Rabu, Juni 10, 2009

Akhirnya Kaka ke Real Madrid

Setelah sekian lama berupaya mendapatkannya, Real Madrid akhirnya berhasil merekrut pemain AC Milan asal Brasil Kaka. Namun, klub asal Spanyol itu tidak melaporkan detail besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan gelandang serang itu.

Hanya saja, berbagai pihak menyebutkan, Madrid mengeluarkan dana 65 juta euro (US$ 92 juta) atau sekitar Rp 1 triliun. Maka, dia memecahkan rekor biaya transfer yang juga dikeluarkan Madrid untuk mendatangkan Zinedine Zidane dari Juventus pada 2001 lalu. Seperti diberitakan AP, delapan tahun lalu, juara sembilan kali Liga Champions itu harus membayar Juventus US$ 65 juta atau sekitar Rp 700 miliar untuk pemain asal Prancis itu. Namun, ada media lain menyebutkan, Madrid membayar 76 juta euro.

Milan juga mengonfirmasi kepindahan Kaka di situsnya. Pekan lalu, Milan sudah ditinggal sang arsitek, Carlo Ancelotti ke Chelsea.

Kaka, pemain berumur 27 tahun itu juga telah menjalani tes medis di Recife, Brasil, Senin (8/6). Dia lolos tes tersebut dan akan menjalani kariernya sebagai pemain Madrid selama enam tahun ke depan. Di Madrid, dia akan mengenakan seragam dengan nomor 5. Setelah ditinggalkan Zidane, nomor ini dipakai Fabio Cannavaro selama tiga musim. Namun, pemain ini telah pindah ke Juventus bulan lalu.

"Kaka merupakan pemain yang diinginkan semua tim, dan Madrid mempunyai kesempatan mendapatkannya," kata Presiden Madrid Florentino Perez kepada Radio Onda Cero beberapa saat sebelum transfer itu diumumkan.

Playmaker itu merupakan pemain pertama yang direkrut Perez sejak dia terpilih kembali menjadi presiden pekan lalu.

Perez memang dikenal sebagai figur yang jago dalam bernegosiasi mendapatkan pemain kelas dunia. Di bawah kendalinya, Madrid tidak segan-segan mengeluarkan dana yang sangat besar untuk mendatangkan pemain bintang, seperti Zidane, David Beckham, Ronaldo, dan Luis Figo. Bila dia turun tangan, sepertinya semua hal yang tidak mungkin terjadi, dapat terwujud, seperti ketika mendatangkan Figo dari musuh bebuyutan mereka, Barcelona.

Kaka, mantan pemain Sao Paulo itu merupakan Pemain Terbaik Dunia 2007 dan juga Eropa pada tahun yang sama. Dia hampir pindah ke Manchester City pada Januari lalu dengan biaya transfer 100 juta euro atau lebih dari Rp 1,5 triliun.

Kaka yang tengah berada bersama Tim Nasional Brasil untuk persiapan menghadapi kualifikasi Piala Dunia dan Piala Konfederasi di Afrika Selatan itu sebelumnya mengatakan bahagia di Milan.

Penjualan Kaka itu diberitakan karena keuangan Milan menurun. Pekan lalu, Presiden Milan Silvio Berlusconi dan wakilnya Adriano Galliani mengatakan, klubnya mengalami kesulitan keuangan.

Madrid telah berusaha mendapatkan Kaka sejak beberapa tahun lalu. Mantan Presiden Ramon Calderon, saat kampanye presiden pada 2006 lalu menjadikan Kaka sebagai alat kampanyenya.

Perez mengatakan, tidak dibutuhkan waktu panjang untuk membawa pemain bernama lengkap Ricardo Ezecson Dos Santos Leite tersebut dari Milan. Galliani pekan lalu mengadakan perundingan dengan agen yang juga ayah Kaka Bosco Leite di Madrid.

Selain Kaka, Perez dikabarkan juga akan melakukan pembelian besar-besaran pemain musim ini, sehingga kejayaan Madrid bisa kembali. Pekan lalu, dia mengumumkan akan mendatangkan pemain terbaik dunia asal Portugal, Cristiano Ronaldo yang bermain di Manchester United. Kemungkinan besar, bulan ini Ronaldo sudah akan berbaju Madrid.

(Suara Pembaruan)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar