Kamis, Juni 25, 2009

Inggris Usir Dua Diplomat Iran

(23/06/2009) - Inggris mengusir dua diplomat Iran sebagai balasan atas tindakan Iran yang memerintahkan dua diplomat Inggris meninggalkan Teheran terkait dengan sengketa hasil pemilu di Iran.

Perdana menteri Inggris Gordon Brown kepada para anggota parlemen hari Selasa mengatakan Iran mengusir dua diplomat Inggris kemarin. Pemerintah Iran menuduh Inggris dan negara negara Barat lainnya mencampuri urusan dalam negeri karena mengecam cara Iran memberangus aksi protes hasil pemilu.

Perdana menteri Brown mengatakan pengusiran diplomat Inggris oleh Iran tidak bisa diterima dan tudingan Iran bahwa Inggris mencampuri urusan dalam negerinya sama sekali tanpa dasar. Ia mengatakan Inggris dengan berat hati terpaksa mengusir dua diplomat Iran.

Iran juga menuduh Sekjen PBB Ban Ki Moon mencampuri urusan dalam negerinya setelah ia mendesak Iran supaya "segera menghentikan" penangkapan dan penggunaan kekerasan terhadap aktivitis oposisi.

Kementerian luar negeri Iran mengatakan Ban Ki Moon melewati batas kewenangan tugasnya dan mengabaikan fakta fakta sekitar pemilu presiden 12 Juni. Kementerian itu menuding Sekjen PBB telah dipengaruhi oleh apa yang disebutnya " kekuatan-kekuatan asing".


(VOA)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar