countries that exchanged representatives and trade offices with Israel might consider re-opening those offices if Israel commits to a settlement freeze.

During a visit to the region last month, U.S. Middle East envoy George Mitchell called on Arab states to take "meaningful steps" to normalize relations with Israel. (VOA-news)

Truck Bomb in Russia's Caucasus Kills 20

At least 20 people have been killed and 100 others wounded after a suicide bomber blew up a truck at a local police station in Russia's volatile North Caucasus region.

Policemen work at the site of explosion in a police compound in Nazran, 17 Aug 2009
Policemen work at the site of explosion in a police compound in Nazran, 17 Aug 2009
Police say the bomber detonated a truck packed full of explosives in Nazran, the capital of Ingushetia. The bomb exploded at the gate of the local police headquarters just as officers were lining up for work early Monday.

Ingushetia's Interior Ministry Spokeswoman Marina Hajiva described the scene to Russian television speaking through an interpreter.

"Rescue workers are going [to] the site of the terrorist attack in Nazran. Investigation and fire crews are operating at the scene. Let me remind you that at nine this morning someone drove a vehicle stuffed with explosives through the gates of the Nazran region internal affairs building. This caused an explosion and fire," Hajiva said.

The blast also triggered a fire in a weapons room and ammunition was detonated. Witnesses say that the explosion could be heard throughout the city. The bombing is the latest in a string of deadly attacks in Russia's volatile North Caucus region.

Last week, Ingushetia's construction minister was shot to death in his own office. He had been investigating construction fraud throughout the region. In June, Ingushetia's president was severely wounded in a suicide car bomb attack and a supreme court justice was killed after dropping her children off at school.

Russian President Dmitry Medvedev says Moscow will take additional measures to ensure security in the region, which borders Chechnya. Officials blame the violence on Islamic militants and separatist groups. (VOA-news)

Sabtu, Agustus 15, 2009

Brain radiotherapy affects mind


A study of 65 patients, 12 years after they were treated, found those who had radiotherapy were more likely to have problems with memory and attention.

Writing in The Lancet Neurology, the researchers said doctors should hold off using radiotherapy where possible.

One UK expert said doctors were cautious about using radiotherapy.

The patients in the study all had a form of brain tumour called a low-grade glioma - one of the most common types of brain tumour.

In these cases radiotherapy is commonly given after initial surgery to remove the tumour, but there is some debate about whether this should be done immediately or used only if the cancer returns.

It is known that radiation treatment in the brain causes some damage to normal tissue and the study's researchers suspected it could lead to decline in mental function.

A previous study in the same patients done six years after treatment found no difference in aspects like memory, attention and the speed at which people could process information, in those who had received radiotherapy.

But the latest research, carried out more than a decade after original treatment, did find significant variation in the results of several mental tests between those who had had radiotherapy and those who had not.

In all, 53% of patients who had radiotherapy showed decline in brain function compared with 27% of patients who only had surgery.

The most profound differences were in tests to measure attention.

Delaying treatment

With an average survival of ten years for this type of tumour, the researchers said patients undergoing radiotherapy were at considerable risk of developing problem years down the road.

One option for doctors would be to delay when patients received radiotherapy, reserving it in case the tumour returned, they advised.

"It always depends on the patient, but if it is possible to defer radiotherapy, maybe people should," said study leader Dr Linda Douw, from the Department of Neurology at VU University Medical Centre in Amsterdam.

But she added that more research was needed and there were trials under way to look at other treatments such as chemotherapy.

In an accompanying article, experts from the Mayo Clinic in Rochester, USA, said it was hard to draw conclusions because radiotherapy had improved since the patients in the study had been treated, but agreed more studies were needed.

Dr Jeremy Rees, a Cancer Research UK scientist at the National Hospital for Neurology and Neurosurgery Honorary said they would usually try to avoid giving radiotherapy to patients with low-grade glioma, unless the tumour was progressing or the patient had epilepsy not controlled on standard medication.

"Surgery is generally a preferred option with chemotherapy or radiotherapy coming into play at a later stage, if the glioma progresses.

"Continued research and increased knowledge about the disease is enabling us to treat it increasingly effectively while reducing side effects."(BBC)

Gang kills seven in Russian sauna

Russian police are hunting gunmen who killed seven women at a sauna and four policemen at a checkpoint in the troubled southern region of Dagestan.

The attack happened on Thursday in the town of Buynaksk, 41km (25 miles) from the regional capital Makhachkala.

Police say they know the identities of some of the gunmen, who fled into a forest after the attack.

Separately, four policemen and two militants were killed in a clash near Grozny, in neighbouring Chechnya.

Moscow has been keen to portray Chechnya and the region as an area returning to normal after years of unrest.

But these latest attacks form part of a wider pattern: a growing anti-Kremlin, Islamist insurgency that appears to be spreading across the North Caucasus, the BBC's Gabriel Gatehouse reports.

On Friday police shot and killed three militants near a village in Dagestan's Derbent district, officials say.

In Thursday's attack in Dagestan, at least 15 gunmen opened fire on a traffic police checkpoint on the edge of Buynaksk, Russian media quoted local police as saying.

The gunmen are reported to have hijacked a minibus, which they later abandoned.

They went on to attack a sauna at a nearby health complex, killing seven women workers there.

Dagestan has been plagued by violence in recent years, much of it linked to the conflict between security forces and separatist rebels in Chechnya, a mainly Muslim Russian republic.

Russian forces have fought two wars against Islamist rebels in Chechnya since 1994. The conflicts claimed more than 100,000 lives and left it in ruins.

Clashes with militants are also common in Ingushetia, which borders on Chechnya to the west.

(BBC)

Kamis, Agustus 13, 2009

Ralat - Ternyata Ibrohim yang tewas dan bukan Noordin M Top

Polri mengumumkan identitas mayat yang tewas tertembak di Temanggung, Jawa Tengah, akhir pekan lalu. Pria tersebut bukanlah Noordin M Top, melainkan Ibrohim alias Boim yang selama ini mengilang pascaledakan bom di Hotel JW Marriott dan Ritz-Carlton, Juli lalu.

Pernyataan tersebut diungkapkan Brigjen Eddy Suparwoko, Kapusdokkes Mabes Polri, dalam konferensi pers di RS Polri Kramatjati, Rabu (12/8).

"Memang, saya ingin menceritakan sedikit khusus untuk yang di Temanggung. Jadi, kita running dan compare dengan sampel. Kita bandingkan dengan keluarga di Johor Bahru, Cilacap, tidak cocok semua," kata Eddy.

"Kita bandingkan dengan keluarga di Cilimus, yaitu dengan istri dan kedua putra-putrinya, satu perempuan dan satu laki-laki, ternyata match 100 persen. Artinya almarhum adalah Ibrohim, alias A'an di rumahnya, alias Boim di tempat kerjanya," kata Eddy.

Ibrohim, pria empat anak asal Cirebon, Jawa Barat, ini dipastikan terlibat atas pengeboman yang terjadi di Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Peran Boim dalam aksi pengeboman yang menewaskan sembilan orang tersebut adalah membantu menyelundupkan bahan peledak ke dalam hotel mewah tersebut.

Dalam kesempatan itu Polri juga menayangkan sejumlah rekaman CCTV yang menggambarkan aktivitas Boim sebelum peledakan. Boim yang melakukan survei ke bagian lobi hotel. Boim juga yang menurunkan sejumlah bungkusan besar dari sebuah mobil pikap di lahan bongkar muat Hotel JW Marriott.

"Berdasarkan keterangan sopir, saat ia mau menurunkan barang, ia dilarang oleh Boim. Lalu, Boim sendiri yang mengangkat barang tersebut dan meletakkannya di kamar 1808," kata Kepala Divisi Humas Markas Besar Polri Irjen Nanan Soekarna dalam kesempatan yang sama.

"Tanggal 8, Boim survei masuk ke dalam Ritz-Carlton bersama Nana—pelaku bom bunuh diri—melalui lift karyawan. Tanggal 16, ia membawa masuk bom dan menyerahkan ke kamar 1808. Jadi, bom bukan dibawa oleh Danni waktu check in, tapi dibawa oleh Boim tanggal 16. Tas Danni memang tidak ada bom. Di depan sudah bagus, tapi ternyata di loading dock tidak bisa masuk," kata Nanan.


Jenazah Ibrohim sudah dimakamkan di di TPU Pondok Rangon, Jakarta Timur, 12 Agustus 2009. Kuburan Ibrohim berada di Blok 18 AI Unit Islam.

Pemakaman jenazah Ibrohim hanya disaksikan polisi, wartawan, para penggali kubur, dan satu dua anggota keluarga. Istri Ibrohim, Sucihani, sebenarnya ikut mengantar ke TPU. Tapi ia bertahan di mobil polisi.

"Dia syok berat. Dia tak kuat untuk mengantar suaminya ke liang lahat. Jadi dia bertahan di mobil ditemani anggota perempuan," ujar seorang polisi.

Begitu pemakaman rampung, Sucihani dibawa keluar TPU dengan mobil yang sama. Di belakangnya, terlihat mobil pengawal yang ditumpangi anggota Densus 88 yang berpakaian preman.

Sebelumnya, jenazah Ibrohim dibawa dari RS Polri Kramatjati sekitar pukul 15.30. Jenazah pria yang tewas di usianya yang ke-37 tahun itu dimasukkan ke dalam peti jenazah dan diangkut dengan mobil jenazah warna abu-abu milik polisi. Mobil tersebut mendapat pengawalan ketat dari aparat.

Ibrohim merupakan florist di Hotel JW Marriott dan ditengarai kuat terlibat pengeboman Hotel Ritz Carlton dan JW Marriott. Ia direkrut sebagai anggota kelompok teroris Noordin M Top dan diselundupkan ke hotel sebagai pegawai outsourcing. Pembinaan terhadap Ibrohim sangat lama.

Keluarga Ibrohim tinggal di Kuningan, Jawa Barat. Ibrohim yang memiliki empat anak hanya sesekali pulang ke Kuningan. (Warta-Kota)

Rabu, Agustus 12, 2009

Hewan Terberat di Dunia

Bahwa Mammalia (binatang menyusui) yang terbesar dan terberat di dunia terberat di dunia terdapat di laut. Binatang ini tak lain dan tak bukan adalah ikan paus yang dikenal dengan nama “Blue Whale” atau “Sulphur Bottom Whale” (Balanoptera musculus). Betina dewasanya memiliki panjang rata-rata 28,66 m dan beratnya 106 ton. Pada tahun 1906 pernah ditangkap jenis ini yang panjangnya 35, 33 m dan yang diduga jenis betina, yakni di South Shetland.

Gunung-Gunung Tertinggi di Dunia (World's Highest Mountains)

Selasa, Agustus 11, 2009

Lirik Lagu "Jangan Menyerah" by d'Masiv

Tak ada manusia
Yang terlahir sempurna
Jangan kau sesali
Segala yang telah terjadi

Kita pasti pernah
Dapatkan cobaan yang berat
Seakan hidup ini
Tak ada artinya lagi

Reff 1:
Syukuri apa yang ada
Hidup adalah anugerah
Tetap jalani hidup ini
Melakukan yang terbaik

Tak ada manusia
Yang terlahir sempurna
Jangan kau sesali
Segala yang telah terjadi

Back to: Reff 1

Reff 2:
Tuhan pasti kan menunjukkan
Kebesaran dan kuasanya
Bagi hambanya yang sabar
Dan tak kenal putus asa

Bridge:
Jangan menyerah (6x)

Back to: Reff 1 & Reff 2

Coda:
Dan tak kenal putus asa (2x)

Lirik Lagu "Cinta Terlarang" By The Virgin

Kau kan slalu tersimpan di hatiku
Meski ragamu tak dapat ku miliki
Jiwaku kan slalu bersamamu
Meski kau tercipta bukan untukku

Tuhan berikan aku cinta satu kali lagi
Hanya untuk barsamanya
Ku mencintainya sungguh mencintainya

Rasa ini sungguh tak wajar
Namun ku ingin tetap bersama dia
Untuk selamanya

Mengapa cinta ini terlarang
Saat ku yakini kaulah milikku
Mengapa cinta kita tak bisa bersatu
Saat ku yakin tak ada cinta selain dirimu

Tuhan berikan aku hidup satu kali lagi
Hanya untuk barsamanya
Ku mencintainya sungguh mencintainya

Rasa ini sungguh tak wajar
Namun ku ingin tetap bersama dia
Untuk selamanya

Minggu, Agustus 09, 2009

Keamanan SBY di Puri Cikeas diperketat

Komandan Korem O61 Surya Kencana Bogor, Kolonel Inf Agus Sutomo menegaskan, pihaknya telah menambah 1 SSK pasukan dari Batalyon 315 Garuda untuk memperkuat pasukan penjaga di kediaman pribadi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Puri Cikeas.

Hal itu diungkapkan Agus saat meninjau lokasi penggerebekan rumah singgah teroris di Blok D 12 Perum Puri Nusa Phala di Jatiasih, Kota Bekasi, Sabtu (8/8) sore sebagaimana dilansir kompas.com.

Mereka dibekali senjata lengkap untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. "Satu SSK plus sudah kami tempatkan di kediaman Bapak Presiden SBY," ujar Agus.

Dia mengatakan, pasukan tersebut sudah disiagakan pasca Pilpres lalu, namun terkait penangkapan Noordin M Top, pihaknya lebih meningkatkan pengamanan di lokasi rumah Presiden SBY.

"Kami lakukan penebalan setelah adanya penangkapan teroris ini. Patroli kami lakukan secara rutin di seputar kediaman Bapak Presiden," katanya.

Agus mengatakan, kedatangannya ke lokasi persembunyian teroris di Perum Nusa Phala karena wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Bogor. Lokasi rumah teroris itu dengan wilayah Gunung Putri, Kabupaten Bogor, hanya dibatasi sungai Cikeas.

"Kalau diambil garis lurus dari rumah teroris ini ke kediaman Bapak Presiden sekitar 9 kilometer. Tapi, bagi para pelaku teror, jarak kan bukan masalah. Mereka bisa saja merakit bom di Sumatera tapi meledakkannya di Jakarta," katanya.

Peningkatan pengamanan yang dilakukan pihaknya adalah melakukan patroli rutin. Titik-titik yang dianggap rawan di sepanjang jalur menuju ke rumah SBY mendapat perhatian penuh dari anggota TNI.

"Kami juga menyiapkan pasukan khusus untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," ujar mantan Dandim Bekasi ini.

Danrem Agus Sutomo telah memerintahkan seluruh Dandim dan Danramil di wilayah untuk meningkatkan pengawasan terkait masuknya orang asing. (WartaKota)

Sabtu, Agustus 08, 2009

Nurdin M Top Dipastikan Tewas (Nurdin M Top is Dead)

Gembong teroris asal Malaysia, Nurdin M Top, yang berada di rumah Mohzahri, desa Beji, kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, akhirnya dipastikan tewas setelah melalui baku tembak dengan tim anti-teror Densus-88 sejak pukul 15.00, Jumat (7 Agustus 2009).

Kamis, Agustus 06, 2009

Perkataan Bijak Mbah Surip

"Jangan lihat dan menilai orang dari luarnya, apakah orang itu berkuasa, apakah orang itu memiliki harta yang banyak, dll ... namun nilailah orang dari apa yang telah ia lakukan, dari kualitas kehidupannya."

Selasa, Agustus 04, 2009

Ratusan Warga Depok Melayat Mbah Surip

Selasa, 04/08/2009,

Ratusan warga Depok memadati tempat persemayaman seniman dengan lagu-lagu fenomenal, Mbah Surip (60) untuk memberikan penghormatan terakhir.

"Ya, pengen liat aja Mbah Surip, walaupun sudah meninggal, tapi saya ingin menghormati saja," kata Yanti, warga Citayam, Depok. 

Jenazah Mbah Surip, seniman dengan lagu fenomenal 'Tak Gendong' itu dimakamkan di tempat permakaman di kawasan Bengkel Teater WS Rendra, di Jalan Raya Cipayung Jaya RT02/05, Kelurahan Cipayung Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat.

Yanti mengatakan sangat mengenal lagu-lagu dari Mbah Surip dari televisi, bahkan nada dering telepon genggamnya memakai lagu Tak Gendong.

"Lagunya asyik, mudah dimengerti, sehingga mudah dihafal," katanya.

Hal senada juga dikatakan oleh Agung. Dia mengatakan sangat suka dengan gaya Mbah Surip. "Sebagai penggemarnya saya harus datang mengantar beliau ke tempat peristirahatannya yang terakhir," ujarnya.

Banyaknya warga Depok yang ingin menyaksikan pelantun lagu Tak Gendong tersebut membuat jalan di sekitar rumah "Si Burung Merak" tersebut mengalami macet total.

Para petugas kepolisian pun berusaha untuk mengatur arus lalu lintas yang biasanya lengang tersebut, agar lebih teratur dan tidak mengalami kemacetan yang panjang.

Mbah Surip (60), Selasa (4/8) sekitar pukul 10.30 meninggal dunia dalam perjalanan ke Rumah Sakit Pusat Pendidikan Kesehatan (Pusdikkes), Kramat-jati, Jakarta Timur.

Dalam perjalanan musiknya, Mbah Surip telah mengeluarkan beberapa album lagu. Album rekamannya dimulai dari tahun 1997 di antaranya, Ijo Royo-royo (1997), Indonesia I (1998), Reformasi (1998), Tak Gendong (2003) dan Barang Baru (2004).

Lagu Tak Gendong itu sendiri konon diciptakan pada tahun 1983 saat Mbah Surip bekerja di Amerika Serikat.

Mbah Surip yang berstatus duda itu meninggalkan empat anak dan empat cucu.

(Warta-Kota)

Biji Anggur Cegah Stroke

Biji anggur ternyata baik untuk mencegah stroke karena mengandung endungeoned pycnogenol yaitu zat penguat kolagen untuk kelenturan pembuluh darah (anti-aging), kata ahli kesehatan gizi masyarakat Institut Pertanian Bogor, Ali Khomsan, di Jakarta, Rabu (1/7/2009).

Menurut Ali, bertambah tua usia manusia, pembuluh darahnya akan semakin rapuh dan rentan terjadi penyumbatan, yang bisa mengakibatkan penyakit stroke maupun jantung koroner.

Pycnogenol berfungsi untuk melenturkan pembuluh darah yang juga rentan terjadi pembekuan.

Hasil penelitian Ali, zat pycnogenol tersebut banyak terdapat pada biji anggur, baik anggur lokal maupun impor dari beberapa negara lain.

"Yang terjadi selama ini, masyarakat kalau makan buah anggur justru dibuang bijinya, padahal manfaatnya luar biasa bagi kesehatan," kata dia.

Biji anggur juga bersifat lebih lunak dibanding biji lombok, sehingga tidak akan membahayakan kesehatan usus seperti usus buntu dan lainnya.

"Satu-satunya biji yang bisa membuat usus buntu hanyalah biji lombok, karena sifatnya keras dan tidak bisa dicerna oleh tubuh," kata dia.

Sementara itu, kulit anggur juga sangat kaya akan flavonoid yaitu zat yang mampu menghalau radikal bebas, karena kulit anggur mengandung zat oksidan lebih tinggi dibanding dengan vitamin C.

Dengan demikian kulit anggur sangat bagus untuk mencegah proses penuaan pada kulit, sehingga orang yang sering mengonsumsi buah anggur bersama kulitnya, akan tampak lebih segar.

Tingginya kandungan oksidan pada kulit anggur ini, kata Ali, membuat buah anggur juga sangat baik dikonsumi oleh perokok maupun orang yang tinggal di daerah dengan tingkat polusi udara cukup tinggi, seperti di Jakarta.

Sedangkan buahnya kaya akan kalium yang berfungsi untuk mengontrol tekanan darah. "Buah anggur itu seperti halnya buah kelapa, seluruh bagiannya memiliki manfaat bagi manusia," kata dia.

Buah anggur, kata dia, bagus dikonsumsi setiap hari dua porsi, satu porsi antara 6-8 biji. Namun demikian, tidak masalah bila harus diselingi dengan berbagai macam buah lainnya.

"Indonesia sangat kaya dengan buah-buahan, sehingga mengonsumsi berbagai jenis buah secara bergantian juga cukup bagus bagi kesehatan," kata dia.

Menghindari masih adanya zat kimia yang melekat dalam buah anggur, kata dia, sebaiknya sebelum dimakan buah tersebut dicuci secara bersih terlebih dulu.

"Tidak jarang orang mengonsumsi anggur dikupas kulitnya dan dibuang bijinya. Sebaiknya seluruh bagian buah yang harganya cukup mahal tersebut dimakan," kata dia. (Warta-Kota)

Singkirkan Lemak di Perut Anda

Beberapa informasi tentang lemak:

1. Semua lemak tidak sama

Kelebihan kalori yang masuk ke dalam tubuh kita disimpan ke dalam dua tempat; yaitu di bawah kulit (subcutaneous fat) untuk jangka panjang, dan di bagian perut (visceral fat) untuk jangka pendek. Visceral fat disebut juga lemak omental yaitu lemak pada omentum, sepotong jaringan yang menempel pada perut tepatnya di bawah otot abdominal.

2. Lemak yang tidak terlihat adalah yang paling berbahaya
Waspadai lemak yang tidak terlihat. Terlalu banyak lemak yang tersembunyi di dalam tubuh dapat menimbulkan masalah besar seperti meningkatnya kadar kolesterol jahat (LDL), dan trigliserida, gula dan tekanan darah yang tinggi, resistensi insulin dan peradangan yang tak kunjung sembuh. Semua masalah tersebut dapat menyebabkan beragam penyakit seperti demensia (penurunan daya ingat), kanker, penyakit hati, dan diabetes.

3. Stres membuat Anda gemuk
Stres tidak hanya membuat Anda ingin makan es krim, tetapi juga memicu terlepasnya kortisol (hormon stres) yang menyebabkan Anda mudah lapar. Lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki untuk mengurangi stres.

4. Waspadai apa yang Anda makan
Mengonsumsi makanan berlemak tanpa menghitung asupan dan jenis lemak yang dimakan dapat menyebabkan lemak perut menumpuk lebih banyak. Perhatikan apa yang Anda konsumsi sekarang juga karena lemak tak jenuh tak hanya buruk bagi bentuk pinggang, tetapi juga bagi pembuluh darah Anda.

5. Mengurangi lemak perut tidaklah sulit
Jika Anda tidak kelebihan berat badan, tetapi masih memiliki kelebihan ukuran di pinggang, cara tercepat untuk menghilangkannya adalah dengan berjalan kaki. Menyediakan waktu 30 menit setiap hari dapat mencegah sel-sel lemak berkembang lebih banyak.

6. Gandum dapat mengusir lemak perut

Jika Anda dan seorang teman sedang melakukan diet bersama, dengan cara Anda mengonsumsi gandum, sementara teman mengonsumsi nasi, Anda berdua mungkin akan kehilangan jumlah bobot yang sama. Perbedaannya, perut Anda akan terlihat lebih ramping!

(Warta-Kota)

3 Kegiatan Asyik Untuk Otak Kita

1. Olahraga

Mulai lah berolah raga kembali karena olah raga dapat menekan kadar gula darah. Menurut penelitian Columbia University Medical Center, tinginya kadar gula darah berkaitan dengan berkurangnya kemampuan otak saat usia bertambah. Padahal semakin bertambah usia manusia, semakin tingi juga kadar gula darahnya.

Selain melakukan olah raga yang sudah rutin dilakukan, coba lah mempelajari olah raga baru. Misalnya bermain futsal atau voli pantai untuk olah raga permainan, atau mengikuti kelas step aerobic dan latin dance. Mempelajari sesuatu yang baru juga melatih otak untuk terus bekerja.

2. Membaca buku
Jangan pernah berpikir buku itu untuk anak-anak dan orang muda saja. Buku itu untuk semua umur. Karena itu, meski pun usia dan kesibukan bertambah, sempatkan membaca buku. Tak usah buku dengan topik yang berat dan rumit, membaca novel dan komik juga latihan untuk otak juga kok.

3. Minum kopi
Menurut peneltian yang dilansir Journal of Alzheimer’s Disease, kopi itu memperlambat kepikunan. Jadi, nikmatilah kopi, entah kopi tubruk panas, iced coffee latte, atau cappucinno.

Namun juga harus diingat, jangan kebanyakan. Maksimal tiga gelas kopi sehari akan membawa manfaat. Hal lain yang harus diingat, minuman seperti frappucino dan minuma kopi fusion lainnya mengandung banyak gula, jadi jangan dikonsumsi setiap hari.

(Warta-Kota)

Teh Bisa Mencegah Kanker Kulit

Daun teh ternyata tak cuma enak untuk diminum. Tanaman bernama latin Camelia sinensis ini ternyata juga berkhasiat melindungi sel kulit saat terpapar sinar ultraviolet (UV).

Para peneliti di University Hospitals Case Medical Center di Cleveland, Ohio, mengatakan, ekstrak teh hijau yang disemprotkan ke kulit ternyata memperkuat sistem imun (pertahanan) kulit, dan membantunya memerangi efek buruk dari sinar matahari.

Penelitian itu menemukan bahwa polifenol di dalam teh lah yang membuat tanaman ini menjadi begitu berdaya guna, terutama untuk kesehatan kulit manusia.

Polifenol itu diekstrak dari daun teh, dicampur air dan sejumlah zat kimia tertentu, sebelum disemprotkan ke sebagian kecil kulit 10 orang "kelinci percobaan" sukarela untuk penelitian ini. Ke 10 orang itu lalu dijemur di bawah sinar ultraviolet.

Setelah hasilnya diteliti, ternyata, seperti dilansir jurnal Experimental Dermatology, kulit yang disemprot dengan larutan teh tadi mempunyai lapisan pelindung yang membuatnya lebih tahan banting terhadap mutasi sel.

Para peneliti itu kemudian membuat larutan dari teh putih, yakni daun teh yang sama sekali tidak dioksidasi, dan hasilnya menunjukkan kemanjuran yang serupa. Dengan kata lain, apa pun tehnya, polifenol kandungannya.

Penelitian ini membawa harapan baru bagi banyak orang, terutama mereka yang berasal dari negara empat musim. Maklum saja, hangatnya matahari hanya mereka rasakan saat musim panas sehingga mereka gemar mandi sinar matahari saat musim itu. Namun dampak buruknya adalah sel kulit menjadi rusak akibat terkena sinar ultraviolet.

Bukan cuma rusak, tidak sedikit sel rusak itu bermutasi menjadi kanker. Lembaga penelitian kanker di Inggris menyebutkan, dalam satu tahun ada sekitar 10.000 masyarakat Inggris yang terserang melanoma, kanker kulit yang terganas. Jadi, hasil penelitian ini sangat penting bagi mereka. (Warta-Kota)

Yoghurt - Memperlambat Proses Penuaan

APAKAH Anda termasuk penyuka yoghurt dan menyertakan minuman ini menjadi salah satu minuman favorit? Kalau memang seperti itu, Anda termasuk orang yang beruntung, karena yoghurt bisa mencegah penuaan dini. Dari kandungan gizinya, yoghurt mengandung kalsium dan zat besi, zat yang baik untuk mencegah keropos tulang.

The Wellness Encyclopedia (1991) menyebutkan bahwa setiap 227 gram yoghurt mengandung 275 - 400 mg kalsium, angka yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan sumber kalsium yang lain. Kandungan gizi lain adalah vitamin B-komplek untuk kesehatan reproduksi, protein untuk pertumbuhan, mineral dan vitamin lain untuk menjaga dan memelihara kesehatan sel tubuh.

Bagi para penderita lactose intolerance, yoghurt dapat menjadi pengganti susu sesuai hasil Penelitian Ellie Metchnikoff (pemenang Nobel Kedokteran 1908). Hasil penelitiannya yang dilakukan di Balkan menyimpulkan bahwa ada korelasi positif antara kosumsi yoghurt dengan panjang umur.

Terbukti penduduk Balkan yang banyak mengonsumsi yoghurt mempunyai usia yang panjang (kurang lebih 87 tahun). Menurut Ellie, kebiasaan mengonsumsi yoghurt yang mengandung bakteri aktif bermanfaat untuk mencegah terjadinya keracunan akibat radikal bebas (penyebab kanker) dan penuaan dini.

Yoghurt pertama kali ditemukan oleh warga Turki. Awalnya para penggembala domba menyimpan susu hasil perahannya pada kantong yang terbuat dari kulit domba. 

Setelah disimpan beberapa waktu, susu terfermentasi oleh bakteri sehingga menjadi asam, teksturnya mengental namun tidak basi. Hasil temuan inilah yang berkembang menjadi yoghurt seperti kita kenal sekarang.

Proses Pembuatan

Yoghurt adalah produk yang dibuat dengan cara mengasamkan susu dengan bakteri asam laktat. Starter yang digunakan biasanya lactobacillus bulgaricus dan streptococcus thermophilus. Bakteri ini ditambahkan ke dalam susu yang telah dipasteurisasi. Kedua bakteri itulah yang akan memfermentasi laktosa (gula susu) menjadi asam laktat. Dalam tahap ini akah dihasilkan flavour yoghurt yang khas, cita rasanya asam dan teksturnya mengental karena koagulasi protein susu oleh asam.

Di pasaran banyak dijumpai aneka jenis yoghurt. Plain yoghurt adalah salah satunya, yoghurt ini warnanya putih dan rasanya asam. Jenis ini cocok untuk campuran aneka jenis masakan, kue, puding atau minuman, karena cita rasanya netral. Selain plain yoghurt, ada juga fruit yoghurt, jenis yang di dalamnya sudah ditambahkan sari dan potongan buah-buahan.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, pilih yoghurt tanpa bahan pengawet, pemberi rasa dan warna. Plain yoghurt adalah pilihan yang terbaik untuk sistem pencernaan. Jenis ini juga tanpa penambah bahan kimia yang berbahaya. Dalam penyimpanannya harus di suhu yang dingin karena yoghurt tinggi protein dan mengandung bakteri aktif yang mudah rusak jika disimpan pada suhu ruang.

Frozen yoghurt

Sekarang ini yoghurt dibuat menjadi seperti es krim atau yang disebut dengan frozen yoghurt. Makanan ini disajikan bersama dengan topping yang menggugah selera, seperti buah, kacang-kacangan, permen.

Seperti yang dihadirkan Red Mango, outlet yang menjual frozen yoghurt dari Amerika. Menurut Chris Wijaya, Direktur Red Mango, dewasa ini frozen yoghurt menjadi camilan favorit bagi perempuan.

"Pada dasarnya masyarakat sudah sangat memperhatikan kesehatan, jadinya mereka peduli dengan makanan yang sehat. Apalagi yoghurt ini dibuat dari susu non-fat, jadi tidak membuat badan menjadi gemuk," ujar Chris.

Selain itu, imbuhnya, yoghurt juga mengandung bakteri yang menguntungkan dan baik untuk kesehatan lambung. Sehingga sangat baik untuk pencernaan.

Variasi dari frozen yoghurt ala Red Mango ini juga cukup banyak dan yang menjadi favorit mochi berry. Terdiri dari yoghurt mix (plain dan stroberi) ditambah dengan buah lengkeng dan strawberi segar serta kue mochi. Perpaduan asam segar dan manis berbaur jadi satu.

Di Red Mango, topping yang disediakan juga beragam, mulai dari stroberi, kiwi, peach, leci, mangga, sari kelapa. Untuk topping kering, ada kacang almond, chocolate chip, biskuit coklat dan masih banyak lagi.

"Dengan pengemasan yang cantik dan cita rasa yang beda maka akan membuat orang yang tadinya tidak terlalu suka dengan yoghurt jadi menyukainya. Selama ini orang hanya mengonsumsi yoghurt dalam kemasan botol saja," kata Chris lagi. (Warta-Kota)

Mbah Surip Pingsan Karena Kebanyakan Job


Penyanyi nyentrik Mbah Surip dikabarkan jatuh pingsan pada Minggu (2/8/2009) malam, setelah kembali dari pentas di Yogyakarta. Pelantun lagu Tak Gendong itu mengalami kelelahan akibat padatnya jadwal manggung.

Hal yang wajar mengingat pria kelahiran Mojokerto, Jawa Timur, itu telah menginjak usia 60 tahun, sementara kariernya baru saja menanjak dan tengah banjir tawaran atau order.

Menurut Farid, salah seorang asistennya, Mbah Surip sakit lantaran kelelahan dan sempat minum dengan es batu. "Mbah Surip sakit karena minum dengan es batu. Sepertinya tidak cocok dengan perutnya, makanya agak sakit perut dan badannya agak panas dan demam," ujarnya.

Seperti ditayangkan program Kasak Kusuk di SCTV, Senin (3/8) siang, pria bernama asli Urip Ariyanto ini memang fenomenal. Kemunculannya juga melahirkan genre baru hiburan, yaitu ketika nada dan irama dipadukan dengan kemasan jenaka. 

Hal serupa dilakukan oleh grup band Kuburan yang memadukan lagu sederhana dengan dandanan unik. Ditambah dengan make up tebal seperti topeng serta aksi panggung yang kocak.

Lagu Tak Gendong yang sederhana justru mampu mengubah kehidupan Mbah Surip dari musisi jalanan menjadi miliarder. Keberuntungan Mbah Surip bukan hanya dari penjualan nada sambung, ia juga dikontrak sebuah rumah produksi untuk membintangi sinetron dengan honor Rp 5 juta-Rp 25 juta per episode. 

Namun hal itu tak lantas membuatnya lupa daratan. Hingga kini, penyanyi berambut gimbal tersebut masih mengontrak sebuah rumah sederhana di Kampung Artis, Cipinang, Jakarta Timur. Hanya ada satu mimpi Mbah Surip yang ingin dicapai, yaitu membeli sebuah helikopter.

(Warta-Kota)