Get paid To Promote at any Location

Senin, April 13, 2009

Pantangan bagi penderita Thalassemia

Penderita thalassemia berpotensi mengalami penumpukan zat besi yang berbahaya bagi kesehatan tubuhnya. Padahal, zat besi yang berlebih bisa menyebabkan keracunan bagi tubuhnya. Oleh karena itu, makanan yang kadar kandungan zat besinya tinggi harus mereka hindari. Oleh para dokter, para penderita thalassemia biasanya diminta menjalankan diet zat besi.

Karena itu, cukup banyak makanan yang harus dipantang oleh mereka. Makanan pantangan itu antara lain daging berwarna merah, hati, ginjal, sayur-mayur berwarna hijau, roti, gandum, alkohol, serta telur ayam dan telur bebek.

Namun, tak semua makanan yang punya kandungan zat besi tak boleh dimakan. Kandungan besi pada batas moderat masih bisa dikonsumsi oleh para penderita thalassemia. Misalnya, daging yang berwarna putih seperti daging ayam dan babi. Begitu pula dengan sayur-mayur berwarna cerah seperti sawi dan kol. Makanan yang mengandung zat besi rendah antara lain nasi dan mi, roti, biskuit, serta umbi-umbian (root vegetables) seperti wortel, labu, bengkoang,dan lobak.

Segala macam ikan juga mengandung protein yang tinggi namun punya zat besi rendah, sehingga bisa masuk daftar menu harian. Begitu juga dengan susu, keju, dan buah-buahan. Tapi tidak demikian halnya dengan buah kering yang punya kadar zat besi telah jauh melebihi batas normal zat besi yang seharusnya.

Penderita thalassemia umumnya memiliki kadar hemoglobin yang sangat rendah. Itulah sebabnya, transfusi darah untuk mendongkrak hemoglobin wajib ditempuh. Jika belum sampai pada kesimpulan itu, para dokter menyarankan penderita rutin diberi kacang merah.

Di sini, penderita atau orang tua harus kreatif. Banyak ragam resep agar makanan berbahan kacang merah menarik bagi pasien. Sebab, pada anak-anak yang punya penyakit ini cenderung susah dan malas makan. Makanya, tak sedikit anak thalessemia punya berat badan di bawah ukuran normalnya.

Pada penderita thalessemia, buah-buahan serta sayur-sayuran yang mengandung asam folat juga dianjurkan antara lain brokoli, susu, dan bayam.

2 komentar:

  1. apa berlaku juga bagi penderita thalassemia minor untuk membatasi asupan zat besi???

    BalasHapus
  2. thanks, atas publikasinya...
    Ane sbg salah 1 penderitannya turut senang thalassaemia udah bnyk yg d sosialisasikan...
    Ane hanya berharap, smoga makin banyak yg tahu shingga makin banyak yg pduli dan waspada trhdp pnykit ini...
    tambahan info : penyakit ini blom ada obatnya (slain transfusi darah seumur hidup), tapi bisa d cegah melalui pemeriksaan darah calon pengantin d laboratorium (usahakan sblum punya anak d priksa dulu) murah kok!!

    BalasHapus