Jumat, Juni 26, 2009

Fungsi Otak

Di kepala manusia terdapat beberapa bagian otak, yakni otak kanan, otak kiri, otak tengah dan otak kecil / otak bawah sadar. Masing-masing bagian memiliki peran dan karakter yang berbeda-beda.

Otak Kiri

Otak kiri merupakan bagian otak yang bertugas berfikir secara kognitif dan rasional. Bagian ini memiliki karakteristik khas yang bersifat logis, matematis, analitis, realistis, vertikal, kuantitatif, intelektual, obyektif, dan mengontrol sistem motorik bagian tubuh kanan.

Otak kiri memiliki karakter antara lain mengontrol gerak motorik tubuh kanan - masuk akal, sistematis, mekanis - matematis, hitung-hitungan - analisa, bahasa, gambar, kata-kata - karakter garis lurus, paralel - detil, menguasai, sasaran/target - kecerdikan, keduniawian - realita dan dominan, langsung - aktif, berorientasi pada jumlah - identitas, membaca, menulis - tujuan akhir, target sasaran - bertahap-tahap dan berdasar permintaan - kecenderungan pada diri sendiri - kecenderungan lebih ke dalam diri.


Otak Kanan

Sebaliknya, otak kanan merupakan bagian otak yang berfikir secara afektif dan relasional, memiliki karakter kualitatif, impulsif, spiritual, holistik, emosional, artistik, kreatif, subyektif, simbolis, imajinatif, simultan, intuitif, dan mengontrol gerak motorik bagian tubuh sebelah kiri.

Otak kanan memiliki karakter antara lain : mengontrol gerak motorik tubuh kiri - karakter hubungan antar manusia - akustik, bunyi,musik - artistik, seni, kreativitas - simbol-simbol, sensualitas, ruang - intuisi, imajinasi, persamaan - terus-menerus, tetap, jelas - emosi-emosi, gambaran perasaan - terbuka, mengutamakan perasaan - berorientasi pada kualitas - penggandaan dan proses - spiritual dan penampakan - peduli dengan pihak lain - kepedulian pada alam dan situasi.


Otak Tengah

Otak Tengah berfungsi membantu koordinasi gerak mata, ukuran pupil mata (melebar/menyempit), dan refleks pendengaran tertentu. Selain itu, otak tengah mengandung pusat-pusat yang mengendalikan keseimbangan dan serabut saraf yang menghubungkan bagian otak belakang dengan bagian otak depan, juga antara otak depan dan mata. Otak tengah merupakan baguan atas batang otak. Semua berkas serabut saraf yang membawa informasi sensori sebelum memasuki talamus akan melewati otak tengah.


Otak Kecil

Sedangkan bagian otak kecil yang berada di sebelah bawah, bertugas mirip mesin perekam seluruh kejadian yang berlangsung dalam kehidupan kita. Otak kecil seringkali mengagetkan kita dengan memberikan informasi secara tiba-tiba mengenai sesuatu yang tidak kita sadari sebelumnya.

Otak kecil terdiri atas dua belahan dan permukaanya berlekuk-lekuk. Fungsi otak kecil adalah untuk mengatur sikap atau posisi tubuh, keseimbangan, dan koordinasi gerkan otot yang terjadi secara sadar. Jika terjadi cedera pada otak kecil, dapat mengakibatkan gangguan pada sikap dan koordinasi gerak otot. Gerakan menjadi tidak terkoordinasi, misalnya orang tersebut tidak mampu memasukkan tangan ke dalam mulutnya.

Orang juga tidak dapat dinyatakan mati betulan jika masih terdapat sinyal/muatan listrik dari otak kecil ini.


4 komentar:

  1. ok sob,nambah silaturahim,nambah pngethuan neh... mksh sobat bwt infonya..

    BalasHapus
  2. wah.. banyak juga ya... bagian otak itu.. hihihi... baru tau saya..
    siip infonya bang..

    BalasHapus
  3. Untuk mtngetahui kamu dominan di otak kanan atau kiri,angkat tangan tinggi!!
    Bengan cepat,rapatkan jari-jaru tangan.Bila jempol kanan diatas,berarti dominan kanan,bgitu jg sbaliknya.

    BalasHapus