Sabtu, Juli 25, 2009

Laba Microsoft Turun 29%

San Fransisco, 24 Juli 2009 09:18

Microsoft, Kamis (23/7) waktu setempat, melaporkan bahwa penerimaannya pada kuartal terakhir merosot 29% karena pendapatan tergeret turun oleh melemahnya pasar komputer dunia.

Microsoft mengatakan laba bersihnya untuk satu kuartal sampai 30 Juni mencapai 3,05 miliar dolar atau 34 sen per lembar saham, jumlah itu anjlok 29% dari periode yang sama tahun lalu. "Bisnis kami terus terkena dampak negatif oleh melemahnya pasar personal komputer dan server dunia," kata pimpinan keuangan perusahaan itu, Chris Liddell.

"Untuk memecahkan masalah di lingkungan itu, menjadi pencapaian yang memuaskan jika mampu menghasilkan 750 juta dolar lebih dari penghematan operasional untuk kuartal tahun sebelumnya," tambahnya.

Microsoft melaporkan, pendapatannya di satu kuartal yang baru berakhir anjlok 17% menjadi 13,3 miliar dolar dibandingkan tiga bulan yang sama tahun lalu.

Harga saham Microsoft enggan cepat tergelincir lebih dari 8% menjadi 23,47 dolar setelah jam perdagangan menyusul dikeluarkannya data penghasilan.

Kuartal yang menandai akhir dari tahun fiskal Microsoft dan raksasa perangkat lunak itu melaporkan bahwa laba tahunannya anjlok 18% dari tahun sebelumnya menjadi 14,57 miliar dolar atau 1,62 dolar per saham.

Pendapatan untuk setahun mencapai 58,44 miliar dolar, yang menurut Microsoft 3% lebih rendah dari tahun sebelumnya. "Saat kondisi ekonomi menghadapi tantangan tahun ini, kami fokus pada kepuasan konsumen dan menyediakan solusi untuk konsumen kami untuk menghemat uang," kata Pimpinan Operasi Microsoft, Kevin Turner.

"Saya sangat gembira oleh gelombang inovasi produk dan service yang dihasilkan pada tahun fiskal mendatang."

Pada Rabu (22/7), versi akhir dari sistem operasi Windows 7 generasi mendatang milik Microsoft sudah tersedia untuk pasar elektronik untuk dipasang pada komputer baru dan perangkat lunak "pintar" lainnya.

Windows 7 akan dipublikasikan pada 22 Oktober.

Microsoft juga mengeluarkan perangkat lunak Windows Server 2008 untuk produsen server.

(Gatra)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar