Sabtu, Juni 13, 2009

Flu Babi Jadi Pandemi

Organisasi Kesehatan Sedunia WHO mendeklarasikan pandemi flu babi H1N1 sementara jumlah infeksi meningkat hampir 30 ribu kasus di 74 negara. Ini adalah deklarasi pertama pandemi flu global dalam lebih dari 40 tahun.

Badan PBB itu mengeluarkan deklarasi hari Kamis setelah mengadakan pertemuan darurat dengan para pakar di Jenewa. Direktur Jenderal WHO Margaret Chan hari Kamis mengumumkan bahwa meskipun virus itu saat ini tidak dapat dihentikan, bahaya yang ditimbulkannya termasuk "moderat."

Menurut para pejabat, menyatakan pandemi tidak berarti bahwa penyakit itu menjadi semakin parah, tetapi karena jumlah infeksi meningkat di berbagai lokasi geografis. Badan itu juga mengulangi seruannya kepada negara-negara di dunia agar tidak menutup perbatasan atau memberlakukan pembatasan perjalanan, namun tetap waspada.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon menyuarakan komentar serupa, tetapi ia mengatakan dunia harus waspada sebab tidak diketahui apa yang akan terjadi dalam bulan-bulan mendatang. Ban Ki-moon mengatakan dia akan mengadakan pertemuan untuk menentukan apa yang disebutnya – dalam kata-katanya "langkah-langkah kita segera berikutnya."

(Voa)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar