Rabu, April 22, 2009

Peningkatan Militer China Disesalkan AS

Kepala Operasional Angkatan Laut Amerika Serikat, Laksamana Gary Roughead mengatakan pentingnya menaati hukum dan keamanan laut terbuka. Komentar tersebut dikeluarkan berkaitan dengan insiden baru-baru ini antara kapal-kapal China dan kapal The Impeccable, milik Amerika Serikat.


“Terkait The Impeccable, seperti yang saya katakan, sangatlah penting bagi kita untuk mentaati hukum internasional. Walaupun mungkin saja ada beberapa interpretasi yang berbeda. Kita harus terus beroperasi sesuai dengan peraturan-peraturan di perjalanan, itu adalah hal yang diterima dan dimengerti oleh semua pelaut, dan yang paling penting adalah kita beroperasi dengan aman sehingga tidak membahayakan keselamatan para pria dan wanita kita.” Ujar Kepala Operasional Angkatan Laut A.S, Laksamana Gary Roughead.

Bulan lalu timbul ketegangan antara Amerika Serikat dan China dikarenakan insiden di Laut China Selatan. Dalam konflik dingin tersebut, kapal China melakukan maneuver yang mengganggu aktivitas kapal patroli Angkatan Laut A.S. The Impeccable.

Amerika Serikat mengatakan bahwa kelima kapal China itu ada di perairan internasional. Tapi Beijing membantah dan mengatakan peristiwa itu adalah tindakan yang melanggar kedaulatan China. Dalam Laporan Tahunan, Departeman Pertahanan A.S. China dinilai kurang transparan dalam pengembangan dan pembelanjaan militer. Beijing juga dilaporkan sedang mengembangkan senjata nuklir, ruang angkasa dan kemampuan-kemampuan perang cyber.

1 komentar: