Minggu, Mei 24, 2009

Mantan Presiden Korsel Bunuh Diri

Seorang staff utama mantan Presiden Korea Selatan Roh Moo-hyun mengatakan mantan presiden itu tampaknya telah melakukan bunuh diri.

Moon Jae-in mengatakan kepada wartawan Roh meninggalkan surat bunuh diri sebelum ia mendaki gunung dekat rumahnya Sabtu pagi dan melompat, yang mengakibatkan kematiannya.

Laporan berita mengatakan Roh meminta dalam surat bunuh dirinya agar jenazahnya diperabukan. Ia juga menyebut kehidupan sulit, dan meminta maaf karena menyebabkan masalah bagi sangat banyak orang.

Polisi mengatakan Roh menderita cedera kepala yang parah akibat kejatuhannya dan meninggal setelah diangkut dari rumah sakit kecil yang dekat ke rumah sakit Universitas Nasional Busan yang lebih besar.

Pihak berwenang mengatakan mereka sedang menyelidiki keadaan yang melatar-belakangi kematian tersebut. Roh, yang berusia 63 tahun, memegang jabatan presiden dari tahun 2003 hingga 2008 dan terpilih setelah berkampanye anti-korupsi.

Sebelumnya bulan ini, ia di-interogasi mengenai tuduhan bahwa ia menerima 6 juta dolar uang suap dari seorang pengusaha ketika ia presiden. Ia mengakui bahwa isterinya meminjam uang yang jumlahnya tidak disebut untuk membayar hutang, tetapi membantah bahwa ia sebelumnya sudah mengetahuinya.

(VOA)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar