Rabu, Mei 13, 2009

Chelsea - Korban Sepak Bola Gaptek

Pelatih sementara Chelsea, Guus Hiddink menilai sepak bola masih gagap teknologi (Gaptek). Menurutnya, seandainya sepak bola mengenal dan menerapkan teknologi video sebagai referensi pengambilan keputusan krusial, Chelsea-lah yang akan lolos ke final Liga Champions.

Chelsea tersingkir dari Liga Champions setelah pada leg kedua semifinal ditahan Barcelona 1-1 (agregat 1-1). Barcelona berhak lolos kerena unggul agresivitas di kandang lawan.

Namun, Chelsea dan Hiddink tidak begitu saja menerima kenyataan itu. Menurut mereka, Chelsea tidak lolos karena wasit Tom Henning Ovrebo mengambil hak penalti dan gol "The Blues". Chelsea merasa setidaknya mendapat empat hadiah penalti, tapi wasit punya keputusan lain.

Hiddink menyarankan supaya hal serupa tidak terjadi lagi. Maka, sepak bola harus mulai mengadopsi teknologi video. Menurutnya, teknologi ini efektif menengahi kontroversi seputar keputusan wasit di lapangan.

"Olahraga lain seperti rugby atau American football memiliki kemampuan menggunakan teknologi pada saat penting. Setiap orang menunggu selama lima detik untuk melihat video itu sebelum wasit membuat keputusan," papar Hiddink.

"Dalam rugby atau American football, ketika keputusan video dibuat, itulah keputusan (finalnya). Ini adalah kenyataan bahwa bila teknologi digunakan, kita akan berada di final Liga Champions sekarang," ujarnya.

Menjelang akhir masa kerjanya di Chelsea, Hiddink ingin mengantar Didier Drogba dkk meraih trofi. Setelah tersingkir di Liga Champions, Hiddink masih bisa mempersembahkan Piala FA sebagai tanda mata dari "Raja Midas".Meski cuma trofi ajang kelas dua, Chelsea tak akan mendapatkannya gratis atau mudah. Chelsea harus berjibaku dulu lawan Everton di babak final untuk bisa mengangkat Piala FA, 30 Mei nanti.

(Kompas)

1 komentar:

  1. sudah saya bilang sama presiden UEFA, pake wasit indo aja..
    malah gak mau,
    orang indo khan gak gaptek2 amat ya..
    hhheee..
    harusnya CHELSEA lah yang maju ke final sob

    Yup !

    BalasHapus