Senin, Mei 18, 2009

Chris John - Melatih Gerakan Kaki

Juara tinju dunia kelas bulu versi WBA, Chris John, mulai melatih gerak kakinya sebagai persiapan menjelang tarung ulang (re-match) melawan petinju tuan rumah Ricardo ”Rocky” Juarez, di Staples Center, Los Angeles, Amerika Serikat (AS), 27 Juni 2009.

Pada bulan Februari lalu, duel kedua petinju di tanah kelahiran Juarez, Houston, AS, berakhir imbang.

”Untuk teknik, saya berlatih mempertajam gerak kaki supaya bisa mengantisipasi saat dapat tekanan atau serangan dari Juarez,” kata Chris John, kepada Antara, kemarin.

Menurut petinju berjuluk The Dragon itu, ketika ditekan lawan dia harus bisa mengelak secepatnya dan itu dibutuhkan gerak kaki yang lincah. ”Makanya, untuk teknik saya lebih mempertajam latihan langkah kaki di samping menambah bobot pukulan,” tutur Chris John. Sedangkan untuk kekuatan fisik dan stamina, diakuinya sudah mencapai taraf 50 persen.

”Untuk fisik memang kami utamakan karena saat pertarungan pertama di Houston, Juarez memiliki kelebihan dalam hal fisik dan stamina yang bagus sehingga mampu mengimbangi saya,” katanya.

Chris John bergabung di Harry’s Gym, Perth, Australia, awal April 2009 dan kini sudah lebih dari satu bulan latihan serius di bawah asuhan pelatih Craig Christian di sasana itu. Ayah dua orang putri (Maria Luna Ferisha dan Maria Rosa Christiani) ini akan bertolak ke AS, tiga minggu sebelum pertarungan guna menyesuaikan dengan kondisi cuaca di Los Angeles.

”Chris John tetap memerlukan adaptasi dengan lingkungan di Los Angeles, sehingga tiga minggu sebelum pertarungan tersebut yang bersangkutan sudah berada di sana,” kata Toni Priatna, asisten manajer Chris John.

(Warta Kota)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar